teknologi

Intip Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3 Beserta Kelebihannya

January 19, 2019

Siapa yang kini tidak mengenal vendor Xiaomi? Vendor asal Tiongkok ini telah memiliki nama besar dalam dunia teknologi saat ini. Sejak berdiri pada tahun 2010, Xiaomi terus menunjukkan kualitasnya sebagai produsen smartphone yang handal. Hal ini terlihat dari berbagai tipe smartphone yang telah mereka keluarkan sejauh ini. Xiaomi selalu menghadirkan smartphone dengan kualitas tinggi namun memiliki harga yang terjangku. Alhasil, Xiaomi sangat mudah diterima termasuk oleh masyarakat Indonesia. Xiaomi didirikan oleh Lei Jun yang sekaligus merupakan orang terkaya nomor 23 di Tiongkok menurut Forbes.

Nama Xiaomi berasal dari bahasa Mandarin sendiri, Xiao memiliki arti sebutir beras dan Mi yang merupakan singkatan dari Mobile Internet. Xiaomi meluncurkan smartphone pertamanya pada tahun 2011 dengan nama MI 1. Sejak saat itu, Xiaomi telah memperoleh pangsa pasar di Tiongkok. MI 1 ini menggunakan firmware MIUI berbasis Android layaknya TouchWiz dari Samsung dan IOS dari Apple. Setelah itu,

www.pexels.com

Xiaomi merilis smartphone keduanya pada bulan Agustus 2012 yang diberi nama MI 2. Terdapat pengembangan dari keluaran yang kedua ini, karena MI 2 telah didukung Snapdragon S4 Pro APQ8064 dari Qualcomm, 1,5 GHz quad core Krait chip, RAM 2 GB, dan GPU Adreno 320. Kehadiran dari MI 2 ini disambut dengan baik, terbukti smartphone ini mampu terjual lebih dari 10 juta dalam waktu 11 bulan saja. Setelah itu, Xiaomi terus menghadirkan berbagai macam smartphone canggih lainnya termasuk Xiaomi Redmi Note 3 yang akan kita bahas kali ini.

Xiaomi kini telah menjadi perusahaan smartphone terbesar ketiga di dunia. Mereka diikuti oleh Lenovo yang berada pada urutan keempat dan LG pada urutan yang kelima. Xiaomi masih kalah dari Apple yang berada tepat di atasnya, sedangkan posisi teratas masih ditempati oleh Samsung. Bahkan, menurut International Data Corporation (IDC), Xiaomi telah menjadi perusahaan smartphone terbesar di Tiongkok sejak tahun 2014.

Pada tahun yang sama, Xiaomi mengumumkan bahwa mereka telah mengepakkan sayap ke luar Tiongkok. Mereka membuka cabang baru mulai dari Singapura, Malaysia, Filipina, India, dan berencana memperluasnya ke Indonesia, Thailand, Turki, Rusia, Brazil, dan Meksiko. Saat ini, Xiaomi telah memiliki kurang lebih 15.000 karyawan yang tersebar di Tiongkok, Singapura, Malaysia, India, Indonesia, Filipina, hingga Afrika Selatan.

www.pexels.com

Review Xiaomi Redmi Note 3

Sama seperti generasi sebelumnya, Xiaomi kembali menghadirkan smartphone dengan kualitas bagus dengan banderol murah. Hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang menginginkan smartphone berkualitas tanpa merogoh kocek terlalu dalam. Pada November 2015, Xiaomi resmi meluncurkan Xiaomi Redmi Note 3 di Tiongkok. Dari awal kemunculannya, smartphone ini mampu mencuri banyak peminat. Tak heran jika peminatnya masih ada saja sampai sekarang meski Xiaomi telah merilis smartphone dengan tipe terbaru. Redmi Note 3 hadir dengan mengusung Operaty System Android 5.0.2 Lollipop dengan tenaga processor Mediatek helio x10 Octa-core 2.0 GHz. Untuk desainnya sendiri sedikit berbeda dengan generasi Redmi Note 2 yang menggunakan bahan plastik. karena Redmi Note 3 menggunakan material Full Metal yang membuatnya tampak lebih elegan. Berikut adalah spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3 :

  1. Telah Didukung Teknologi 4G LTE

Di era saat ini, internet memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Melalui internet, masyarakat bisa mengakses informasi dari berbagai penjuru dunia. Dengan perkembangan teknologi, muncul teknologi 4G LTE yang mampu membawa kita untuk menjelajahi informasi dengan lebih cepat. Xiaomi Redmi Note 3 hadir dengan dukungan 4G LTE yang siap membuat penggunanya merasakan berselancar di dalam dunia maya dengan kecepatan internet yang lebih baik. Selain itu, smartphone ini juga memiliki dual SIM 3G dan 4G LTE. Sehingga, apabila untuk pengguna yang berada di daerah belum mendukung sinyal 4G, masih bisa memanfaatkan jaringan 3G dalam mengakses internet.

  1. Mampu meng-upgrade OS Secara Langsung

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa Redmi Note 3 telah menggunakan sistem operasi Android v5.0.2 Lollipop yang sebenarnya sudah sangat bagus. Namun, smartphone ini mampu melakukan upgrade sistem operasi secara langsung menjadi Operaty System v6.0.1 Marshmallow. Sistem operasi yang lebih tinggi tentunya akan mampu meningkatkan kinerja dari smartphone itu menjadi lebih baik. Tidak semua smartphone pada kelas ini yang mampu melakukannya. Hal ini yang menjadikan Xiaomi memiliki daya tarik tersendiri.

  1. Memori Internal yang Besar

Smartphone bukanlah handphone zaman dulu yang hanya berfungsi untuk melakukan panggilan telepon dan SMS saja. Tetapi, smartphone ini memiliki fungsi yang jauh lebih beragam. Smartphone mampu menjalankan beragam aplikasi dan mampu menyimpan data yang banyak. Apalagi smartphone milik Xiaomi dengan tipe Redmi Note 3 ini yang memiliki memori internal yang cukup besar. Artinya, smartphone ini mampu menyimpan data penting penggunanya dalam jumlah yang banyak dan ukuran yang besar. Begitu pula dengan beragam aplikasi dengan ukuran besar yang juga mampu dijalankan dengan baik dan lancar oleh smartphone Xiaomi ini.

  1. Kinerja Sistem Redmi Note 3

Smartphone yang bagus adalah yang memiliki dapur pacu yang baik. seperti halnya dengan Redmi Note 3 yang mengusung Mediatek MT6795 Helio X10 Octa-core dengan Speed Clock 2.0 GHz dan GPU PowerVR G6200, 700 MHz. Dengan dapur pacu seperti itu, smartphone ini memiliki kinerja yang sangat baik dan optimal.

  1. Dilengkapi dengan Sensor Finger Print

Saat ini, semakin banyak smartphone yang memiliki fitur keamanan sensor finger print, termasuk Xiaomi dengan tipe Redmi Note 3. Fitur ini terdapat pada bagian bawah kamera. Dengan fitur keamanan ini, smartphone akan lebih terjamin keamanannya. Hal ini karena layar smartphone hanya bisa dikunci dan dibuka dengan sidik jari pemiliknya dan menolak ketika menggunakan sidik jari orang lain.

  1. Dilengkapi Kamera Beresolusi Tinggi

Xiaomi Redmi Note 3 dilengkapi dengan kamera belakang dengan resolusi 13 MP dengan dual-LED flash sehingga mampu mengambil gambar dengan cepat dan hasil yang jernih dan tajam. Sedangkan untuk kamera belakang, smartphone ini dilengkapi dengan kamera beresolusi 5 MP. Tak hanya itu, smartphone ini juga didukung dengan beberapa fitur menarik lainnya pada kamera belakang mulai dari HDR, Touch Focus, ISO setting, Face Detection, dan Scene Mode. Sedangkan untuk pengambilan video, Anda akan mendapatkan video dengan resolusi dan kecepatan frame mencapai [email protected] dan [email protected] Sehingga, Anda bisa mengabadikan momen berupa video dengan hasil yang jernih dan tidak patah-patah. Sedangkan untuk kamera depan, juga mampu digunakan untuk selfie dan menghasilkan video dengan resolusi 1080p.

www.pexels.com

Harga Redmi Note 3

Meski memiliki fitur yang lengkap dan sangat berkualitas, namun Xiaomi Redmi Note 3 ini tetap hadir dengan harga yang bersahabat. Harga dari smartphone canggih ini adalah Rp 1.100.000 (16/2GB) dan Rp 1.300.000 (32/3GB).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *