Wisata Pantai Indah yang Ada di Kota Malang

www.pexels.com

Siapa yang tidak tahu kota Malang? Tentunya siapapun tahu kalau salah satu kota yang ada di Jawa Timur ini kaya akan wisata alam yang mempesona. Kota terbesar setelah Surabaya ini nyatanya tidak hanya memiliki wisata pegunungan yang indah saja, tetapi juga kaya akan wisata pantai yang sangat cantik dan juga unik. Keindahan pantai yang ada di kota Malang tentunya tak kalah cantiknya dari keindahan pantai-pantai yang ada di Bali.

Bagi Anda yang sudah berencana untuk berlibur ke kota Malang, bisa juga memilih paket wisata malang yang lebih banyak menjadikan pantai sebagai salah satu destinasi liburan yang utama. Lantas, pantai apa sajakah di kota Malang yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda berlibur ke sana? Berikut ini daftar pantai-pantai indah di kota yang kini sudah dijuluki sebagai kota pelajar tersebut.

www.pexels.com

Deretan pantai-pantai indah di kota Malang

  • Pantai Sipelot

Pantai pertama yang harus Anda kunjungi ketika berlibur di kota Malang adalah pantai Sipelot. Pantai ini terletak di pesisir pulau Jawa, tepatnya di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Walaupun terletak di tempat yang sedikit terpencil, namun hal tersebutlah yang menjadi salah satu kelebihan dari pantai ini, karena masih sangat terjaga keasriannya.

Panorama di pantai ini juga sangat-sangat memanjakan mata, dengan hamparan pasir putih yang luas, deburan ombak yang tak kalah deras dan barisan perbukitan yang berderet mengelilingi dari sisi barat dan timur, dengan hamparan bebatuan dan karang di sepanjang garis pantai, membuat magis dari pantai ini semakin tak terbantahkan.

Akibat tidak ingin menikmati keindahan pantai ini dalam waktu sekejap, kebanyakan pengunjung biasany memilih bermalam dengan mendirikan tenda di tepi pantai dengan menyalakan api unggun untuk menikmati suasana malam yang syahdu di pantai sipelot. Di pantai itu juga terdapat coban yang alirannya langsung mengalir ke laur. Namun untuk bisa memilikinya, Anda harus menyewa perahu nelayan, karena lokasinya memang hanya bisa dijangkau lewat laut saja.

www.pexels.com
  • Pantai Balekambang

Pantai berikutnya yang juga tak kalah menarik adalah pantai Balekambang. Pantai ini letaknya sekitar 70 km ke arah Selatan dari Malang Kota. Sekali lagi, walaupun letaknya di tempat yang bisa disebut terpencil, namun nyatanya panai telah menyediakan berbagai macam fasilitas yang bisa dibilang cukup lengkap. Mulai dari warung makan tradisional restoran, penjaga pantai sampai dengan penginapan, sudah tersedia di pantai ini.

Tidak hanya itu, pantai ini juga disebut sebagai Tanah Lot-ya Pulau Jawa. Sebab, untuk bisa ke pantai ini, Anda bisa menggunakan berbagai macam kendaraan mulai dari roda dua sampai dengan roda empat. Berikut ini merupakan jalur yang bisa ditempuh untuk sampai ke pantai ini!

Jalur pertama : Malang Kota – Kepanjen – Pagak – Bantur – Balekambang.

 

Jalur kedua : Terminal Arjosari – Turen – Gondang legi – Bantur – Balekambang. Tiket di

Kendati disebut sebagai Tanah Lot pulau Jawa, harga tiket masuk ke pantai ini juga bisa dibilang murah, yaitu mulai dari 10.000 sampai dengan 15.000 per orangnya.

  • Pantai Ngeliyep

Selanjutnya ada pantai Ngeliyep. Pantai yang letaknya di tepi Samudera Indonesia, lebih tepatnya di desa Kedungsalam, kecamatan Donomulyo, 62 km dari arah selatan kota Malang. pantai juga disebut-sebut sebagai pantai yang masih natural alias terjaga. Di kelilingi oleh tebing-tebing yang curat dan hutan-hutan lindung, pantai yang memiliki pasir putih alami serta deburan ombak yang menenangkan, tentunya akan sangat sayang untuk dilewatkan.

Tidak berhenti sampai di situ, landscape pantai yang juga tak kalah kern dan bagus membuat pantai ini menjadi tempat ritual yang bertajuk Upacara Labuhan yang biasanya akan diadakan setiap tahun ketika bulan Maulud. Upacara Labuhan merupakan bentuk pengorbanan. Di upacara tersebut, biasanya kepala hewan ternah seperti kambing atau sapi akan dikorbankan ke dalam laut sebagai sesaji.

Tiga pantai di atas mungkin bisa menjadi pantai-pantai yang harus Anda kunjungi pada saat liburan ke kota Malang. Tetapi, Anda harus ingat bahwa ada hal-hal lainnya yang juga harus dipersiapkan sebelum memutuskan untuk pergi berlibur ke pantai. Lantas, apa sajakah hal-hal yang tidak boleh Anda lewatkan sebelum pergi berwisata ke pantai? Berikut ulasannya!

www.pexels.com
  • Mengemas barang

Tentunya sebelum Anda pergi berwisata ke pantai, lebih dulu harus disiapkan tas besar atau kecil untuk menampung barang-barang yang akan dibawa. Seperti misalnya, kacamata hitam, topi, tikar, payung, kamera, baju cadangan dan lain sebagainya. Anda juga pasti akan membawa perlengkapan lainnya seperti peralatan mandi, perlengkapan kesehatan dan lain sebagainya. Selain itu, jangan lupa untuk membawa gel lidah buaya untuk mencegah kulit Anda hingga tidak terbakar karena cuaca pantai yang sangat panas. Selain itu, Anda juga perlu ingat, jika barang-barang tersebut ternyata bisa disewa di pantai, maka akan jauh lebih baik jika menyewa saja, agar barang yang Anda bawa tidak terlalu banyak.

  • Membawa minum

Cuaca pantai yang sangat panas, tentunya akan membuat Anda lebih banyak mengeluarkan keringat. Ketika Anda mengeluarkan banyak keringat, tentunya akan membuat Anda mengalami dehidrasi dan badan menjadi lemas. Tentunya tidak menyenangkan bukan, jika ketika sedang menikmati liburan, Anda malah menjadi lemas. Maka dari itu, sebaiknya, menyediakan stok air putih lebih banyak. Sehingga cairan tubuh Anda akan tetap terpenuhi sekalipun di cuaca yang panas terik.

  • Membawa pelindung terhadap matahari

Tentu saja, sengatan matahari di pantai akan sangat terik yang dapat mengakibatkan kulit Anda menjadi terbakar. Ketika kulit Anda terbakar, tentu akan membuat kulit menjadi mengelupas lalu mengakibatkan timbulnya iritasi. Untuk itu, sebaiknya, Anda melindungi kulit Ana dari paparan sinar matahari dan itu sangat wajib. Itulah mengapa, sebaiknya sebelum turun ke pantai, Anda oleskan lebih dulu sunblock yang memiliki SPF minimal 30 agar kulit Anda terlindungi.

www.pexels.com

Selainitu, gunakanlah topi untuk melindungan kepala, serta kacamata untuk melindungan pantai. Jika bisa, Anda gunakan saja pakaian dengan lengan panjang agar kulit Anda tidak menjadi hitam pada saat jalan-jalan di sekitar pantai.

  • Membawa makanan

Ingatlah bahwa tidak semua pantai yang ada di kota Malang memiliki tempat yang menjual berbagai macam makanan. Maka dari itu, sebaiknya, Anda menyiapkan camilan, buah, sayur, lauk pauk hingga nasi, sebelum pergi ke pantai. Sehingga Anda tidak merasa kelaparan pada saat sedang berada di sana.

Tetapi, jika Anda menggunakan paket wisata malang dari biro perjalanan, biasanya Anda tidak perlu khawatir soal hal-hal yang bersangkutan dengan makanan, minuman dan lain sebagainya. Sebab, biasanya hal tersebut menjadi salah satu prioritas mereka. Sehingga, tanpa diminta mereka akan menyediakan hal-hal yang bersangkutan dengan makanan, minuman dan lain sebagainya untuk mendukung kenyamana para pelanggan mereka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*