Bisnis

Apa yang Dimaksud dengan VPS Hosting? Kapankah Layanan Ini Dibutuhkan?

July 6, 2019

Banyaknya pembaca yang mempertanyakan tentang VPS, membuat penulis tertarik membahas tentang VPS Hosting secara lebih lanjut. Walaupun sudah banyak dibicarakan, tidak banyak orang yang memahami makna sesungguhnya dari VPS. Tidak hanya itu, waktu penggunaan layanan VPS terkadang salah. Akhirnya tidak memberikan manfaat yang baik untuk website yang dimilikki. Untuk itu, penting untuk mengupdate informasi terkait waktu penggunaan VPS dan makna dari VPS itu sendiri.

 

VPS yang dibutuhkan oleh anda, bisa didapat dari jasa pembuatan website atau konten terpercaya. Namun dalam menentukan penggunaan VPS harus dilakukan dengan hati-hati. Karena diperlukan waktu yang tepat untuk melakukannya. Waktu yang tepat untuk menggunakan VPS adalah saat anda merasa bahwa server dari penyedia sudah tidak nyaman digunakan. Karena server masih berbagi dengan orang lain. Penasaran dengan hosting VPS lainnya? Jawabannya ada disini.

 

Mengenal VPS Hosting

Virtual Private Server atau VPS adalah server yang dimilikki secara pribadi oleh pemilik website. Seluruh resourcenya diatur oleh satu pengguna saja dan tidak terpengaruh oleh pengguna lainnya. Pengguna VPS dapat mengatur dan mengelola semua konfigurasi yang ada dalam VPS. Serta, dapat melakukan apapun yang diinginkan. Layanan ini tentu lebih nyaman digunakan saat mengelola website pribadi.

 

Dalam VPS tersedia banyak ruang yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Contohnya, ketersediaan RAM, CPU, disk space hingga bandwidth. Berbeda dengan server lainnya, semua ruang yang ada akan menjadi milik anda pribadi. Segala bentuk aktivitas yang dilakukan di VPS tidak akan menganggu aktivitas server lain, begitu pula sebaliknya.

 

pxhere.com

Apakah Fungsi VPS Hosting?

Setelah mengerti tentang makna VPS, waktunya mengetahui fungsi atau manfaat dari VPS. Terdapat banyak fungsi dari VPS, diantaranya seperti di bawah ini,

  1. Server Website

Layanan yang banyak diterapkan adalah server website atau web hosting. Sebagian besar VPS digunakan untuk melakukan layanan web hosting. Pengguna menggunakan VPS saat layanan resource yang dibutuhkan lebih tinggi. Karenanya, kebanyakan VPS digunakan untuk perusahaan ataupun blog pribadi dengan traffic yang sudah tinggi.

  1. Backup Server Utama

Setiap server yang ada di masyarakat adalah server yang rentan terhadap kehilangan data. Namun dengan VPS anda dapat melakukan backup server. Manfaatnya adalah menyimpan data terakhir server secara berkala. Jadi, ketika ada masalah di server utama, backup server dapat membantu mengembalikannya sewaktu-waktu.

  1. Mesin Percobaan

Dalam pengembangan sebuah website, anda diharuskan melakukan tes pada kebutuhan sistem. Adanya VPS dapat membantu mengurangi semua kekurangan yang ada. Penggunaan VPS ini akan memudahkan pengembangan dalam menggunakan hosting yang dibutuhkan. Jika sudah melihat tanda-tanda dibutuhkannya VPS, jangan tunggu lama-lama dan pilih penyedia jasanya.

  1. Hosting Aplikasi

VPS dapat digunakan oleh developer dalam melakukan pengembangan dan pengetesan aplikasi. VPS dapat digunakan pula untuk membangun custom mission critical software dengan biaya yang murah. Saat anda berencana menggunakan layanan dari VPS sebaiknya pilih yang terbaik, sehingga didapatkan kualitas VPS terbaik dan cocok dengan kebutuhan.

pxhere.com
  1. Server Remote Desktop

Penggunaan VPS biasanya dilakukan oleh pemilik usaha atau blog pribadi. Pengguna memasukkan bot dalam server dan bot akan menjalankan perintah secara otomatis. Contohnya, saat bitcoin sedang booming, maka VPS diperintahkan untuk mengikuti bitcoin, dan lainnya. Namun, saat ini pengembang VPS telah berhenti dan melarang penggunaanya.

  1. Layanan VPN

Beberapa pengguna menggunakan layanan VPS untuk server VPN. VPN dapat digunakan untuk melakukan sambungan yang hanya dapat digunakan oleh username dan password tertentu. VPN membutuhkan server yang memiliki fungsi untuk penghubung antar perangkat. Server VPN dapat berupa komputer atau VPS yang sudah memiliki VPN didalamnya.

Beberapa layanan diatas adalah layanan yang banyak diterapkan oleh pengguna VPS. Diantara semua layanan tersebut, layanan manakah yang anda butuhkan? Tentukan segera sebelum memutuskan menggunakannya.

 

Perhatikan Sebelum Memilih VPS

Sebelum menentukan pemilihan VPS, anda harus memperhatikan beberapa bagian yang dimilikkinya. Hal apa saja yang perlu dipertimbangkan? Berikut informasinya,

pxhere.com
  1. Lokasi

Tidak semua layanan VPS memiliki server yang baik. Hal ini dikarenakan lokasi server yang berbeda. Kebanyakan server diletakkan di luar negeri. Sehingga dapat menyebabkan masalah, seperti delay yang terjadi dalam pengiriman data. Karenanya, penting untuk mengetahui dimanakah lokasi server dari layanan VPS yang digunakan.

  1. Sistem Operasi

Berikutnya anda harus mengetahui sistem operasi yang digunakan oleh VPS. Biasanya sistem operasi yang digunakan adalah Linux, karena sistem operasi ini lebih populer dibandingkan sistem lainnya. Walaupun demikian, terdapat layanan VPS yang menggunakan sistem operasi windows. Karenanya, pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Backup

Satu lagi yang perlu menjadi pertimbangan adalah media penyimpanan yang dimilikki. VPS menyediakan layanan penyimpanan data untuk klien. Namun, sebelum menggunakannya usahakan untuk melakukan backup. Sehingga, saat terjadi kehilangan dana, anda masih memiliki backup untuk merestore kembali data yang dibutuhkan.

Dari semua informasi yang disampaikan, apakah anda tertarik menggunakan jasa VPS hosting? Jika iya, segera hubungin jasa pembuatan website dan VPS terdekat. Pilihlah, sesuai dengan pertimbangan pemilihan VPS yang telah disampaikan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *