pendidikan

Info Lengkap Fakultas dan Fakta Menarik Universitas Indonesia

April 18, 2019

Universitas Indonesia atau UI adalah salah satu kampus popular yang ada di Indonesia. Bahkan UI adalah kampus terbaik nomor satu yang ada di Indonesia. UI menjadi salah satu kampus tertua yang ada di Asia Tenggara yang menjalin kerjasama secara internasional. Perguruan tinggi ini bekerja sama dengan banyak perguruan tinggi ternama di dunia, juga bekerja sama dengan APRU atau asosiasi pendidikan dan riset,ASAIHL, AUN, dan lainnya.

Pada zaman Koloni Belanda tahun 1849 telah dibangun sekolah tinggi ilmu kesehatan, sekolah ini khusus untuk kedokteran. Kemudian juga dibangun fakultas teknik yang ada di Bandung tahun 1920, Fakultas hukum yang ada di Batavia pada tahun 1924, fakultas Sastra dan Kemanusiaan pada tahun 1940, juga dibangun Fakultas Pertanian yang ada di Bogor satu tahun kemudian. 5 Fakultas ini dibangun sebagai Universitas darurat. Pada tahun 1947 Universitas darurat tersebut berubah menjadi Universiteit van Indonesia dengan pusatnya yang ada di Jakarta. Pada tahun 1950 Universiteit van Indonesia disatukan menjadi Universiteit Indonesia dan memiliki fakultas Kedokteran, Sastra dan Fillsafat berada di Jakarta, Fakultas Ekonomi di Makassar, Fakultas Kedokteran Gigi di Surabaya, Fakultas pertanian di Bogor, dan Fakultas Teknik di Bandung.

Sebelum UI berada di Depok, gedung UI berada di tiga tempat yaitu Pegangsaan, Rawamangun dan Salemba. Pada tahun 1987 akhirnya kampus UI didirikan di Depok dengan luas lahan 320 hektare. Untuk saat ini UI memiliki 14 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Secara geologis posisi kampus UI sekarang ada dua tempat, yaitu di Salemba dan Depok, Kampus UI yang berada di Depok dengan luas lahan 320 dijadikan sebagai green kampus. 25% digunakan sebagai sarana akademik dan untuk 75% masih area hutan kota yang luas.

pexels.com

Fakultas-fakultas di Universitas Indonesia

Universitas Indonesia menjadi salah satu kampus terbaik yang ada di Indonesia, di Dalamnya terdapat 14 fakultas favorit.

  • Fakultas Kedokteran

Menjadi salah satu fakultas yang memiliki banyak peminatnya, untuuk bisa masuk ke dalam fakultas ini dibutuhkan strategi yang jitu. Juga harus bersaing dengan ketat jika ingin masuk melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Untuk waktu studi dan juga mendapatkan ijin praktek dibutuhkan waktu 6 hingga 10 tahun. Materi pelajaran yang akan didapat dari fakultas Kedokteran antara lain biologi kedokteran, anatomi, parasitologi, dan lain sebagainya. Juga belajar hal spesifik lainnya seperti neurologi, ilmu bedah, saraf, ilmu penyakit dan lain sebagainya.

  • Fakultas Kedokteran Gigi

Fakultas ini juga menjadi Fakultas terpopuler, proses belajar dokter gigi tidak jauh berbeda dengan fakultas dokter lainnya yang membutuhkan waktu 6 hingga 10 tahun. Namun untuk Fakultas Kedokteran ini hanya focus satu bidang saja yaitu gigi. Jika sudah selesai belajar maka bisa melanjutkan jenjang selanjutnya seperti spesialis olrtodonsia atau kawat gigi, spesialisasi bedah mulut, konservasi gigi, dan lainnya.

  • Fakultas Ilmu Keperawatan

Masih dibidang ilmu kesehatan, anda juga bisa memilih fakultas Ners yang cukup popular. Untuk bisa menjadi seorang perawat harus menempuh pendidikan selama 4 tahun atau sampai jenjang sarjana. Bagi ners yang menempuh hanya sampai diploma maka hanya akan mendapatkan izin sebagai asisten perawat. Selain menjadi perawat, fakultas ini juga menargetkan mahasiswanya untuk menjadi pemimpin dan pionier di dalam bidang kesehatan secara umum. di Bawah fakultas ini terdapat 6 jurusan atau departemen, yaitu Keperawatan Dasar, Keperawatan Kehamilan, Bedah Medik, Keperawatan Kesehatan Jiwa, Keperawatan Anak, dan Keperawatan Masyarakat.

  • Fakultas Kesehatan masyarakat

Di dalam fakultas ini terdapat 4 bidang yang bisa dipilih, di antaranya adalah kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja dan gizi. Untuk jurusan kesehatan masyarakat lebih focus ke dalam bidang kesehatan yang berhubungan dengan masyarakat seperti akuntansi dan advokasi  masyarakat dan juga kesehatan reproduksi, untuk jurusan kesehatan lingkungan lebih focus kepada lingkungan, misal saja kesehatan lingkungan dan penyakit yang berbasis lingkungan. Jurusan gizi lebih focus kepada nutrisi untuk masyarakat yang luas. Untuk jurusan ini mahasiswa akan belajar tentang biokimia, anatomi dan lainnya. Selanjutnya ada jurusan kesehatan dan keselamatan kerja yang lebih focus belajar tentang industry, bahaya kebakaran dan belajar tentang konsep kecelakaan serta navigasi.

pexels.com
  • Fakultas Farmasi

Adalah fakultas yang mempelajari tentang kimia organic, biologi sel dan molekuler, analisis sediaan farmasi dan lain sebagainya.

  • Fakultas Ilmu Komputer

Adalah salah satu fakultas yang paling terkenal di Universitas Indonesia. di dalam fakultas ini terdapat dua jurusan yaitu Ilmu Komputer yang lebih focus dengan perangkat computer. Jurusan yang kedua adalah system informasi yang lebih focus kepada perancangan, pengelolaan, dan penerapan teknologi informasi.

  • Fakultas Teknik

Fakultas ini juga menjadi salah satu fakultas yang memiliki banyak peminatnya. Untuk jurusan yang ada di dalam fakultas teknik antara lain Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Arsitektur, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Perkapalan, Teknik Metalurgi dan Material, Teknik Komputer, Teknologi Bioproses, dan Arsitektur Interior. Fakultas teknik mempelajari terapan ilmu sains yang digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari.

  • Fakultas Matematika dan IPA

Untuk lulusan fakultas ini siap menjadi ilmiwan, pengajar dan peneliti, namun prospek kedepan Fakultas ini juga bisa masuk ke perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli.

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas ini terdapat lima jurusan di antaranya adalah jurusan ilmu ekonnomi yang menganalisis data dan kebijakan public terkait dengan ekonomi. Selanjutnya ada juga jurusan managemen yang mempelajari tentang segala hal yang dibutuhkan dalam bisnis. Jurusan Akuntansi yang mempelajari tentang financial secara detail, bahkan juga ada ekonomis islam dan bisnis islam. Prospek kerja untuk Fakultas ini sangat luas, anda bisa belajar dalam setiap bisnis, perusahaan, organisasi yang membutuhkan pengelola handal, pemerintahan juga membutuhkan, pembuat kebijakan public, wirausahawan, dan masih banyak lagi lainnya.

  • Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya

Di fakultas ini anda akan mempelajari perkembangan dan struktur sejarah yang membentuk bahasa dan juga budaya. Prospek kerja di fakultas ini bisa menjadi sastrawan kondang seperti Sapardji Djoko Damono, bisa juga bekerja di kedutaan besar mancanegara. Di dalam Fakultas ini terdapat banyak jurusan yang bisa dipilih, di antaranya ada jurusan sastra yang meliputi Indonesia, Arab, Jawa, Cina, Inggris, Jepang, Rusia, Jerman, Belanda, dan Korea. Juga terdapat jurusan Arkeologi, Sejarah, Filsafat, dan perpustakaan.

  • Fakultas Hukum

Di dalam fakultas hukum tidak ada jurusan namun ada peminatan yang bisa dipilih, di antaranya adalah hubungan antara sesama anggota Masyarakat, kesejahteraan masyarakat dan masalah social, pencegahan dan penanggulangan kejahatan, praktisi hukum, hubungan transnasional, kegiatan ekonomi, hubungan Negara dan masyarakat, dan lainnya.

  • Fakultas Psikologi

Di dalam fakultas psikologi juga tidak ada jurusan, di dalamnya akan mempelajari tentang dasar-dasar filosofi ilmu psikologi, psikologi faal, stastic, teknik wawancara dan observasi. Untuk jenjang S2 mempelajari tentang Klinik Anak, social, klinik dewasa, perkembangan, industry-organisasi, dan lainnya. Biasanya anak-anak fakultas Psikologi yang sudah lulus akan menjadi HRD, yang meneruskan jenjang selanjutnya akan bekerja sebagai psikolog, pembuat kebijakan public, dan seni media.

  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Di dalamnya mempelajari secara mendalam tentang hal-hal yang menjadi penggerak dalam masyarakat. Seperti ilmu sosiologi, ilmu politik, kriminologi, ilmu kesejahteraan sosial, ilmu hubungan internasional, antropologi, ilmu komunikasi, dan lain sebagainya.

  • Fakultas Ilmu Administrasi

Merupakan fakultas yang berumur muda, baru didirikan pada tahun 2015. Awalnya ilmu administrasi menjadi jurusan di FISIP. di dalam fakultas ini terdapat tiga jurusan yang bisa dipilih, di antaranya adalah jurusan Ilmu Administrasi Fiskal, Ilmu Administrasi Niaga, dan Ilmu Administrasi Negara. Sejak pertama kali berdiri fakultas ini sudah mendapatkan kreditasi A.

pexels.com

Fakta Menarik Kampus UI

Untuk anda yang berminat belajar di Universitas Indonesia maka wajib tahu fakta menarik yang ada pada kampus ini, di antaranya adalah :

  • Serangkaian Ospek yang panjang

Bagi Mahasiswa Baru atau yang dikenal dengan nama Maba harus mengikuti serangkaian ospek, juga harus melakukan latian paduan suara dengan pak Dipyo. Serangkaian ospek ini harus diikuti oleh semua Maba, sehingga proses belajar di UI akan berjalan dengan lancar.

  • Terdapat fasilitas sepeda

kampus UI juga memiliki fasilitas berupa sepeda dengan warnanya yang mencolok yaitu kuning. Untuk bisa menyewa sepeda ini anda harus memiliki KTM. Sepeda kuning ini berada di hallte yang tersebar di lingkungan kampus. Selain jalan raya UI juga memiliki trek khusus untuk sepeda.

  • Jaket Kuning dan warna Makara sesuai dengan Fakultas

Untuk jaket almamater UI memiliki warna kuning, juga terdapat Makara yang akan membedakan antar Fakultas. Makara ini diletakkan di sebelah dada kiri. Untuk fakultas hukum memiliki warna merah, fakultas ilmu pengetahuan budaya memiliki warna putih, fakultas teknik memiliki warna biru dongker, dan fakultas lainnya juga memiliki warna Makara yang berbeda-beda.

  • Bis Kuning

Wana kuning menjadi warna andalan kampus UI, tidak hanya warna jaket saja yang kuning namun warna bis yang siap mengantarkan mahasiswa ke setiap fakultas juga berwarna kuning. Keberadaan bis kampus ini sangat bermanfaat, karena letak kampus UI sangat luas dan jarak antar fakultas cukup jauh.

pexels.com
  • KTM UI

KTM mahasiswa UI sangat multifungsi, anda bisa menggunakan KTM untuk bisa meminjam sepeda, masuk ke Dalam perpustakaan pusat dan bisa juga digunakan untuk kartu masuk commuter line Jabodetabek, bahkan juga bisa digunakan untuk bisa masuk busway. KTM tersebut sudah dilengkapi dengan TapCash.

  • Crystal Knowledge

Adalah perpustakaan UI yang menjadi salah satu landmark kampus UI di Depok. Bangunan ini sangat instagramable dan sering digunakan sebagai tempat pre-wedding. Juga dilengkapi dengan banyak outlet ATM, Starbuucks, Indomaret, dan banyak café. Untuk buku di perpustakaan ini juga cukup lengkap.

Di Kampus Universitas Indonesia ini juga terdapat taman melingkar yang digunakan untuk beragam kegiatan, juga terdapat jembatan teksas yang cukup popular, juga ada kapal di atas danau UI, Lapangan Rotunda dan masih banyak lagi fakta menarik lainnyannya yang ada pada UI. Untuk info lebih lengkapnya anda bisa datang ke ini bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *