Umum

Tidak Terduga Ciplukan Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

August 2, 2019

Sebagai salah satu tanaman yang tumbuh di beberapa wilayah tropis membuat tanaman liar yang satu ini banyak ditemukan salah satunya di Indonesia. Kenapa disebut sebagai tanaman liar? Hal ini dikarenakan banyak tanaman ini yang tumbuh dengan sendirinya tanpa harus dirawat atau ditanaman. Biasanya banyak anak kecil yang berburu tanaman ini harena buahnya yang kecil mempunyai rasa yang manis, sehingga banyak anak kecil yang menyukainya. Masyarakat pada umumnya hanya mengetahui bahwa ciplukan hanya dikonsumsi buahnya saja, tidak banyak yang tahu bahwa daun dari ciplukan ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan kesehatan. Ciplukan sendiri memang mempunyai nama yang berbeda – beda, setiap daerah mempunyai sebutannya masing – masing untuk tanaman liar satu ini. Penasaran dengan manfaat yang dimiliki daun ciplukan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Kandungan dan Manfaat Daun Ciplukan

Jika anda memperhatikan, banyak yang menjual ciplukan ini tapi hanya menjual buahnya saja. Tentu saja hal ini dikarenakan tidak banyak yang tahu bahwa daun dari tanaman ini juga beranfaat. Tanaman ini mempunyai kandungan vitamin c, asam asetat, asam sitrat, dan beberapa kandungan lainnya yang penting untuk kesehatan. Tidak hanya buah dan daunnya saja melainkan sampai batang dan akar dari pohon ini mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Manfaat yang bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsi ciplukan adalah dapat sebagai cara menurunkan kolesterol, menyembuhkan penyakit kuning, mengatasi masalah epilepsi, menurunkan kadar gula pada tubuh, menjaga saluran kemih, mencegah terjadinya infeksi pada kulit, mengobati penyakit lupus, mengatasi masalah sendi atau rematik, berbagai masalah saluran pernafasan, obat penambah darah, dan masih ada banyak manfaat lainnya yang sangat penting untuk kesehatan.

Bagi orang yang mengetahui manfaat yang dihasilkan oleh tamanan ini tentu saja membuat semakin banyak orang yang mengkonsumsi tamanan ciplukan. Tamanan ini biasanya dijual dengan harga yang sangat terjangkau, bahkan jika anda tidak ingin membelinya, anda bisa dengan mudah menemukan tanaman ini tumbuh liar di persawahan dan perkebunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *