13 Pilihan Pekerjaan Untuk Anda Si Lulusan Sitem Informasi

Salah satu jurusan dalam perguruan tinggi yang sedang booming di Indonesia adalah teknik informatika dan sistem informasi. Alasannya karena kemajuan informasi dan teknologi yang terjadi begitu pesat. Jika anda sedang mengalami jurusan tersebut dan akan segera lulus, pekerjaan apakah yang akan diambil? Atau sebaliknya, justru belum tahu untuk mengambil pekerjaan yang cocok ke depannya?

 

Jika memang belum mengetahui pekerjaan apa yang akan diambil ke depannya, ada baiknya untuk mencari informasi terkait. Caranya mudah, cukup membaca informasi pada artikel ini dan menambahkan dengan mencari universitas terbaik untuk jurusan tersebut. Di pastikan, setelahnya anda akan mendapatkan pekerjaan terbaik dan memberikan penghasilan besar. Lantas, pekerjaan apa yang bisa didapatkan?

 

www.pexels.com

Pilihan Pekerjaan Untuk Lulusan Sistem Informasi

Pada bagian ini akan dijelaskan beberapa pekerjaan yang dapat dijadikan pilihan saat anda sudah lulus dari jurusan sistem informasi. Manakah pekerjaan terbaik? Berikut informasinya.

 

  1. Data Analis

Pekerjaan ini lebih dikenal dengan nama analis data, pekerjaan ini dilakukan untuk mengumpulkan data dan melakukan pengklasifikasian didalamnya. Setelahnya, data tersebut kembali di olah untuk menjadi data yang berguna untuk perusahaan. Gaji yang didapatkan untuk pekerjaan ini lumayan besar, jadi jangan ragu untuk mencoba pekerjaan ini sekarang.

 

  1. Enterprise Resource Planning

Perusahaan-perusahana besar, sudah tidak heran dengan pekerjaan yang satu ini. Bahkan pekerjaan ini dipercaya memberikan banyak gaji untuk pekerjanya. Karena tugas yang dijalankan pekerja cukup besar. Di mana, pekerja bertugas untuk mengintegrasi setiap aktivitas bisnis dan organisasi. Dalam sebuah perusahaan gaji seorang staff ERP adalah Rp. 6.750.000.

 

  1. Developer Game

Anda yang senang dengan game, tentu heran bagaimana cara pembuatan game yang baik. Namun setelah berkuliah di sistem informasi, masalah ini tidak akan muncul lagi. Karena dalam jurusan inilah pekerjaan sebagai game developer bisa didapatkan. Game developer memiliki tugas untuk mendesain dan merancang game, serta mengembangkan game agar selalu fresh.

 

  1. Network Security

Di era internet dan teknologi seperti ini, tidak hanya keamanan dunia yang perlu dijaga. Karena saat menjalankan internet, juga dibutuhkan pengamanan. Sehingga aktivitas internet dapat berjalan lancar. Untuk anda yang sudah bersekolah dengan jurusan SI, pekerjaan ini cocok untuk dijadikan pilihan, karena pendapatan yang dihasilkan cukup besar.

 

  1. Web Developer

Tidak hanya menjadi pengembang game, anda yang lulusan SI juga memiliki kesempatan menjadi web developer. Menjadi web developer berarti memiliki tugas untuk mengembangkan serta merancang sebuah website, sehingga web semakin maju dan dikenal masyarakat. Untuk gaji yang dihasilkan oleh web developer, cukup besar dan berbeda di setiap perusahaannya.

 

  1. Freelancer

Jika tidak terikat dengan sebuah perusahaan, maka pekerjaan yang cocok untuk anda adalah menjadi freelancer. Pekerjaan yang bisa didapat cukup beragam, selama bekerja pun tidak terikat. Jadi, pekerjaan dapat dilakukan di saat senggang atau saat ingin melakukannya. Masalah pendapatan, akan sesuai dengan apa yang dikerjakan atau perusahaan pemberi pekerjaan. Atau bisa juga daftar jadi reseller di serbu.id

 

  1. Pengajar

Tidak hanya bekerja pada perusahaan, anda yang lulusan SI memilik kesempatan menjadi seorang pengajar. Hal ini dapat dilakukan saat anda menjadi guru SD-SMA, jika memadai ambilah S2 dan miliki kesempatan menjadi seorang dosen di universitas. Walaupun dianggap memiliki gaji minim, menjadi dosen saat ini menjadi dambaan banyak orang.

www.pexels.com
  1. Membangun Startup

Sudah tidak ingin bekerja sebagai pekerja di perusahaan orang lain? Maka pililah pekerjaan ini untuk dilakukan, yaitu membangun startup dan menjadikannya sebagai pekerjaan utama. Membangun startup sangat menggiurkan jika dijalani dengan serius, sebut saja telah tersedia beberapa orang yang sukses dengan startup, seperti Mark Zuckerberg dan Bill Gates.

 

  1. Project Management

Mungkin anda belum mengerti tentang pekerjaan ini dan menganggapnya sebagai pekerjaan yang aneh. Namun jika mengerti, maka pekerjaan ini akan membuahkan hasil berlimpah dan memuaskan pekerjaannya. Karena pekerjaan yang dilakukan cukup menarik, di mana pekerja menjalankan pekerjaan dengan mengatur dan menjadwalkan rilisnya aplikasi yang dibuat.

 

  1. Graphic Desiner

Pekerjaan yang saat ini sedang didambakan banyak orang adalah menjadi graphic desainer. Pekerjaan ini membutuhkan jiwa yang kreatif serta kesabaran dalam menjalankannya. Karena pekerjaan ini harus kreatif, pekerja dibayar dengan gaji yang cukup besar. Pekerjaan ini dapat dilakukan untuk berbagai bidang, termasuk arsitektur hingga periklanan.

 

  1. IT Planner

Sebuah perusahaan yang besar, tidak ingin datanya hilang begitu saja. Selain itu, perusahaan juga tidak ingin ketinggalan zaman, karenanya selalu melakukan upgrade teknologi. Untuk mengatur hal tersebut, maka pekerjaan sebagai IT Planner harus diisi dengan segera. Mungkin anda salah satu orang yang cocok untuk pekerjaan tersebut.

 

  1. Software Engineer

Tidak harus lulus kuliah, menjadi seorang software engineer juga dapat dilakukan jika anda lulusan SMK dengan jurusan rekayasa perangkat lunak. Tugas dalam pekerjaan ini adalah mengembangkan software hingga menjaga kualitas software. Dalam menjalankan pekerjaan ini, seorang manager akan menerima gaji sebesar Rp. 7.200.000.

 

  1. Computer Engineer

Inilah pekerjaan yang paling sering menjadi pilihan lulusan SI. Karena setelah lulus dari kampus atau sekolah, banyak perusahaan yang menjadi computer engineer. Hal ini karena zaman teknologi yang selalu mengalami perubahan, karena perusahaan selalu mengupgrade karyawannya dengan lulusan-lulusan terbaru.

 

Jadi, itulah beberapa pekerjaan yang dapat anda jadikan pilihan setelah lulus dari pendidikan SI. Jika terdapat beberapa skill yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut, anda dapat mencarinya di ngopimasi.com. Karena disana, tersedia berbagai informasi terkait skill untuk mendukung pekerjaan.

 

www.pexels.com

Tips Bekerja Dalam Bidang Sistem Informasi

Sudah menentukan pekerjaan apa yang cocok untuk dilakukan? Jika demikian, persiapkan diri untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, dengan beberapa informasi ini.

 

  1. Profesional

Anda yang ingin bekerja, siapkanlah diri untuk menjadi seorang yang bekerja dengan profesional. Artinya, bekerjalah dengan baik sesuai dengan tugas dan kewajiban yang diberikan. Selain itu, perhatikan pula bagaimana lingkungan pekerjaan, sehingga tidak melakukan kesalahan selama menjalankan tugas.

 

  1. Mental

Dunia kerja, sangat berbeda dengan dunia kampus. Karenanya, anda harus memperhatikan sikap dan mempersiapkan mental saat menjalankan pekerjaan. Sebagai pekerja jangan terlalu mudah mengambi hati perkataan orang lain. Karena hal ini dapat berakibat buruk pada hasil kerja dan lingkungan pekerjaan ke depannya.

 

  1. Kreativitas

Seorang pekerja yang bekerja dalam bidang SI, harus memiliki banyak ide-ide menarik. Artinya, anda harus memperbanyak membaca informasi dan mencari hal-hal terkait. Untuk mendapatkan ide-ide tersebut, pekerja juga dapat mengunjungi ngopimasi.com, karena disini tersedia banyak informasi terkait SI dan ide-ide menarik yang dapat dituangkan dalam karya.

Jadi, sudah tahu mana pekerjaan yang cocok dikerjakan setelah lulus kuliah? Jika demikian, jangan lupa untuk tetap menjaga profesionalisme dan kualitas pekerjaan. Sehingga, dalam menjalankan pekerjaan sistem informasi, didapatkan hasil yang sesuai dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *