Kesehatan

Manfaat Dan Efek Samping Setrika Wajah

February 15, 2019

Perempuan adalah makhluk yang identik dengan kecantikan. Hampir semua perempuan merasa memperhatikan kecantikan di setiap jengkal tubuhnya adala hal yang penting. Banyak perempuan yang rela membatasi asupan makanannya demi bisa mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Tubuh yang ramping memang akan membuat para perempuan merasa percaya diri mengenakan pakaian apapun. Itulah mengapa mereka mau bersusah payah demi bisa mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Selain tubuh secara keseluruhan, salah satu bagian tubuh yang selalu mendapat perhatian lebih adalah wajah. Macam-macam upaya dilakukan agar wajah senantiasa tampil cantik dan sehat. Penggunaan macam-macam produk kecantikan dan kosmetik adalah ritual harian yang pantang dilewatkan. Kadang hal itu masih ditambah dengan konsumsi vitamin yang dipercaya memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Penuaan dini menjadi salah satu musuh utama musuh perempuan. Hal tersebut ditandai dengan mulai munculnya kerut-kerut halus di wajah. Kadang disertai pula dengan warna kulit wajah yang tampak sedikit lebih kusam. Masalah tersebut akan mulai tampak ketika seorang perempuan memasuki usia kepala 3. Akan menjadi lebih buruk ketika memasuki usia kepala 4.

Ketika tanda-tanda penuaan dini mulai muncul para perempuan akan langsung memutar otak untuk mengatasinya. Ada banyak solusi mudah yang bisa dilakukan. Mulai dari menggunakan cream penghilang bopeng, menggunakan krim aanti aging, dan lain-lain.

Namun selama beberapa tahun terakhir ada sebuah metode yang dikembangkan khusus untuk melawan tanda-tanda penuaan dini pada wajah. Metode tersebut dikenal dengan nama setrika wajah. Dinamai demikian karena cara kerjanya memang mirip setrika yang berfungsi menghilangkan lipatan-lipatan tak rapi pada pakaian.

Alat yang digunakan dalam metode ini berbentuk seperti stik dengan bagian yang membulat di ujungnya. Nantinya bagian yang membulat itu akan ditekan-tekan pada wajah. Alat yang digunakan mampu memancarkan frekuensi radio. Frekuensi radio tersebut akan memanaskan wajah hingga ke bagian lapisan terdalam. Tujuan utama pemanasan wajah ini adalah untuk merangsang produksi kolagen dari dalam.

Ketika kulit wajah mampu memproduksi kolagen dalam jumlah yang cukup, perubahan yang nyata pada permukaan kulit wajah akan langsung tampak. Perubahan signifikan yang tampak dalam waktu singkat inilah yang menjadi alasan banyak perempuan jatuh hati pada metode ini. Perawatan ini juga tak harus rutin dilakukan. Cukup dilakukan ketika merasa jumlah kerutan halus di wajah sudah terlalu banyak.

www.pexels.com

Manfaat Metode Setrika pada Wajah

Manfaat yang bisa dirasakan ketika menyetrika wajah cukup banyak. Perubahan yang signifikan juga akan tampak dalam waktu yang singkat. Hal ini membuat banyak perempuan merasa metode yang satu ini adalah cara yang paling efektif untuk melawan tanda-tanda penuaan dini. Namun, apa sajakah sesungguhnya manfaat dari metode ini:

  1. Menghilangkan Garis Halus

Garis halus adalah tanda penuaan dini yang paling banyak muncul. Tanda-tanda ini akan tampak di sekitar bagian pipi, dagu, dan dahi. Metode setrika yang diterapkan pada wajah akan mampu menyamarkan garis-garis halus tersebut. Dalam kasus tertentu bahkan garis-garis itu bisa dihilangkan sama sekali. Penyebabnya adalah pemanasan pada wajah yang kemudian merangsang produksi kolagen secara aktif oleh kulit wajah.

 

Garis-garis halus dapat hilang hanya dalam sekali perawatan. Bagian yang akan menghabiskan waktu paling lama ketika menjalankan metode ini adalah dahi. Garis-garis halus memang paling banyak muncul di sekitar bagian tersebut.

 

  1. Menghilangkan Kerutan

Cobalah perhatikan tepi kedua mata Anda. Jika Anda menemukan kerut-kerut yang lebih menumpuk dari biasanya, berarti Anda sudah mulai mengalami gejala penuaan pada kulit wajah. Cara termudah mendeteksinya memang dengan memperhatikan sekitar bagian mata. Lapisan kulit yang lebih tipis di sekitar bagian tersebut memang menjadi salah satu yang paling mudah berkerut ketika terjadi penuaan dini.

 

Memberikan terapi panas pada kulit wajah yang bisa meresap hingga ke lapisan terdalam mampu menghilangkan kerutan tersebut dengan cukup signifikan. Beberapa saat setelah perawatan dilakukan Anda akan langsung bisa melihat hasilnya. Keriput-keriput di area sekitar mata dan area lainnya di wajah akan tampak menyusut atau bahkan menghilang.

www.pexels.com
  1. Mengencangkan Kulit

Tanda lain yang tak kalah mengganggu dari penuaan dini adalah kulit yang tampak kendur. Tentunya masalah yang satu ini tak bisa dihilangkan hanya dengan sekedar menggunakan cream penghilang bopengatau berbagai krim lainnya yang dijual di pasaran. Lain halnya dengan metode setrika pada wajah. Masalah kulit yang tampak kendur ini bisa teratasi dengan cukup maksimal.

Hasil kulit yang terasa lebih kencang bisa langsung dirasakan tak lama setelah perawatan dilakukan. Pemanasan yang dilakukan memang bisa menarik saraf-saraf yang sudah kendur hingga kembali ke bentuknya semula. Selain itu kulit wajah juga akan terasa lebih kenyal dan sehat.

www.pexels.com

Efek Samping Setrika Wajah

Hasil optimal yang didatangkan oleh salah satu metode perawatan ini rupanya memiliki efek samping. Meski demikian efek samping yang ditimbulkan diklaim lebih sedikit dibanding dengan jenis perawatan lainnya. Selama dilakukan dengan prosedur yang tepat efek sampingnya akan hilang dalam waktu yang tidak terlalu lama. Beberapa efek samping dari perawatan ini ialah:

  • Kulit Kemerahan dan Bengkak

Kulit kemerahan bisa diakibatkan oleh rangsangan panas yang diterima wajah. Panas dari metode setrika yang menjalar sampai ke lapisan terdalam membuat wajah akan bereaksi dengan berubah warna menjadi merah. Jangan khawatir karena hal ini bukanlah masalah yang serius dan akan mereda setelah beberapa jam perawatan.

 

Beberapa pasien melaporkan kemerahan pada wajah diserta dengan kondisi wajah yang membengkak. Masalah ini juga bisa mereda dalam beberapa saat. Jika ingin lebih cepat reda Anda bisa mencoba mengompres wajah dengan air hangat.

www.pexels.com
  • Bekas Luka

Efek samping ini hanya akan timbul jika prosedur yang dilakukan salah. Bekas luka bisa timbul karena reaksi panas yang berlebihan sehingga kulit mengalami luka bakar. Selain itu bisa pula timbul salah satu area wajah yang warnanya menggelap karena masalah pigmentasi. Hal ini bisa dihindari selama Anda memilih dokter yang memang kompeten dan berpengalaman melakukan metode perawatan ini.

Metode setrika pada wajah relatif aman selama dilakukan oleh ahlinya. Ingatlah bahwa metode ini hanya boleh dijalankan oleh dermatolog atau dokter spesialis kulit, dokter bedah, atau ahli kecantikan yang sudah tersertifikasi secara resmi.

Hasil akhir dari metode setrika bisa berbeda-beda di setiap orang. Hasil yang didapat bisa bertahan lama selama Anda berusaha untuk benar-benar menjaga kesehatan wajah. Cara yang bisa dilakukan misalnya dengan rutin mnegkonsumsi vitamin E, menghindari makanan berminyak, dan menggunakan berbagai produk perawatan yang sesuai.

Hindari kebiasaan tidur tanpa terlebih dahulu membersihkan make up yang masih menempel. Hal tersebut bisa membuat kondisi wajah menjadi kian buruk dari waktu ke waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *