Peluang Industri yang Dipaparkan oleh Seminar Ekonomi Kreatif

www.pexels.com

Membahas mengenai perekonomian di Indonesia merupakan pembahasan yang menarik. Pembahasan mengenai perekonomian Indonesia tidak hanya diminati oleh para pebisnis tetapi diminati oleh semua kalangan masyarakat di Indonesia. Membahas mengenai perekonomian di Indonesia, ekonomi kreatif menjadi konsep perekonomian baru yang dijalankan di Indonesia. Ekonomi kreatif menerapkan kreatifitas, ide dan pengetahuan manusia untuk mendapatkan perekonomian utama. Di dalam menerapkan ekonomi kreatif, industri kreatif menjadi pihak yang dilibatkan. Menjadi sistem ekonomi yang penuh akan kreatifitas, tak ayal banyak pihak yang ingin mengetahui dengan pasti akan sistem ekonomi kreatif. Seminar ekonomi kreatif yang membangun merupakan salah satu tempat atau sarana yang dapat memberikan informasi mengenai ekonomi kreatif. Pembahasan yang dibahas melalui seminar perekonomian kreatif menjadi pondasi bagi masyarakat Indonesia untuk menghadapi sistem ekonomi kreatif yang diusung oleh negara tercinta kita ini.

Seminar Ekonomi Kreatif yang Membahas Karakteristik Ekonomi Kreatif

Sebagai salah satu acara yang membangun, seminar ekonomi kreatif memiliki banyak faedah yang akan didapatkan oleh para peserta seminar. Faedah utama yang akan didapatkan oleh peserta seminar adalah menerima informasi menyeluruh mengenai ekonomi kreatif yang dijalankan oleh pemerintah Indonesia. Narasumber memiliki pengetahuan besar akan ekonomi kreatif dan akan membagikannya kepada semua peserta seminar yang datang. Salah satu informasi yang akan didapatkan oleh para peserta seminar adalah informasi akan karakteristik yang dimiliki oleh ekonomi kreatif. Karakteristik yang dimiliki oleh ekonomi kreatif tentunya tidak dimiliki oleh sistem ekonomi yang lainnya. Berikut penjelasan mengenai karakteristik ekonomi kreatif yang dibahas di dalam seminar:

* Konsep ekonomi kreatif bersifat relatif
* Ekonomi kreatif berbasis pada gagasan atau ide
* Pengembangan ekonomi yang tak terbatas pada bidang usaha tertentu
* Ekonomi kreatif membutuhkan kolaborasi atau kerjasama yang dilakukan oleh cendikiawan, pemerintah dan dunia usaha. Aktor-aktor tersebut merupakan persyaratan yang mendasar jika ingin mengembangkan ekonomi kreatif.

Karakteristik yang dimiliki oleh ekonomi kreatif sangat sesuai diterapkan di era digital saat ini. di era yang serba canggih ini, ekonomi kreatif sangat tepat untuk diterapkan. Ekonomi kreatif bahkan menjadi modal penting untuk menjalankan kehidupan di era digital saat ini. Jika diperhatikan dengan seksama, ekonomi kreatif mengalami perkembangan yang cukup pesat. Peningkatan tersebut bahkan akan terus meningkat setiap waktunya hingga tahun 2019 nanti. Teknologi digital sangat membantu pertumbuhan ekonomi kreatif yang dijalankan oleh pemerintah Indonesia. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan pertumbuhan ekonomi kreatif di jaman digital saat ini, diantaranya:

* Pertumbuhan pengguna layanan data

Dari pembahasan yang dijelaskan oleh narasumber seminar ekonomi kreatif, sistem perekonomian kreatif dapat berkembang saat ini akibat pertumbuhan pengguna layanan data. Pengguna internet di Indonesia sangatlah besar. Dengan jumlah pengguna layanan data yang besar, ekonomi kreatif di era digital  tentunya dapat berkembang dengan pesat. Segala macam kegiatan perekonomian yang berkaitan dengan dunia digital akan semakin meningkat dan selaras dengan jumlah pengguna layanan data saat ini.

* Pengguna media sosial yang meningkat

Berbicara mengenai era digital, keberadaan media sosial bukan menjadi hal yang aneh. Jika diperhatikan dengan seksama, pengguna media sosial selalu bertambah setiap harinya. Jumlah pengguna media sosial akan membantu meningkatkan sistem ekonomi kreatif di Indonesia. Masyarakat yang merupakan kaum milenial saat ini akan menggunakan media sosial untuk mendapatkan kebutuhannya. Salah satu kebutuhan yang akan didapatkan oleh masyarakat melalui media sosial adalah layanan ekonomi kreatif.

Peluang Industri Kreatif Melalui Seminar Ekonomi Kreatif

Industri kreatif yang saat ini hadir di tengah masyarakat belum mencapai titik jenuh. Pasar atau bisnis yang berkaitan dengan industri kreatif akan tumbuh berkembang seiring dengan gaya masyarakat dalam menjalankan perekonomiannya. Menilik informasi melalui seminar ekonomi kreatif, peluang menjalankan industri kreatif masih terbuka dengan lebar. Pelaku industri kreatif semakin meningkat dengan sistem ekonomi kreatif yang diusungnya. Tidak hanya berdasarkan dengan sistem ekonomi kreatif, perkembangan teknologi digital juga menjadi alasan terbukanya peluang industri kreatif yang dapat dijalankan masyarakat saat ini. perkembangan ekonomi Indonesia akan terus berkembang selama sistem ekonomi kreatif dapat dijalankan dengan baik. Ekonomi kreatif dapat berkembang dengan hadirnya market place yang saat ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat modern. Market place sendiri merupakan lahan yang dapat dimanfaatkan oleh industri kratif untuk mengembangkan ekonomi kreatif masa kini. Setiap masyarakat dapat melakukan segala macam kegiatan ekonomi melalui market place tersebut. Pemasaran dan kegiatan ekonomi tentunya dapat terjadi dengan sendirinya dengan keberadaan market place.

Ekonomi kreatif yang memberikan hal-hal positif bagi masyarakat Indonesia tentunya menjadi sistem perekonomian yang layak untuk dijalankan. Ekonomi kreatif yang memiliki dampak pada industri kreatif memiliki 16 jenis subsektor industri kreatif. Fotografi, televisi, radio, aplikasi pengembangan permainan, seni rupa, arsitektur, desain komunikasi visual, musik, kuliner, film, seni pertunjukan, desain interior, kriya, desain produk dan periklanan menjadi bagian dari 16 jenis subsektor. Hal serupa juga dijelaskan melalui seminar ekonomi kreatif. Meskipu memiliki banyak subsektor, hanya beberapa subsektor ekonomi kreatif yang saat ini berkembang dengan baik, yakni, fashion, seni rupa dan kuliner. Berikut penjelasan mengenai ketiga subsektor ekonomi kreatif yang membangun:

* Fashion

Subsektor ekonomi kreatif yang membangun dapat dilihat dari subsektor fashion. Perkembangan dari subsektor fashion bahkan sangat dinamis dan berkembang dengan sangat baik. Setiap tahunnya, masyarakat Indonesia akan dihadirkan dengan inovasi desain yang dihadirkan oleh para desainer. Dengan peningkatan fashion yang cukup tinggi, ekonomi kreatif di Indonesia juga semakin meningkat.

* Seni rupa

Seni rupa yang ada di Indonesia telah mengalami perkembangan yang cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya pameran karya seni yang dilakukan di beberapa kota di Indonesia. Dari pameran yang diadakan, kegiatan ekonomi kreatif dapat terjadi. Selama pertunjukan, kegiatan membeli dan menjual karya seni dapat dilakukan. Kegiatan membeli dan menjual karya seni menjadi salah satu kegiatan ekonomi kreatif yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia saat ini.

* Kuliner

Ekonomi kreatif dapat berkembang melalui kuliner di Indonesia. Potensi pertumbuhan ekonomi kreatif melalui kuliner sangatlah besar. Kegiatan perekonomian kreatif dapat berjalan dengan baik akibat meningkatnya minat masyarakat akan kuliner Indonesia. Anggapan mengenai kuliner yang dapat meningkatkan ekonomi kreatif di Indonesia juga disetujui oleh para narasumber seminar di berbagai lokasi. Narasumber yang memiliki pengetahuan dasar mengenai ekonomi kreatif dan penelitian terhadap kegiatan perekonomian masyarakat Indonesia memiliki bukti dan alasannya tersendiri mengenai subsektor kuliner yang mampu memberikan dampak baik bagi sistem ekonomi kreatif. Jika Anda ingin mengetahui penjelasan lebih lanjut mengenai ekonomi kreatif, ada baiknya untuk mendatangi seminar-seminar yang membahas mengenai ekonomi kreatif. Selain mendapatkan informasi mengenai ekonomi kreatif, Anda juga akan mendapatkan tas seminar sebagai salah satu jenis cinderamata yang diberikan oleh pengurus seminar kepada para peserta seminar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*