pendidikan

Tips Memahami Pelajaran Sekolah Dasar agar Lebih Menyenangkan

February 24, 2020

Bicara mengenai pelajaran sekolah dasar, sudah pasti ada yang disukai dan tidak. Tak jarang pula anak-anak bosan menghadapi pelajaran di sekolah. Apalagi, anak usia SD memiliki karakteristik tersendiri yang kadang sulit ditebak. Oleh karenanya, sebagai pengajar perlu menggali karakteristik murid agar bisa menerapkan metode pembelajaran terbaik bagi murid.

Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, diperlukan upaya-upaya yang sifatnya komprehensif terhadap kemampuan guru dalam memanfaatkan metode baru, termasuk teknologi sebagai sumber bahan ajar. Jangan sampai, tenaga pendidik mengajarkan metode monoton, sehingga pembelajaran jadi terkesan “teacher sentris” atau hanya menjadi ruang bagi guru bicara.

Dengan memanfaatkan teknologi dan metode-metode baru yang lebih fleksibel, siswa SD pun dapat belajar dengan lebih menyenangkan. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan oleh tenaga pendidik untuk lebih efektif dalam pengajaran. Cara efektif yang bisa dilakukan agar kegiatan belajar siswa lebih menyenangkan, di antaranya:

  1. Mengawali belajar dengan yel-yel

Agar semangat belajar siswa bangkit, sebelum memulai kegiatan belajar – mengajar, guru bisa mengajaknya untuk bernyanyi atau meneriakkan yel-yel. Bisa pula dengan melakukan tepuk tangan dari pola lambat ke cepat. Tentu saja, tujuannya agar di awal pembelajaran anak-anak siap memulainya dengan semangat.

  1. Belajar dengan permainan

Anak usia SD pasti masih senang bermain. Oleh karenanya, buatlah metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak dengan cara mempraktikkan beberapa permainan yang edukatif. Dengan belajar sambil bermain, anak-anak juga akan lebih banyak bergerak yang tentunya hal ini sangat baik untuk perkembangan motoriknya.

Selain permainan gerak, Anda juga bisa melakukan pembelajaran dengan metode menggambar. Andak-anak tentu suka menggambar atau mewarnai. Anda bisa menyediakan alat-alat mewarnai dan menggambar, kemudian manfaatkanlah momen ini untuk menjelaskan materi yang sedang dipelajari. Dengan cara ini, anak-anak jadi mudah mengerti pelajaran, bahkan mengasah kemampuan seninya.

stocksnap.io
  1. Memperbanyak belajar berkelompok

Metode pembelajaran berkelompok juga sangat baik dilakukan untuk anak tingkat SD. Sebab, di sinilah anak-anak akan banyak berdiskusi dan bertukar pikiran dengan temannya dan belajar berkerjasama dalam sebuah tim. Memang aka nada saja tingkah dan polah menggemaskan mereka, tetapi justru Anda jadi lebih bisa mengenal karakter mereka masing-masing dengan cara ini.

Belajar berkelompok juga bisa melatih anak lebih percaya diri berbicara di depan umum dan teman sebayanya. Apalagi, jika dilanjutan dengan mempresentasikan hasil diskusi selama belajar bersama, tentunya ini akan membuat kepercayaan diri murid semakin meningkat. Namun demikian, pembimbingan dan pengawasan selama diskusi berlangsung juga sangat diperlukan.

  1. Memperbanyak praktik

Lebih mudah bagi anak usia sekolah dasar untuk memahami apa yang diajarkan dengan memberikan contoh langsung atau praktik. Misalnya, saat materi ajar memperkenalkan flora dan fauna, maka guru bisa mulai mengajak anak-anak ke luar kelas dengan memperlihatkan langsung bagaimana hewan berjalan dan memperkenalkan langsung struktur tumbuhan.

  1. Menjalin interaksi

Usahakan untuk selalu malakukan komunikasi dua arah dengan anak-anak dan jangan sampai hanya melakukan komunikasi searah. Jangan sampai interaksi yang dilakukan guru dan murid menjadi sangat monoton dan anak murid menjadi takut pada gurunya. Faktanya, komunikasi dua arah yang dilakukan guru dan murid bisa menjadi interaksi yang paling baik.

Selain itu, guru juga tidak bisa memaksakan murid memahami pelajaran dengan cara yang terlalu keras. Anda bisa memulainya dengan pengkondisian terlebih dahulu, sebelum memulai proses belajar – mengajar. Interaksi dua arah juga bisa menjadi “pancingan” terlebih dahulu agar anak menjadi antusias untuk memulai pelajaran.

stocksnap.io
  1. Menggunakan audio-visual

Pembelajaran dengan memanfaatkan audio-visual bisa membuat anak tidak gampang bosan saat proses belajar. Sekolah-sekolah di perkotaan biasanya sudah menyediakan ruang audiovisual khusus atau projector di masing-masing kelas untuk menunjang proses belajar – mengajar. Hal ini tentunya perlu dimanfaatkan secara maksimal oleh para guru.

Para guru bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk menonton film edukasi yang berhubungan dengan materi yang sedang dibahas. Selain itu, bisa juga mencarikan materi di internet dengan media audiovisual yang terkait dengan materi. Dengan begitu, murid menjadi lebih semangat untuk melakukan pembelajaran  dan semakin mudah mengerti materi yang tengah dibahaskan.

  1. Memanfaatkan teknologi internet

Pembelajaran berbasis internet sudah seharusnya diperkenalkan sedari dini. Bagi siswa SD, sudah mulai harus dibiasakan belajar menggunakan teknologi internet agar bangsa ini tidak tertinggal dengan negara-negara lainnya yang sudah memanfaatkan internet dan teknologi digital untuk menunjang pendidikan.

Untuk itu, sudah seharusnya para guru memahami lebih dahulu tentang dunia internet dan digital sebelum menerapkan pembelajaran pada siswa. Sudah banyak situs belajar gratis yang bisa digunakan untuk sarana belajar, seperti edutore.com yang sangat mudah diakses di mana saja dan kapan saja.

Bicara soal belajar gratis di Internet, Anda bisa memanfaatkan banyak sekali situs. Edutore.com merupakan situr belajar online gratis yang bisa diakses oleh siapa saja. Layanan ini diberikan secara cuma-cuma oleh Gramedia dan bisa dinikmati di mana saja asalkan terhubung dengan internet. Mulai dari pelajaran sekolah dasar hingga latihan soal dan artikel lengkap tersedia di situs ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *