furniture

Menyiasati Rumah Type 36 Agar Terlihat Lebih Luas

March 29, 2019

Rumah merupakan kebutuhan primer seluruh umat manusia. Rumah ini nantinya akan menjadi tempat berlindung dari teriknya sinar matahari atau dari derasnya hujan di kala musim hujan. Tetapi untuk memilih atau membeli sebuah rumah, memerlukan banyak pertimbangan. Salah satunya adalah tipe rumah apa yang akan digunakan. Perlu diketahui, ada banyak tipe rumah yang biasanya ditawarkan oleh developer perumahan. Biasanya dimulai dari tipe paling kecil yaitu rumah type 36, rumah type 45, dan type-type lainnya.

 

Type rumah ini biasanya akan disesuaikan dengan jumlah penghuninya. Semakin banyak jumlah penghuninya, biasanya akan semakin besar type rumah yang akan dibeli. Selain itu, membeli sebuah rumah juga disesuaikan dengan budget yang ada. Semakin kecil type sebuah rumah, maka harganya akan semakin murah. Lebih lanjut, memilih sebuah rumah juga perlu memperhitungkan lingkungan sekitar. Apakah lingkungan sekitarnya aman atau tidak, dan bagaimana pergaulan yang ada di sekitar lingkungan rumah tersebut.

 

Semua perlu dipertimbangkan dengan matang. Bagi anda yang sedang membangun sebuah keluarga baru, maka type rumah yang cocok untuk anda adalah type 36. Rumah type ini bentuknya minimalis dan tidak terlalu luas. Sehingga cocok untuk ditempati pengantin baru atau keluarga dengan satu atau dua anak. Rumah type ini biasanya ditawarkan developer perumahan dengan harga yang terjangkau. Rumah type ini biasanya dilengkapi dengan berbagai ruangan dalam rumah. Luas tanah untuk rumah type ini biasanya 60 meter persegi dan type 36 ini berarti 36 meter persegi luas bangunannya. Sehingga terdapat sisa lahan kosong yang lumayan banyak yang biasanya digunakan untuk taman atau garasi dengan carpot. Nah perlu anda ketahui, ruangan-ruangan yang ada dalam rumah type ini juga cukup lengkap.

 

Rumah type ini biasanya terdiri dari 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga atau ruang makan, dapur, 1 kamar mandi, 2 kamar tidur dan carpot sebagai garasi kendaraan anda. Type rumah ini biasanya dibangun dengan desain interior open space sehingga tidak ada sekat antara ruangan satu dengan yang lainnya. Namun ada juga yang memiliki desain interior dengan sekat setiap ruangannya.

Ada beberapa yang berpendapat bahwa rumah type 36 ini cukup kecil sehingga bingung bagaimana meletakkan furnitur rumah yang sudah dibeli jauh-jauh hari. Untuk menyiasatinya, berikut beberapa cara untuk mengubah type rumah 36 menjadi terlihat lebih luas.

pexels.com
  1. Bagian ruang tamu

Bagian ruang tamu ini bisa disiasati dengan pemilihan furnitur yang tepat. Misalnya saja menggunakan sofa panjang dan meja berbentuk bundar atau persegi dengan ukuran yang kecil. Untuk hiasan dinding cobalah menggunakan cermin atau dengan lukisan-lukisan minimalis. Jangan lupa juga memberikan gorden pada bagian jendela ruang tamu yang bisa dengan mudah ditemukan di belanja online atau toko-toko biasa. Tinggal gunakan saja kata kunci gorden Jakarta, gorden Surabaya, gorden Palembang dan kota lain tergantung kota tempat tinggal anda.

  1. Bagian kamar

Kemudian untuk menyiasati bagian kamar agar terlihat luas, maka cobalah untuk menempatkan meja di samping tempat tidur dengan bentuk permukaan meja lingkaran atau setengah lingkaran. Dengan bentuk meja seperti ini, maka akan membuat ruangan kamar terlihat lapang.

  1. Bagian ruang keluarga

Untuk menyiasati bagian ruang keluarga, maka cobalah untuk membuat loft pada dinding bagian ruang keluarga. Loft ini bisa dijadikan tempat penyimpanan barang atau tempat belajar dan duduk-duduk saat bersantai dengan keluarga.

  1. Bagian dapur

Jika bagian dapur terlalu sempit, maka cobalah menempatkan meja lipat untuk meja makannya. Meja lipat ini biasanya bisa ditempelkan di dinding saat sedang tidak digunakan.  Hal ini tentu akan memperluas ruang dapur saat sedang tidak makan bersama.

pexels.com

Desain Minimalis Rumah Type 36 yang Cocok Untuk Pengantin Baru

Bagi para pengantin baru, tentu akan banyak kebutuhan yang diperlukan untuk membangun sebuah keluarga baru. Keperluan ini tentunya tidak bisa terlepas dari kesiapan finansial yang dimiliki. Beberapa hal penting yang dibutuhkan oleh para pengantin baru adalah rumah. Rumah menjadi hal penting yang harus dipersiapkan untuk para pengantin baru. Membangun keluarga sendiri dengan sudah memiliki rumah menjadi salah satu bukti kemandirian dari para pengantin baru. Dalam memilih sebuah rumah, tentu tidak boleh sembarangan.

 

Jika anda adalah pengantin baru yang belum memiliki rumah sendiri dan berencana membeli sebuah rumah, maka cobalah anda untuk berpikir dengan matang rumah yang seperti apa yang akan anda tinggali dengan keluarga baru anda. Jangan sampai salah dalam memilih rumah atau nantinya akan menyesal. Di era yang semakin maju ini, sudah banyak developer perumahan yang menawarkan berbagai jenis type rumah dengan harga yang cukup masuk akal. Tentu walaupun harganya tidak selangit, anda juga tidak boleh gegabah langsung membeli sebuah rumah.

 

Pikirkan apakah budget yang anda miliki cocok dan rumahnya juga pas di hati anda. Developer perumahan ini pasti akan menawarkan rumah yang minimalis ataupun rumah yang megah seperti istana. Lagi-lagi pemikiran anda yang matang sangat diperlukan dalam hal ini. Jika anda memiliki budget yang tidak banyak, dan ingin menyisihkan sebagian uang anda untuk kebutuhan mendatang, maka rumah type 36 adalah type rumah yang cocok untuk anda dan pasangan. Bagaimana tidak, rumah ini adalah rumah type minimalis yang memang diperuntukkan untuk keluarga baru atau keluarga dengan satu atau dua anak. Type rumah yang satu ini juga bisa anda renovasi sendiri untuk bisa tampil lebih elegan dan enak dipandang mata. Sehingga tidak terlihat begitu-begitu saja.

Rumah minimalis type 36 ini, bisa menjadi rumah elegan dan indah jika anda mempunyai kreativitas yang tinggi dalam merenovasi desain-desain rumah khas zaman sekarang. Jangan takut untuk berinovasi karena bisa jadi inovasi anda akan menjadikan rumah anda menjadi beda dari biasanya. Nah jika anda belum mempunyai ide bagaimana akan merenovasi rumah minimalis type 36 anda, maka berikut ini beberapa desain yang bisa anda terapkan pada rumah minimalis anda.

  1. Desain bagian depan dan ruang tamu

Bagian depan rumah dan ruang tamu adalah hal pertama yang akan dilihat oleh para tamu anda. Jangan memberikan kesan pertama yang jelek dan sesak pada tamu anda karena ruang tamu yang desainnya salah sehingga ruangan terlihat penuh. Pembuatan rumah minimalis type 36 ini memang tidak banyak mengeluarkan biaya karena keterbatasan lahan. Nah untuk membuatnya menjadi lebih elegan, maka cobalah untuk memberi warna eksterior rumah dengan menggunakan warna abu-abu, hitam atau putih. Warna-warna tersebut bisa membuat rumah terlihat elegan dan indah. Kemudian untuk bagian ruang tamu yang merupakan wajah rumah, cobalah untuk menempatkan sofa yang ukurannya tidak terlalu besar. Satu sofa saja sudah cukup dan jangan lupa untuk melengkapinya dengan menggunakan meja yang minimalis.

  1. Desain kamar tidur

Tak kalah penting dari bagian depan rumah, kamar tidur juga merupakan bagian rumah yang paling penting. Bagaimana tidak, kamar tidur adalah tempat untuk beristirahat dan melepas penat, sehingga harus dibuat senyaman mungkin. Cobalah untuk tidak memasang terlalu banyak furnitur. Cukup kasur yang disesuaikan dengan ukuran kamar, side table yang minimalis dan jangan lupa pasang lampu yang pencahayaannya pas sehingga tidak membuat mata sakit. Jangan lupa juga untuk memasang hiasan dinding atau wallpaper untuk mempercantik tampilan kamar tidur anda.

  1. Desain ruang keluarga

Bagian dalam rumah yang lain yang tidak kalah penting adalah ruang keluarga. Ruangan ini menjadi sangat penting karena tempat untuk bersantai dengan orang-orang tercinta. Buatlah ruang keluarga anda senyaman mungkin agar semua warga rumah betah di dalam rumah. Anda bisa memilih meja dan kursi minimalis dan juga jangan lupa tambahkan lemari kecil untuk menyimpan foto atau hiasan-hiasan koleksi anda. Untuk menambah kenyamanan, jangan lupa menggunakan pengharum ruangan agar ruangan menjadi wangi dan nyaman untuk ditempati. Jangan lupa, ukuran furnitur yang ada di ruangan ini harus disesuaikan dengan luas ruangan sehingga nantinya tidak akan terlalu sempit.

  1. Desain dapur dan kamar mandi

Bagian dapur dan kamar mandi adalah dua ruangan yang paling sering dikunjungi ketika anda sedang ada di rumah. Kebersihan dari keduanya sangatlah penting karena jika kotor sedikit saja, bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri dan virus sehingga bisa menyebabkan banyak penyakit. Untuk bagian dapur, anda bisa menggunakan kabinet dapur yang warnanya sudah anda padu-padankan dengan dinding. Selain itu gunakan furnitur dapur yang terbuat dari bahan kayu atau stainless. Mengapa demikian? Kedua bahan tersebut akan jauh lebih mudah untuk dibersihkan sehingga dapur selalu terlihat bersih dan indah untuk dipandang. Kemudian untuk bagian kamar mandi, penataannya bisa lebih fleksibel. Anda bisa menggunakan kamar mandi kering ataupun basah dengan menggunakan bathtub atau shower bahkan bak mandi. Toiletnya pun bisa anda sesuaikan senyaman anda, seperti menggunakan wc duduk atau jongkok. Jangan sampai juga kamar mandi Anda dipenuhi jamur seperti green mold, brown mold, atau yang lain.

  1. Desain warna yang tepat

Hal yang tidak kalah penting untuk rumah type 36 adalah penataan warna yang tepat. Rumah type ini terbilang cukup sempit sehingga dengan bermain warna akan membuat rumah menjadi terlihat lebih luas. Sesuaikan warna interior rumah dengan furnitur yang anda miliki. Disarankan untuk bagian dalam dan luar rumah diwarnai dengan warna monokrom atau gelap sehingga akan terlihat lebih luas dan elegan.

pexels.com

Hiasan Untuk Rumah Baru Minimalis Anda

Memiliki rumah baru adalah impian setiap orang di muka bumi ini. Dengan memiliki rumah baru, maka keberhasilan seseorang bisa dinilai dari situ. Jika dilihat dari perkembangan zaman, membeli sebuah rumah menjadi hal yang tidak sulit lagi. Mengapa demikian, karena sudah banyak developer perumahan yang menawarkan harga rumah baru dengan harga yang bersahabat. Tidak hanya itu, ada banyak type rumah yang bisa anda pilih untuk dibeli. Pembelian sebuah rumah pun bisa dilakukan dengan cara cash atau kredit. Semua tergantung dari pilihan dan budget yang anda miliki. Ketika anda sudah memiliki sebuah rumah baru, tentu hiasan atau furnitur yang ada di dalam rumah baru anda juga perlu diperhatikan. Lalu, hiasan atau furnitur apa saja yang dibutuhkan untuk mengisi di setiap bagian ruangan rumah baru anda. Berikut beberapa daftar hiasan rumah yang perlu anda persiapkan.

  1. Meja dan Kursi

Hal pertama yang perlu anda persiapkan untuk mengisi rumah baru anda adalah meja dan kursi. Pada bagian ruang tamu, cobalah untuk meletakkan sofa dan meja kopi yang sesuai dengan selera anda. Jika rumah anda adalah rumah type 36, maka disarankan untuk memilih sofa dengan sandaran tangan dan meja kopi dengan permukaan lingkaran. Mengapa demikian? Type rumah ini terbilang sangat minimalis dan tidak memiliki banyak ruang, sehingga dengan menggunakan kedua furniture tersebut, ruang tamu akan terlihat lebih luas. Pemilihan sofa di ruang tamu juga memiliki kesan bahwa tuan rumah menyambut hangat kedatangan tamu ke rumah anda. Hiasi juga bagian jendela ruang tamu dengan gorden motif minimalis sehingga akan terkesan lebih elegan. Cari gorden minimalis di toko-toko gorden Surabaya, Jakarta, dan kota-kota lainnya sesuai dengan tempat tinggal anda.

  1. Meja makan

Pemilihan meja makan yang biasanya terletak dekat dengan dapur juga harus dipilih dengan seksama. Pilih meja makan dengan warna coklat yang terbuat dari kayu agar terlihat elegan dan menambah kenyamanan saat makan bersama dengan keluarga. Jangan lupa untuk menambah hiasan seperti vas bunga atau taplak meja yang polos sehingga menambah keindahan meja makan anda.

pexels.com
  1. Tempat Tidur

Tempat tidur menjadi furnitur yang penting untuk rumah baru anda. Pilih tempat tidur yang ukurannya sesuai dengan luas kamar anda. Pilihlah tempat tidur yang nyaman dan empuk sehingga anda bisa tidur dengan nyenyak dan terbangun dalam keadaan yang sehat dan segar. Tempat tidur ini sangat menentukan kesegaran anda saat bangun di pagi hari. Tempat tidur yang tidak nyaman akan membuat anda tidur tidak nyenyak dan badan menjadi sakit semua keesokan harinya.

  1. Hiasan Dinding

Dalam setiap rumah dinding pada setiap bagian rumah tidak boleh kosong. Anda bisa hiasi dinding anda dengan bingkai foto dengan keluarga atau lukisan yang minimalis. Anda juga bisa menghiasi bagian dinding dengan menggunakan cermin ilusi yang dampaknya bisa membuat ruangan dalam rumah anda menjadi terlihat lebih luas.

  1. Lemari dapur dan kabinet serbaguna

Jika rumah anda adalah rumah minimalis type 36, maka diperlukan penataan ruangan yang tepat. Simpan barang-barang yang tidak terlalu penting pada kabinet serbaguna. Kabinet serbaguna ini bisa anda letakkan pada bagian ruang keluarga. Pilih warna kabinet yang gelap sehingga akan menambah elegan setiap sisi ruangan dalam rumah anda. Untuk bagian dapur, anda bisa membeli lemari dapur yang memiliki tipe gantung sehingga tidak akan memakan banyak tempat. Lemari dapur ini bisa berguna untuk menyimpan perlengkapan memasak anda sehingga tidak akan tersebar di sembarang tempat. Anda bisa memilih lemari dapur yang terbuat dari bahan kayu atau stainless agar lebih mudah untuk dibersihkan.

 

Nah itulah beberapa hiasan atau furnitur untuk rumah baru anda. Anda bisa persiapkan mulai dari sekarang sebelum membeli rumah baru anda. Jika anda ingin memasang gorden di setiap jendela rumah anda, disarankan untuk memilih gorden dengan motif sederhana atau polos. Gorden dengan motif seperti ini terkesan tidak heboh dan terlihat mewah serta elegan. Anda bisa mencari di toko-toko gorden yang ada di kota anda, seperti toko gorden Surabaya, jakarta, yogyakarta dan kota lain seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Jadi, jangan lupa untuk mempersiapkan segala hal dengan matang untuk menghiasi rumah baru anda.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *