Rangkaian Bunga

Sekarang ini banyak sekali masyarakat yang menggunakan rangkaian bunga baik itu untuk kabar duka maupun bahagia seperti ulang tahun, pernikahan, wisuda dan perayaan lainnya. Maka dari itu tidak heran jika banyak sekali toko bunga Jakarta yang menyediakan berbagai pelayanan rangkai bunga sesuai dengan permintaan konsumen, untuk harganya sendiri di bandrol sesuai dengan tingkat kerumitan dan juga jenis bunga yang di pakai.

Anda juga bisa merangkainya sendiri, hal ini di lakukan oleh sebagain besar orang karena mereka merasa akan lebih terasa spesial jika di rangkai sendiri. Adapun berbagai bunga yang bisa anda pilih di toko bunga Jakarta, pemilihan jenis bunga dapat di sesuaikan dengan kepribadian orang tersebut, atau melihat arti makna dari bunga yang anda pilih.

Praktek atau cara untuk merangkai bunga tidak semudah apa yang di lihat, anda harus mengetahui terlebih dahulu berbagai tips dan triknya agar rangkaian bunga yang di hasilkan terlihat indah. Selain untuk hadiah rangakain bunga juga sangat bagus di gunakan sebagai dekorasi rumah, bunga tersebut akan membuat suasana rumah menjadi lebih asri dan terlihat lebih indah tentunya.

www.pexels.com

Tips Merangkai Bunga Dengan Indah

Terdapat berbagai tips dan cara yang bisa anda lakukan untuk membuat rangkaian bunga spesial dengan mudah dan simpel, setiap rangakain bunga berbeda- beda harus di sesuaikan dengan kegunaannya. Sebenarnya jika di pelajari dengan sungguh- sungguh merangkai bunga bisa di lakukan oleh siapa saja, adapun berbagai tips tersbut ialah sebagai berikut :

  1. Menentukan Konsep

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan konsep, rangkaian bunga seperti apa yang di inginkan dan untuk acara atau momen seperti apa rangkaian bunga tersebut di butuhkan sehingga pada akhirnya ketika sudah jadi sesuai dengan apa yang di harapkan.

Penentuan konsep ini akan mempengaruhi jenis bunga yang akan di gunakan, dari mulai warna hingga perpaduan dengan bunga lainnya akan di sesuaikan dengan konsep yang telah di tetapkan. Hal ini di sebabkan setiap rangakaian bunga memiliki arti atau maksud masing- masing, maka kita bisa bedakan rangkaian bunga yang formal di pernikahan dengan rangkaian bunga untuk menghiasi rumah itu berbeda.

  1. Pemilihan Bunga Yang Di Gunakan

Bunga memiliki banyak jenis dari mulai yang memiliki volume besar samopai yang kecil, dari mulai warna yang cerah sampai dengan warna yang soft. Bunga tersebut bisa anda pilih untuk di rangkai sesuai dengan style dan konsep yang anda inginkan, jika anda menginginkan rangakain bunga yang simpel namun terlihat cantik maka gunakanlah bunga yang memiliki volume sedang dengan warna yang soft.

Namun jika anda menginginkan rangkaian bunga yang terlihat mewah maka gunakanlah perpaduan bunga yang bervolume dengan yang ramping maka akan menghasilkan rangkaian bunga indah, di dalam satu rangkaian bunga akan lebih bagus jika terdapat satu jenis bunga yang menonjol dari pada yang lainnya dan di tempatkan sebagai pusat.

www.pexels.com
  1. Pemilihan Vas Bunga

Vas bunga memiliki beraga bentuk dan juga ukuran, ukuran vas bunga akan berpengaruh terhadap bentuk rangkaian bunga yang di hasilkan. Pemilihan vas bunga biasanya di sesuaikan dengan konsep awal yang telah di tetapkan, jika rangkaian bunga yang di hasilkan ingin terlihat klasik dan elegan maka di sarankan anda menggunakan vas bunga dari kaca dengan ukuran yang tinggi.

Rangkaian bunga yang di tempatkan pada vas kaca sangat cocok di simpan di ruang tamu ataupun meja makan, ketika anda merangkai bunga juga tidak harus di simpan di dalam vas. Beberapa orang hanya mengikat rangkaian bunga tersebut menggunakan pita, rangkaian bunga seperti ini biasanya di gunakan untuk hadiah ulang tahun atau ketika datang ke wisuda teman.

  1. Mengukur Ketinggian Bunga

Setiap bunga pastinya memiliki tangkai yang berbeda- beda, ini dapat anda atur dengan cara memotongnya sesuai dengan yang di inginkan tentunya di sesuaikan juga dengan bentuk dan ukuran vas yang telah anda pilih pada langkah sebelumnya. Selain itu jangan lupa singkirkan terlebih dahulu duri yang terdapat dalam tangkainya, biasanya bunga mawar dan rose memiliki duri yang cukup tajam.

Akan terlihat lebih bagus jika bunga yang telah anda pilih di potong dengan ukuran tinggi yang beragam, hal ini akan memudahan dalam merangkai dan melihat bunga yang mana yang lebih di tonjolkan. Ini akan terlihat lebih bagus jika di bandingkan ketika anda memotong bunga tersebut dalam ukuran yang sama.

  1. Tahap Merangkai

Tahapan ini merupakan tahap yang paling menentukan rangkaian tersebut akan menjadi seperti apa, biasanya hal ini juga di tentukan oleh selera si perangkai. Sebenarnya bagian ini sangatlah mudah ketika anda telah melakukan langkah- langkah sebelumnya dengan benar, dan yang paling penting pilihlah bunga yang senada sehingga warna yang di timbulkan tidak terkesan norak.

Tempatkanlah bunga yang memiliki volume besar berada di pusat, dan bunga yang memiliki ukuran lebih kecil di tempatkan di sekelilingnya dengan begitu maka rangakaian bunga akan menjadi lebih seimbang serta bagus di lihat. Untuk membuat rangakain tersebut tetap dalam keadaan rapih sebelum di masukan ke vas bunga atau di ikat menggunakan pita maka gunakan kawat dan juga lem untuk mengikatnya.

  1. Gunakan Aksesoris

Untuk melengkapi keindahan dari rangkaian bunga yang telah di buat, maka langkah selanjutnya adalah memilih aksesoris yang akan di gunakan. Pilihlah aksesoris yang sederhana dan bisa membuat bunga semakin menarik, biasanya aksesoris yang di gunakan terdiri dari beberapa bunga yang memiliki ukuran kecil dan panjang sejenis pakis yang masih baby. Letakanlah tumbuhan tersebut di pinggir atau sela- sela antara bunga satu dengan bunga yang lainnya.

www.pexels.com

Jenis Rangkaian Bunga

Rangkaian bunga sendiri memiliki berbagai macam jenis dan kegunaan, setiap jenis yang memiliki fungsi yang berbeda tentunya akan memiliki desain yang berbeda. Contohnya saja rangkaian bunga untuk memberi ucapan selamat dengan ucapan berita duka tentunya akan berbeda, adapun beberapa fungsi dari rangkaian bunga ialah sebagai berikut :

  1. Rangkaian Bunga Untuk Hiasan Meja

Bagi anda para pecinta bunga, pastilah rangkaian bunga seperti ini sudah tidak asing lagi. Biasanya bisa anda temukan di ruang tamu dan juga meja makan, dengan adanya rangkaian bunga akan membuat suasana menjadi lebih romantis dan mempercantik tampilan rumah tentunya.

Biasanya rangkaian bunga untuk hiasan di meja baik itu meja makan atau meja di ruang tamu menggunakan vas, jumlah bunga yang di rangkai biasanya tidak terlalu banyak. Terdapat banyak fungsi dan kegunaan jika anda menyimpan bunga hidup di dalam rumah salah satunya adalah membuat pikiran anda menjadi lebih fokus.

  1. Rangkaian Bunga Untuk Hand Bouquet

Hand bouquet biasanya di gunakan pada saat pernikahan, ada banyak sekali jenis rangakaian bunga hand bouquet yang dapat anda gunakan di hari pernikahan anda. Pada umumnya hand bouquet ini menggunakan bunga yang ramping, sehingga ketika di pegang sang pengantin terlihat elegan.

Dalam satu rangkaian bunga tersebut biasanya hanya terdiri beberapa tangkai bunga, kemudian di gabungkan dengan aksesoris untuk mempercantik tampilannya. Hand bouquet ini juga tidak hanya ada dalam pernikahan saja, anda bisa menggunakannya sebagai hadiah pada wisuda teman atau sang kekasih tentunya dengan desain yang berbeda dengan yang ada di pernikahan.

  1. Rangkaian Bunga Pada Papan

Rangkaian bunga dengan menggunakan papan memiliki berbagai fungsi yang berbeda- beda, ada yang di gunakan untuk memberi ucapan selamat namun sebaliknya ada rangkaian bunga papan ini biasa juga di gunakan untuk memberikan ucapan turut berduka cita. Tidak seperti rangkaian bunga sebelumnya yang memiliki ukuran minimalis, bunga pada papan ini di rangkai pada ukuran papan sebesar satu sampai dengan dua meter.

Penataan bunga biasanya lebih banyak di samping, sedangkan untuk daerah tengah yang menjadi pusat di gunakan untuk menyampaikan pesan yang akan di ucapkan contohnya selamat untuk pernikahan siapa dan ada tanda pengirimnya, begitupun jika rangkaian tersebut untuk berita duka. Perbedaan keduanya hanya pada jenis bunga yang di gunakan, serta perpaduan warna antara yang lebih meriah dengan yang lebih simpel.

www.pexels.com
  1. Rangkaian Bunga Standing

Standing atau berdiri biasanya rangkaian bunga seperti ini dapat anda temukan pada pernikahan di setiap jalan yang anda lewati. Rangkaian bunga ini biasanya memiliki ukuran yang sangat tinggi namun terlihat ramping, hal inilah yang membuatnya lebih menarik untuk di lihat. Penggunaan bunga pada rangkaian bunga standing biasanya di sesuaikan dengan tema acara tersebut, ini di lakukan agar terlihat lebih nyatu dan trendi.

Dengan adanya rangkaian bunga ini maka akan membuat suasana acara menjadi lebih meriah, bunga ini akan di tempatkan pada pinggir karpet dimana tamu akan jalan menyusurinya untuk bertemu dan bersalaman dengan pengantin, untuk tigginya bisa mencapai 1 meter lebih hamper sama dengan tinggi mansia. Selain di pernikahan rangkaian bunga standing bisa anda temukan pada acara uang tahun atau hari jadi sebuah perusahaan.

  1. Rangkaian Bunga Krans

Jika rangkaian bunga papan memiliki dua fungsi yaitu bisa memberi ucapan selamat atau berita duka, berbeda halnya dengan rangkaian bunga krans. Rangkaian bunga krans ini si khususkan untuk memberi ucapan turut berbela sungkawa atas berbagai musibah yang di hadapi seperti halnya kematian.

Desain bunga krans biasanya berbentuk lingkaran besar satu di atas, atau tersiri dari dua lingkaran kecil. Desainnya cukup simpel bunga krans yang berwarna kuning kemudian di padukan dengan bunga hiasan lainnya yang memiliki warna senada dan di padukan dengan bunga yang berwarna hijau sebagai alasnya. Setelah jadi, langkah selanjutnya adalah menempelkan tulisan turut berduka cita dari dan untuk siapa dalam sebuah pita berwarna putih kemudian di tempelkannya dengan cara di silangkan atau di juntai ke bawah agar terlihat ebih bagus.

Toko bunga Jakarta menyediakan jasa rangkai bunga, bentuk Rangkaian Bunga yang bisa anda pilih sangatlah banyak, setiap rangkaian bunga memiliki arti dan fungsinya masing- masing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *