food

Pohon Kurma di Indonesia

February 7, 2019

Kurma ialah salah satu buah yang umum ditemukan di negara-negara Timur Tengah serta seringkali dijadikan oleh-oleh haji atau umroh. Pohon kurma sendiri sangat jarang ditemukan di Indonesia yang termasuk negara tropis. Akan tetapi, belakangan justru ditemukan banyak perkebunan pohon kurma di Indonesia. Dikatakan Erdowardo Bakari selaku pakar tumbuhan palem asal Italia, ada beberapa jenis pohon kurma yang tidak dapat tumbuh baik kecuali di daerah subtropis dengan curah hujan jarang. Pohon kurma sendiri telah tumbuh subur sejak dulu, bahkan sebelum masa di mana manusia diciptakan. Menurut kisah Nabi Adam saat baru pertama kali diturunkan ke Bumi, beliau mendapati bumi ditempati aneka jenis binatang dan tanaman, salah satunya ialah pohon kurma.

Sejarah Penyebaran Pohon Kurma

Bahkan, menurut penemuan sejarah, di sebuah kuburan Mesir Kuno yang terletak di Kairo, ditemukan mumi yang dibungkus tikar yang terbuat dari pelepah daun kurma yang sudah dikeringkan. Selain itu, ada pula penemuan pohon kurma tua yang masih utuh di pinggir kuburan kuno di Shakra, Mesir. Kuburan itu sendiri telah ada sejak 3200 tahun SM (Sebelum Masehi). Keberadaannya menjadi bukti nyata bahwa daerah tersebut pernah jadi ibukota Al-Wadi Al-Jadidi. Berdasarkan temuan sejarah, Mesir sangat erat kaitannya dengan pohon kurma dan penyebarannya ke seluruh dunia. Para pedagang terutama memiliki andil besar dalam penyebarluasan pohon kurma ini ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Salah satu buah kurma yang populer di pasaran ialah ruthob atau kurma muda. Bahkan, ruthob turut disebutkan dalam Al Quran sebagaimana buah-buahan lain seperti zaitun, tin, pisang serta anggur. Kedudukannya sangat istimewa karena buah ini merupakan kesukaan Nabi Muhammad. Orang-orang dari Indonesia yang pergi menunaikan ibadah haji ataupun umroh ke Tanah Suci umumnya akan membawa pulang kurma muda ini sebagai oleh-oleh. Tidak jarang biji kurma kemudian disebar sembarangan atau secara sengaja ditanam dengan harapan bijinya akan tumbuh menjadi pohon. Namun, faktanya kebanyakan biji kurma akan menghasilkan pohon jantan sehingga tentunya tidak akan menghasilkan buah.

maxpixel.net

Awal Mula Pohon Kurma di Indonesia

Keberadaan pohon kurma di Indonesia sendiri dimulai sejak 2004 di Surabaya. Ada sebatang pohon kurma yang ditemukan tumbuh secara kokoh di halaman belakang Pondok Pesantren Darussalam, Surabaya. Sepintas, memang tidak ada yang berbeda dari pohon tersebut. Akan tetapi, kemudian ditemukan adanya buah-buah hijau pada pohon setinggi 3.5 meter tersebut. Secara tak sengaja ada buah kurma yang tumbuh di pohon. Pemandangan ini terbilang nyaris tidak mungkin karena saat itu diyakini pohon kurma tidak akan bisa tumbuh di Indonesia. Ketua Yayasan Ponpes Darussalam, H. Mahsun Hadji, menyatakan bahwa pihaknya pun terkejut saat melihat pohon kurma berbuah di kebunnya. Ia menyebutkan bahwa hal itu adalah anugerah dari Allah.

Masih menurut H. Mahsun, pohon kurma tersebut telah berusia 7 tahun. Tumbuhnya secara tak sengaja, karena berasal dari biji yang dibuang oleh pengasuh ponpes setelah buahnya dimakan. Kemungkinan besar pembuang biji yang kemudian tumbuh menjadi pohon dan berbuah itu adalah KH Mas Abdul Muhith selaku pendiri dan pemilik ponpes. Pasalnya, beliau gemar mengonsumsi kurma dan bijinya seringkali dibuang di pekarangan bagian belakang. KH Mas Abdul Muhith sendiri ialah tokoh agama yang terpandang di Indonesia. Bahkan, namanya telah dikenal sejak masa penjajahan. Ia adalah pejuang yang gigih serta turut mensyiarkan ajaran agama Islam, terutama di masa Orde Lama, Orde Baru sampai Reformasi.

www.pexels.com

Fenomena Unik Pohon Kurma di Indonesia

Fenomena adanya pohon kurma yang berbuah di Indonesia ini terbilang langka, karena biasanya pohon kurma hanya akan tumbuh besar saja di Indonesia, namun tak sampai berbuah. Buahnya pun bisa dikonsumsi walau tidak dikawin inti betina, sehingga rasanya agak kering serta kurang enak. Jika menginginkan rasa yang lezat, seharusnya dikawinkan antara pejantan serta betina. Fenomena pohon kurma berbuah ternyata tak hanya ditemukan di Surabaya, namun juga di Bogor. Tepatnya pohon kurma ini terletak di Restoran Bukit Gumati yang dimiliki Mulyatma Supardi. Dua batang pohon kurmanya tumbuh secara subur serta berbuah.

Sejak itu, mulai banyak ditemukan laporan terkait pohon kurma yang tumbuh secara subur di Indonesia. Bahkan, pohon kurma ini bisa tumbuh lebih baik dibanding pohon kurma yang ada di Arab Saudi. Contohnya saja, di Arab Saudi panen buah kurma tiap pohonnya mencapai 120 kg sementara di Malaysia bisa mencapai antara 200 hingga 300 kg. Terdapat dua jenis pohon kurma yaitu pejantan dan betina. Tiap pohon betina akan bisa berbuah namun kurang enak rasanya jika tidak dikawinkan dengan pohon pejantan. Terkait pertumbuhan pohon kurma, Indonesia masih terbilang tertinggal dibanding Malaysia, Thailand, Kamboja serta Australia. Namun, ternyata pohon kurma pun bisa tumbuh serta berbuah secara baik di Indonesia.

www.pexels.com

Ditemukan fakta bahwa pohon kurma dapat berbuah di suhu antara minus 5 derajat Celcius hingga 50 derajat Celcius. Ketinggian yang ideal untuk pertumbuhannya adalah antara minus 400 meter hingga 1500 meter di atas permukaan air laut. Bibit kurma kultur jaringan mulai didatangkan dan dibudidayakan di Jonggol Farm pada 2012. Hal ini diawali dari fakta adanya kebun kurma di Thailand yang berawal dari biji lalu diganti bibit kultur jaringan agar produktivitasnya lebih tinggi. Tingkat keberhasilannya juga lebih tinggi sehingga disebut kurma tropis. Puncak popularitas kurma di Indonesia adalah pada 2014 saat majalah pertanian Trubus meliputnya terkait kurma tropis yang ada di Thailand.

Di era digital seperti sekarang ini, keberadaan pohon kurma serta tempat jual kurma nabi makin viral, terutama berkat kemunculan grup-grup penggemar serta petani kurma. Di antaranya adalah Kurma Nusantara, IDPA, Asosiasi Petani Kurma, Kurma Mania dan lain-lain. Di samping itu, mulai juga didatangkan serta dikebunkan kurma dalam skala orchard. Perkebunan kurma dalam skala Orchard ini digalakkan di Jonggol Farm. Lalu, dilanjutkan dengan Igrow di Pandeglang yang memiliki luas 5 hektar. Di dalamnya terdapat kira-kira 700 pohon kurma dari kultur jaringan. Ada pula kebun kurma di Bangka Botanical Garden di Timbang Timah serta Haji Ruslan di Pasuruan.

maxpixel.net

Demam kurma serta mudahnya menemukan tempat jual kurma nabi di Indonesia terutama karena banyaknya penganut Islam di Indonesia. Tidak menutup kemungkinan akan adanya kebun-kebun kurma lain di wilayah lain di Indonesia. Pohon berkah ini tentunya akan semakin menghias kekayaan hortikultura tanah air, seperti halnya pohon sawit yang dulu masih asing namun sekarang telah mendominasi. Apalagi buah kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bahkan kecantikan. Adanya buah kurma produksi petani lokal akan dapat meningkatkan pendapatan daerah karena permintaan yang cukup banyak. Terutama untuk jenis-jenis kurma tertentu seperti kurma ajwa atau kurma nabi yang memang memiliki basis penggemar tersendiri mengingat khasiat yang luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *