Islam

Ini Dia Beberapa Perlengkapan Umroh!

August 16, 2019

Apa saja perlengkapan umroh yang harus di perhatikan sebelum berangkat? Ketahuilah bahwa perlengkapan umrah  untuk laki-laki, perempuan, dan anak-anak memang berbeda. Nah, mempersiapkan perlengkapan tersebut tentunya bertujuan agar ketika sudah berada  di tanah suci maka tidak akan kebingungan mencari perlengkapan.

 

Perhatikan apa saja perlengkapan pribadi hingga perlengkapan ibadah yang harus dibawa , terutama jika membawa anak yang masih balita agar tidak rewel. Ketahuilah bahwa perlengkapan umroh ini dapat dipriooritaskan untuk kebutuhan beribadah kemudian ditambahkan dengan keperluan pribadi yang paling penting.

 

Apabila harus mencari berbagai perlengkapan umroh di mekkah tentunya akan membuat jamaah menjadi merasa kebingungan, selain itu harganya juga cukup mahal.

unsplash.com

Perlengkapan Umrah Untuk Perempuan

Kenali beberapa perlengkapan yang harus dibawa oleh jamaah perempuan agar membuat perjalanan ibadah Anda menjadi lebih nyaman, ini dia seputar yang lebih detailnya.

 

  1. Perlengkapan Pribadi
  • Perlengkapan pribadi yang harus dibawa yaitu baju untuk sehari-hari \ untuk tiga hari tanpa mencuci karena ibadah umrah dilakukan selama 9 sampai 15 hari yang dapat disesuaikan dengan jadwal yang dilakukan di tanah suci. Kemudian Anda juga bisa membawa jaket untuk antisipasi . Selain itu, persiapkan juga pentyline dan pembalut untuk persiapan.

 

Bawa peralatan mandi kemudian alat make up yang biasanya seperti pelembab, hand body ,dan bedak untuk perlindungan karena udara di sana  sangatlah kering.

 

  • Kaca mata dan masker

Jika diperlukan Anda juga membawa perlengkapan mandi untuk perjalanan ke luar agar kulit wajah lebih terlindung dari panas sinar matahari maupun debu.

 

Kemudian gunakan sandal dan sepatu santai yang bisa digunakan sehari-hari maupun bepergian. Dengan demikian akan semakin membuat nuansa liburan Anda menjadi lebih nyaman pastinya.

 

  • Obat-obatan

Bawalah obat-obatan yang biasa Anda gunakan agar dapat beribadah dengan lebih nyaman tanpa memberikan rasa sakit. Nah, bawakanlah obat-obatan yang sering digunakan seperti minyak angin, suplemen, obat magh, vitamin, obat diare,obat flu, dan obat pusing.

unsplash.com
  1. Perlengkapan Ibadah
  • Baju ihram

Perlengkapan ibadah yang perlu dibawa oleh para jamaah perempuan yaitu baju ihram. Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa ihram memang menjadi pakaian umroh wajib yang berwarna putih. Dengan demikian akan sangat membuat ibadah umrah menjadi lebih nyaman.

 

  • Kaos kaki

Kaos kaki juga dapat digunakan untuk dipakai sehari-hari atau sebagai pelengkap pakaian untuk beribadah. Dengan demikian maka sangat disarankan untuk membawa kaos kaki sekitar 3-4 pasang.

 

  • Buku do’a dan al-qur’an kecil

Keperluan ibadah yang dapat Anda lakukan yaitu bawalah buku do’a sebagai salah satu buku yang masih perlu untuk membantu menghafalkan beberapa do’a. Nah, ketahui juga pelengkap ibadah yang lainnya yaitu membawa mukena atau bisa menggunakan atasannya saja kemudian bawahnya menggunakan rok dan kaos kaki asalkan masih menutup aurat.

unsplash.com

Perlengkapan Umrah Untuk Laki-Laki

  1. Keperluan Pribadi

Perlengkapan umrah untuk laki-laki yaitu membawa sarung sekitar 2 atau 3 buah kemudian membawa peralatan mandi. Sendal untuk sehari-hari, jaket untuk antisipadi, kaos untuk sehari-hari, obat-obatan yang cocok digunakan, alat cukur, celana panjang dan baju koko, kemudian membawa kaca mata dan masker apabila dibutuhkan.

 

  1. Keperluan Ibadah

Untuk keperluan ibadah maka Anda bisa membawa baju ihram, buku do’a dan Al-qur’an kecil yang akan membuat ibadah menjadi berjalan lebih lancar tanpa kendala mengenai permasalahan tidak membawa perlengkapan ibadah.

 

Perlengkapan Umrah Untuk Anak-Anak

Ketika Anda membawa anak-anak untuk ibadah umroh maka sebaiknya perhatikan perlengkapan yang harus dibawa yaitu berupa mainan anak, susu, dan cemilan yang biasa disukai. Kemudian bawakan kebutuhan anak-anak Anda mulai dari botol susu, pampers, tissue dan baju.

unsplash.com

Perlengkapan umroh dari Biro

Ketahui bahwa biasanya sudah terdapat perlengkapan umroh dari Biro yang akan membuat perjalanan ibadah Anda menjadi lebih menyenangkan, ini dia seputar penjelasannya.

 

  1. Tiket pesawat pulang dan pergi

Perlengkapan yang bisa didapatkan yaitu adanya tiket pesawat pulang dan pergisehinggha akomodasi transportasi di negara tujuan tidak perlu di bayar lagi ketika di Madinah atau Mekah untuk transportasi Bus.  Bahkan, dari Biro Umroh Solo juga sudah mendapatkan visa sehingga Anda tidak perlu mengurusnya.

 

  1. Bimbingan manasik hingga 5x

Biro Umroh juga biasanya menyediakan jadwal manasik 2x dalam sebulan yang bisa diikuti oleh jamaah yang  akan membantu untuk mempelajari tata cara umroh dengan pembimbing Ibadah (Ustadz) dan Muthowif (Tour Guide) laki-laki dan 1 muthowif wanita saat di madinah

 

  1. Kain ihrom untuk laki-laki dan mukena untuk perempuan

Berikutnya perlengkapan yang disediakan dari biro umroh yaitu adanya kain ihrom untuk laki-laki dan mukena untuk perempuan. Dengan demikian maka akan sangatlah membantu dalam membuat perjalanan umroh menjadi lebih nyaman.

 

Perlengkapan berikutnya yaitu adanya tas pasport, ditambah denganbuku panduan yang beisi doa-doa, ID card, dan Buku Panduan.

 

Itulah beberapa perlengkapan umroh yang harus dibawa ketika berpergian umroh sehingga membuat perjalanan Anda menjadi lebih aman dan nyaman.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *