10 Pengusaha Muda Dunia yang Inspiratif

Menjadi pengusaha sukses di usia muda pastilah keinginan banyak orang. Bukan tidak mungkin untuk memulai usaha dan sukses di usia 20an. Contohnya ada pada deretan pengusaha muda dunia berikut ini. Mungkin kita sulit membayangkannya, namun contoh-contoh di bawah ini seakan jadi bukti kalau bukan tidak mungkin merengkuh kesuksesan di usia belia. Kemajuan serta perkembangan teknologi terutama menambah besar peluang seseorang untuk sukses dari usahanya sendiri.

www.pexels.com

Pengusaha Muda yang Menginspirasi Dunia

Banyak bidang yang bisa ditekuni untuk sukses, mulai dari makanan dalam plastik kemasan hingga di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Siapa saja mereka? Mari kita simak daftar berikut.

 

  1. Evan Spiegel, Pendiri Snapchat

Evan Spiegel bersama Bobby Murphy mendirikan Snapchat pada September 2011. Kala itu, Evan masih tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Stanford. Ia mengusulkan Snapchat sebagai proyek di kelasnya. Namun, usulan itu ternyata dianggap tak masuk akal oleh teman-teman di kelasnya. Ia lalu mengerjakan proyek Snapchat sendiri. Pada 2012, Evan berhenti kuliah persis sebelum mendapat ijazah karena ia ingin fokus pada Snapchat. Kini, ia adalah CEO Snap Inc dengan aset pribadi mencapai Rp38 triliun. Sementara rekannya, Bobby Murphy, menjabat sebagai Chief Technology Officer dengan lebih dari 1859 staff.

 

  1. John Collison, Pendiri Stripe

Pengusaha muda dunia berikutnya adalah John Collison. Stripe adalah perusahaan pembayaran online yang didirikan di San Francisco, Amerika Serikat. Ia melampaui sang kakak, Patrick Collison, sebagai invididu dengan gelar miliarter termuda kedua di dunia saat usianya menginjak 26 tahun. Kekayaan John Collison ditaksir telah mencapai Rp14 triliun.

www.pexels.com
  1. Bobby Murphy

Pengguna Snapchat wajib tahu siapa pengusaha muda dunia satu ini. Bobby Murphy bersama Evan Spiegel adalah pendiri Snapchat yang sangat populer. Sama seperti Evan Spiegel, Bobby Murphy juga berkuliah di Universitas Stanford. Setelah menyelesaikan studi, ia memulai proyek bernama Future Freshman sebagai layanan konsultasi siswa sekolah menengah terkait permohonan ke perguruan tinggi. Akan tetapi proyek ini gagal dan saat itulah Bobby direkrut Evan guna memulai proyek Snapchat. Di usia 26 tahun, Bobby Murphy telah bergelar billionaire dengan kekayaan Rp38 triliun serta gaji Rp3.2 miliar per bulan.

 

  1. Patrick Collison, Pendiri Stripe

Perusahaan Stripe didirikan Patrick Collison bersama sang adik, John Collison. Ia menjadi miliarder di usia 27 tahun dengan kekayaan Rp14 triliun dan investasi Rp1.9 triliun dari Capital G, bagian investasi dari perusahaan Alphabet yang merupakan induk Google. Saat berusia 8 tahun, Patrick sudah belajar kursus komputer di Universitas Limerick dan belajar tentang pemrograman saat usianya 10 tahun. Pengusaha muda dunia ini juga pernah bergabung dalam Pameran Teknologi dan Saintis Muda dengan memperlombakan proyek Artificial Intelligence dan membuatnya memenangkan juara dua. Di usia 16 tahun, dirinya mengikuti lomba serupa dan meraih peringkat pertama.

 

  1. Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook

Tak ada yang meragukan kekayaan dari pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Kisah hidupnya bahkan telah diangkat menjadi film Hollywood berjudul The Social Network. Ia pernah menjadi miliarder termuda kala usianya baru menginjak 22 tahun pada 2008 silam. Mark kini berada di posisi 5 orang paling kaya di dunia. Kekayaannya mencapai 75 miliar dollar. Sebelum menciptakan Facebook, pengusaha muda dunia ini telah menghasilkan perangkat lunak bernama Facemash pada 2003 saat masih berada di tahun keduanya di Universitas Harvard. Facemash kemudian menyebabkan lalu lintas internet kacau dan Mark direkrut Winklevoss yang hendak membuat perangkat Harvard Connection. Akan tetapi Mark justru menggunakan ide tersebut agar bisa membuat Facebook. Pendapatannya di tahun 2016 saja mencapai 30 miliar dollar.

www.pexels.com
  1. Elizabeth Holmes

Pengusaha muda dunia tidak selamanya laki-laki. Elizabeth Holmes juga menjadi pengusaha muda sukses yang patut jadi panutan. Ia mendirikan perusahaan tes darah swasta bernama Theranos di Palo Alto, California, pada 2003. Pada awal karirnya, ia mendaftar sebagai mahasiswa Universitas Stanford jurusan Kimia lalu mendapat beasiswa kepresidenan. Ia lalu menggunakan uang tersebut untuk menjalankan sebuah proyek penelitian laboratorium. Pada tahun pertama, Elizabeth bekerja di laboratorium Genome Institute of Singapore guna menyelidiki penyakit SARS melalui pengumpulan sampel darah dengan jarum suntik.

 

Pada 2003 ia mematenakn stiker sampel darah dan secara resmi keluar dari Stanford. Ia lalu menggunakan uang komisi dari hasil penjualan stiker sampel darah guna mendirikan perusahaannya sendiri. Elizabeth kini tercatat sebagai salah satu pengusaha muda dunia sekaligus miliarder di Amerika Serikat. Usianya 31 tahun dan kekayaannya mencapai Rp57 triliun.

 

  1. Dustin Moskovitz

Dustin Moskovitz adalah salah satu penyokong kesuksesan Facebook. Ia turut mendirikan jejaring sosial tersebut bersama Mark Zuckerberg, Andrew McCollum, Eduardo Saverin serta Chris Hughes. Dustin menjabat sebagai Chief Technology Officer di Facebook yang pertama. Ia meninggalkan Facebook pada 2008 untuk mendirikan perusahaannya sendiri. Walau demikian, Dustin tetap memiliki 2.34% saham Facebook. Kekayaan Dustin diperkirakan mencapai Rp17 triliun.

 

  1. Wang Yue, Pengusaha Muda Asal China

Wang Yue tercatat sebagai CEO Shanghai Kingnet Technology, perusahaan yang mengkhususkan diri dalam produksi permainan ponsel. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai eksekutif di 51.com. Perannya sebagai CEO turut menaikkan nama perusahaan Shanghai Kingnet Technology pada 2009. Ia juga tercatat memiliki 62.5% saham perusahaan. Selain itu, Wang Yue juga memiliki saham di beberapa perusahaan, salah satunya perusahaan pembuat bahan sepatu bernama Taiya Shoes. Pada 2015 silam, di usia 32 tahun, Wang Yue menjadi pengusaha muda dunia yang kekayaannya mencapai Rp12 triliun.

 

  1. Cheng Wei, Pendiri Uber versi China

Satu lagi pengusaha muda dunia asal China, kali ini namanya adalah Cheng Wei. Ia merupakan pendiri sekaligus CEO Didi Chuxing, perusahaan transportasi layaknya Uber dan Grab Car. Sebelum mendirikan Didi Chuxing, Cheng Wei bekerja di Alibaba Group selama sekitar 8 tahun. Di usia 29 tahun, ia mendirikan Beijing Orange Technology Co Ltd dan meluncurkan Didi Dache, aplikasi mobile agar konsumennya bisa mendapat taksi. Pada 2015, perusahaannya bergabung dengan Kuaidi Dache dan menjadi Didi Chuxing. Perusahaan ini telah menguasai Uber di China pada 2016 dan kekayaan Cheng Wei sendiri lebih dari Rp12 triliun.

www.pexels.com
  1. Nathan Blecharczyk, Chief Technology Officer Airbnb

Pengusaha muda dunia terakhir ini adalah lulusan Harvard pada bidang Ilmu Komputer. Saat masih menjadi mahasiswa, ia telah menjalankan bisnis dan mampu membiayai kuliahnya. Namun akhirnya ia mengabaikan bisnis dan fokus pada pendidikan. Setelah lulus, ia sempat menjadi manajer sebuah produk di Microsoft. Joe Gebbia, teman sekamar Nathan lalu merekrutnya dalam bisnis Airbnb. Ia lalu menjabat sebagai Chief Technology Officer atau CTO pertama Airbnb yang bertugas menghasilkan situs web bagi perusahaan tersebut. Di usia 32 tahun, ia telah bergelar miliarder dan kekayaan Nathan mencapai Rp48 triliun.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*