Umum

Pengertian Penduduk dan Karakteristiknya

August 29, 2019

Kita semua merupakan penduduk dari sebuah tempat. Namun pahamkah Anda mengenai definisi atau pengertian dari kata ‘Penduduk’ itu sendiri? Bisa dijamin bahwa masih banyak yang tidak memahami mengenai kata tersebut sehingga  menjadi penting bagi Anda untuk menyimak penjelasan lengkap mengenai pengertian penduduk.  Tentunya tidak cukup Anda hanya mengetahui pengertian dari penduduk tersebut karena memang  penting juga untuk menyimak soal karakteristik yang penduduk itu sendiri. Pasalnya dengan mengerti karakteristiknya membuat Anda bisa mengerti dan memahami pengertian dari penduduk dengan baik. Maka dari itulah bisa disimpulkan Anda harus menyimak informasi lengkap mengenai pengertian dan karakteristik dari penduduk

Pengertian Penduduk Secara Lengkap

Banyak ahli mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian dari penduduk. Dari semua pendapat yang ada, secara umum mengemukakan bahwa penduduk merupakan orang atau sekelompok orang yang menetap atau tinggal pada sebuah daerah atau wilayah negara.  Sederhananya, pengertian dari penduduk dapat dijabarkan sebagai kelompok yang yang mendiami sebuah daerah atau wilayah tertentu.  Berikut adalah beberaa pengertian dari penduduk pada beberapa sumber terpercaya:

pixabay.com
  1. Dalam Istilah Sosiologi

Dalam istilah sosiologi, pengertian dari penduduk adalah kumpulan manusa yang mendiami  sebuah ruang dan daerah geografis tertentu.

  1. Badan Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)

Menurut Dukcapil, penduduk merupakan seseorang yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan atau yang memiliki Kartu Keluarga (KK)

Penduduk berdasarkan penjelasan lengkap mengenai pengertiannya tersebut bisa didefinisikan menjadi dua yakni pertama orang yang menetap di sebuah wilayah dan orang yang berhak tinggal dalam sebuah darah secara hukum  alias orang tersebut dalam menetap mempunyai surat resmi seperti bukti kewarganegaraan.

pixabay.com

Karakteristik Penduduk

Nah, setelah Anda paham mengenai pengertian penduduk, berikutnya yang harus diketahui adalah karakteristiknya. Informasi ini tidak boleh Anda abaikan begitu saja karena membantu untuk memami arti dan pengertian dari penduduk tersebut secara lebih mendalam lagi.   Selain itu, mengetahui karaktertistik penduduk ini sama pentingnya dengan mengetahui pengertian dari penduduk.  Ketika membahas mengenai karakteristik penduduk maka akan dikenal tiga hal penting yakni sex ratio,  depedency ratio dan  tingkat pertumbuhan penduduk. Berikut adalah penjelasan ketiga karakteristik penduduk tersebut:

  1. Sex Ratio (Rasio Jenis Kelamin)

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah sex ratio atau rasio jenis kelamin karena dalam berbagai hal karakterstik ini sering kali dibahas.  Pengertian dari  dari sex ratio dalam penduduk ini adalah perbandingan yang terjadi antara jumlah penduduk perempuan dengan  jumlah penduduk laki-laku dalam sebuah wilayah tertentu.  Keberadaan data sex ratio ni sangatlah penting karena memudahkan pembangunan yang berdasar atas jenis kelamin penduduk terutama untuk menyeimbangkan kesetaraan secara adil antara pembangunan kedua jenis kelamin pada sebuah daerah.

  1. Dependency Ratio (Rasio Ketergantungan)

Hal kedua yang harus Anda ketahui ketika membahas mengenai karakteristik penduduk adalah rasio ketergantungan alias dependency ratio.  Definisi dari rasio ketergantungan sendiri bisa diartikan sebagai perbandingan  antar penduduk pada penduduk yang usianya 1-14 tahun ditambahkan dengan umur 65 tahun keatas dibandingkan dengan penduduk yang usianya produktif yakni 15-64  tahun. Dalam sisi demografi, pengertian penduduk  yang usianya 15-64 dipandang sebagai usia produktif karena sudah bisa bekerja dan  hidup sendiri dengan kemampuan maupun uang yang dipunyai sementara itu apabila dibawah 15 tahun dan di atas 65 tentunya tidak bisa menghidupi dirinya sendiri. Penjelasannya karena  seseorang yang usianya dibawah 15 tahun masih tergantunng dengan orang tua terutama soal biaya kehidupan sehari-hari yang  tidak sedikit. Pada usia 65 tahun ke atas, seseorang fisik maupun mentalnya sudah tidak lagi seperti dahulu saat berusia muda. Untuk itulah kesulitan apabila harus hidup sendiri maupun bekerja guna menghidupi kehidupan yang dipunyai.

pixabay.com
  1. Tingkat Pertumbuhan Penduduk

Tingkat pertumbuhan pada penduduk harus diperhatikan dengan baik oleh pemerintahan agar tidak terjadi kelebihan penduduk yang menyebabkan berbagai masalah berat dalam sebuah negara. Untuk itulah diperoleh sebuah piramida penduduk yang memungkinkan  Anda mengetahui gambaran penduduk berdasarkan umur dan jenis kelaminnya secara grafik. Disarankan apabila ingin mempelajari mengenai statistik tersebut kunjungi saja langsung situs snapstatistics.com  yang dijamin membantu dalam mempelajari statistik pertumbuhan penduduk sebuah wilayah. Nah,  dalam piramida penduduk akan ditunjukan jumlah penduduk total sebuah daerah,   jumlah penduduk yang laki-laki maupun perempuan dan usia yang sudah dikelompokkan.  Dengan hanya melihat piramida penduduk tersebut, gambaran mengenai perkembangan atau tingkat penduduk dari masa lalu  dan mengenai masa depan akan terlihat secara jelas. Pasalnya  memang struktur umur penduduk adalah hasil dari kematian, migrasi masa lalu dan kelahiran yang terjadi.  Secara umum terdapat tiga bentuk piramida penduduk yaitu:

  1. Piramida penduduk yang memiliki dasar berukuran besar alias lebar. Jenis piramida ini menunjukan bahwa telah terjadi jumlah kelahiran di masa lalu yang tinggi.
  2. Piramida penduduk yang berbentuk kerucut. Piramida ini memperlihatkan bahwa di masa lalu terjadi kelahiran besar tetapi terjadi pula angka yang tinggi pada kematian bayi sehingga berdampak pada proporsi penduduk yang hidup sampi tua menjadi lebih sedikit.
  3. Piramida penduduk berdasar yang sama dan badan yang gemuk. Piramida tersebut menunujukan angka kelahiran yang besar tetapi kematian baju menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *