pendidikan

Pengertian Teks Prosedur  Secara Menyeluruh

April 30, 2019

Prosedur senantiasa menghiasai hari-hari kita. Adanya prosedur yang berlaku sebenarnya justru bukannya menyulitkan akan tetapi sebenarnya memiliki tujuan untuk memudahkan. Tanpa adanya prosedur yang jelas akan sulit untuk menggapai tujuan yang diharapkan. Setidaknya dengan adnaya prosedur yang jelas tidak menutup kemungkinan akan menjadi sulit untuk mendapatkan sesuatu. Prosedur yang berlaku sebenarnya memiliki tujuan untuk memudahkan para pelakunya. Pengertian teks prosedur sebenarnya merujuk kepada sebuah konsep yang lebih jelas dan juga merujuk pada keteraturan. Menunjukkan keteraturan apabila seseorang dapat melaksanakan prosedur yang sudah diberikan kepada masyarakat. Tanpa adanya prosedur,melakukan segala sesuatu menjadi kurang mudah serta terllihat agak sulit untuk mewujudkan kesejahteraan.

pxhere.com

Penerapan Pengertian Teks Prosedur

Pada dasarnya Pengertian teks prosedur memeiliki fungsi untuk memudahkan masyarakat secara keseluruhan. Tanpa adanya prosedur semua hal yang diharapkan menjadi mustahil untuk terwujud. Berikut ada hal menarik yang berhubungan dengan prosedur:

  • Prosedur sebenarnya memiliki tujuan untuk mengarahkan. Isi dari teks prosedur secara umum berupa langkah atau cara untuk melakukan sesuatu. Apabila memiliki tujuan serta keinginan namun tidak disertai dengan penerapan langkah-langkahnya maka tidak mungkin sebuah tujuan sebagus apapun bisa terwujud. Perwujudan sebuah kepatuhan memang hanya melalui sebuah penerapan prosedur yang sudah ditetapkan. Tanpa adanya prosedur yang berlaku sangat sulit membedakan antara satu dengan yang lainnya.
  • Biasanya sebuah prosedur tersusun secara rapi. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa setiap kalimat yang dibuat membantu pelakunya untuk menjalankan sesuatu sesuai dengan aturannya. Kalimat-kalimat yang cenderung lebih mudah dipahami mutlak dituangkan dalam sebuah prosedur. Tanpa adanya kallimat tersebut yang disusun secara jelas dan juga gamblang tentunya akan sulit bagi siapa saja memahami serta melaksanakan setiap petunjuk yang diberikan. Meskipun secara keseluruhan sebuah prosedur memiliki tujuan tertentu, akan tetapi penyampaian sebuah petunjuk harus dilakukan dengan cara yang benar. Apabila sebuah petunjuk tidak disampaikan dengan benar sangat mustahil mendapatkan yang diinginkan. Jadi penyusunan sebuah petunjuk diharuskan dilakukan dnegan benar dan gamblang.
  • Penyusunan sebuah prosedur diharuskan sistematis. Apabila prosedur disusun secara sembarangan, akan cukup sulit untuk memahami makna yang terkandung di dalam prosedur tersebut. Setidaknya dengan sistematis yang baik dan benar dari sebuah prosedur, tentunya membuat orang yang berusaha untuk mengerjakan sesuai dengan aturan yang baik akan sangat kesulitan. Minimal yang harus dilakukan pada saat sedang menyusun sebuah rincian petunjuk ada baik dipelajari terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa sistematika penyusunan sebuah prosedur dapat dilakukan dengan baik. Setidaknya jika prosedur tersebut tersusun dengan rapi, dapat meminimalisir terjadinya kerusakan.
  • Sebuah prosedur yang enak untuk dibaca setidaknya diharuskan untuk menyampaikan secara berurutan. Ketika dilakukan tidak sesuai sistematika yang urut dan rinci tentunya akan sulit untuk mengikuti dan memahami alurnya. Sebuah alur petunjuk adalah sebuah mata yang dibuat sedemikian rupa agar tidak tersesat. Tidak begitu mengherankan jika seseorang yang ingin melakukan segala sesuatu dengan baik harus memperhatikan petunjuk yang ditulis secara berurutan. Tujuan selanjutnya adalah untuk memastikan urutan pengerjaannya benar. Sebuah petunjuk yang urut dangat membantu para pelakunya untuk mengikuti petunjuk atau arahan yang dimaksud untuk mencapai tujuan. Sehingga sebuah prosedur setidaknya harus disusun oleh orang yang benar-benar berpengalaman serta mengetahhui detail bagaimana caranya untuk memastikan kebenaran petunjuk yang dikirimkan tersebut.
pxhere.com

Macam teks Prosedur

Sebuah prosedur kerja untuk melakukan sesuatu seperti yang tercantum di dalam sebuah buku biasanya memiliki beberapa macam untuk diikuti. Berikut macam-macamnya:

  • Prosedur yang sederhana. Prosedur sederhana merupakan petunjuk untuk melakukan hal-hal sederhana dengan bahasa penyampaian lebih sederhana. Meskipun merupakan petunjuk yang sifatnya untuk melakukan hal yang lebih sederhana, akan tetapi sistematika wajib dipikirkan untuk menjamin bahwa proses pelaksanaan dari pekerjaan tersebut sudah benar. Meskipun didalam Pengertian teks prosedur sederhana sekalipun, sistematika penyampaian petunjuk memang ada baiknya diperhatikan secara seksama supaya menghasilkan pekerjaan yang dilakukan dengan sempurna dan juga baik.
  • Prosedur yang lebih komplek. Seperti namanya prosedur yang disampaikan merupakan prosedur yang lebih sulit untuk dilakukan. Meskipun pekerjaan yang dilakukan merupakan pekerjaan yang relatif rumit, namun bukan berarti sulit untuk dilakukan. Apabila bahasa penyampaian prosedur untuk pekerjaan yang sulit sekalipun dilakukan dengan baik, maka pekerjaan sulit menjadi lebih mudah. Sehingga kunci keberhasilan dari sebuah pekerjaan adalah bagaimana cara atau metode penyampaian dari sebuah prosedur kerja untuk menghasilkan sesuatu. Petunjuk dari pekerjaan yang sulit tersebut harus disampaikan dengan cara yang benar supaya pekerjaan sesulit apapun bisa menjadi lebih mudah dipahami cara pelaksanaannya.
pxhere.com

Meskipun secara umum prosedur memiliki pengertian berupa petunjuk, namun jika pemberian petunjuk tersebut tidak sesuai dengan yang seharusnya, maka petunjuk tersebut tidak akan menuntun orang untuk bisa melakukan pekerjaan dengan benar. Itulah yang dinamakan sebagai petunjuk. Tanpa aturan penulisan yang jelas setiap pekerjaan tidak akan mudah dikerjakan. Jadi petunjuk atau prosedur memiliki andil yang cukup besar untuk mensukseskan pekerjaan dengan benar tanpa ada kekurangan apapun untuk proses pengerjaannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *