travel

Pemandangan Alam Pegunungan Terbaik di Indonesia

September 17, 2019

Indonesia terkenal akan lokasinya yang berada di jalur cincin api sehingga memiliki gunung berapi dengan jumlah yang cukup banyak. Setidaknya, ada ratusan gunung berapi indah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dari sekian banyak gunung berapi tersebut, beberapa di antaranya menjadi favorit para pendaki.

 

Alasannya tentu tak jauh dari keindahan alam yang ditawarkan. Hanya saat kita mendakinya dan mencapai puncaknya kita akan tahu  mengapa gunung-gunung tersebut banyak difavoritkan para pendaki. Berikut adalah beberapa gunung dengan pemandangan alam pegunungan terindah dilihat dari banyaknya jumlah mendaki serta keunikan yang dimiliki.

 

  1. Gunung Rinjani

Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat tak sekedar diberkahi pantai-pantai cantik yang membuat wisatawan malas pulang. Primadona lain yang ada di pulau ini adalah Gunung Rinjani. Tidak tanggung-tanggung, gunung ini diklaim sebagai salah satu wisata treking terbaik yang ada di kawasan Asia Tenggara.

 

Bagi orang yang sudah secara langsung memandang keindahannya dengan mata kepala sendiri pasti akan langsung mengiyakan. Gunung ini terbilang komplit karena memiliki padang sabana cantik yang ditumbuhi bunga-bunga edelweis. Selain itu, terdapat pula pemandangan matahari terbit yang cantik.

 

Dari semua keindahan yang dimiliki Gunung Rinjani, salah satu yang paling dicari para pendaki ialah Danau Segara Anak. Danau ini ada di ketinggian 2000  mdpl serta menjadi permata terindah dari Gunung Rinjani. Keindahannya dapat pula kita saksikan dari puncak Rinjani. Keunikan lain gunung ini adalah adanya Gunung Barujari di tengah Danau Segara Anak.

unsplash.com
  1. Gunung Semeru

Keindahan Gunung Semeru seringkali kita temukan di situs free HD images. Hal ini mengingat statusnya sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa. Bahkan, Gunung Semeru telah jadi legenda sejak lama. Tepatnya sejak zaman Su Hok Gie hingga pendaki kekinian seperti sekarang ini. Keindahan Gunung Semeru terkesan takkan lekang oleh waktu.

 

Banyak pendaki dari luar daerah yang rela datang jauh-jauh kemari hanya untuk merasakan pengalaman mendaki Semeru serta mencapai puncaknya. Gunung Semeru turut jadi salah satu gunung yang paling ramai didaki. Maksimal kuota pendakian hanya 500 orang sehingga para pendaki seringkali harus antre terlebih dahulu di Ranu Pani.

 

Sama seperti Gunung Rinjani yang memiliki Danau Segara Anak, maka di Gunung Semeru kita akan dapat menemukan Ranu Kumbolo. Permata cantik ini berupa danau alami yang berada di ketinggian 2400 mdpl. Tepat di depan Ranu Kumbolo, akan kita temukan Tanjakan Cinta yang tak kalah populer di kalangan pendaki.

 

Tempat menarik lain di Gunung Semeru ialah Oro-oro Ombo yang dipenuhi tumbuhan bunga lavender. Dengan semua keindahan di atas, tidak heran apabila Gunung Semeru menjadi incaran pendaki. Apalagi, keindahan gunung ini telah difilmkan pula dengan judul 5cm yang merupakan hasil adaptasi dari novel berjudul sama.

 

  1. Gunung Prau

Tidak semua pemandangan alam pegunungan yang indah harus dinikmati lewat pendakian terjal. Nyatanya ada satu gunung yang terbilang mudah didaki namun tetap menawarkan pemandangan indah bagi para pendaki di puncaknya. Namanya adalah Gunung Prau yang terletak di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah.

 

Gunung ini adalah tanah tertinggi yang ada di barisan dataran tinggi Dieng. Dari puncaknya, kita akan bisa lihat pemandangan puncak Sindoro dan Sumbing yang elegan serta tampak gagah. Gunung Prau juga menjadi tempat terbaik menikmati matahari terbit selain Puncak Sikunir di Dieng.

 

Puncak Gunung Prau berupa padang rumput luas. Di sekitarnya akan kita lihat barisan bukit yang sering disebut sebagai Bukit Teletubbies. Menariknya, tinggi gunung ini hanya 2565 mdpl dan trek pendakian tak terlalu sulit. Siapapun akan bisa mendaki gunung ini dan menikmati keindahan alam dari puncaknya.

pxhere.com
  1. Gunung Merbabu

Selain Gunung Prau, ada satu lagi gunung indah di Jawa Tengah dengan pemandangan luar biasa indah. Namanya adalah Gunung Merbabu yang ada di perbatasan Semarang serta Kabupaten Magelang, Boyolali. Keindahan gunung ini terutama dari padang sabana yang bisa dinikmati dari lereng-lereng puncak serta di puncaknya.

 

Terdapat beberapa jalur pendakian yang bisa dipilih oleh para pendaki. Namun, salah satu jalur yang dinilai memiliki pemandangan terindah ialah jalur Selo di Kabupaten Boyolali. Mendaki Merbabu via Selo akan membuat kita dapat menikmati indahnya padang sabana sehingga kelelahan tak begitu terasa.

 

Di padang sabana terakhir sebelum mencapai puncak, pemandangan akan semakin indah berkat bunga-bunga edelweis yang tumbuh pada lereng bukit. Jika tengah musim berbunga, pemandangan ini akan sangat cantik serta fotogenik. Kita mungkin pernah menemukan salah satu fotonya di situs free HD images karena bunga edelweis di sini sangat populer.

 

  1. Gunung Gede dan Pangrango

Gunung Gede bisa dibilang sebagai gunung terlaris di Jawa Barat. Sebabnya adalah pemandangan yang sangat indah terutama di Alun-alun Suryakencana. Tempat ini berupa padang rumput yang penuh akan bunga edelweis. Bahkan, Alun-alun Suryakencana diklaim sebagai tempat terbaik menikmati pemandangan mekarnya bunga edelweis.

 

Gunung Gede masih termasuk dalam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Selain Gunung Gede, di kawasan yang sama terdapat Gunung Pangrango. Sama seperti Gunung Gede, Gunung Pangrango juga memiliki padang rumput yang penuh akan bunga edelweis. Sebutan untuk padang rumput ini adalah Mandalawangi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *