travel

Indahnya Pantai di Pulau Sikuai

September 22, 2019

Alam Sumatera, terutama Sumatera Barat memang sangat elok. Tak heran jika banyak objek wisata alam yang berada di daerah ini. Salah satu tempat yang sudah tersohor akan panorama alamnya adalah Pulau Sikuai. Apabila Anda merencanakan liburan di Pulau Andalas, Anda wajib memasukkan Pulau Sikuai ke dalam list tempat wisata yang akan dikunjungi. Di pulau kecil yang dikelilingi pantai ini, Anda bisa berlibur dengan tenang dan senang. Pantai di Pulau Sikuai memang sudah sangat terkenal keindahannya di kalangan wisatawan.

Daya Tarik Pulau Sikuai

Pulau cantik ini berlokasi di bagian sisi barat Pulau Sumatera. Lokasinta termasuk dalam wilayah Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Menurut Luarkota.com, pulau ini  tidak terlalu luas. Total luas Pulau Sikuai kira-kira 44,5 hektar. Pulau ini telah dikenal sebagai salah satu objek wisata laut sejak tahun 1994. Pulau ini memiliki daya tarik tersendiri di mata wisatawan penikma wisata bahari. Pulau Sikuai dianggap sebagai spot yang cocok untuk melakukan berbagai aktifitas seru seperti berenang, snorkeling, diving, fishing, dan trekking. Bahkan dengan hanya duduk di tepi pantai, Anda dapat meresakan kenikmatan tersendiri. Pulau ini juga memiliki harta karun di bawah laut berupa keindahaan alam yang mengagumkan. Anda akan dibuat terpukau dengan keindahan alam bawah Pulau Sikuai.

pxhere.com

Tak hanya melihat keindahan alam bawah lautnya, Anda bisa menikmati pesona alam Pulau Sikuai dari atas bukit. Hanya dengan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit, Anda akan tiba di sebuah bukit. Untuk sampai ke atas bukit, Anda harus menaiki anak tangga yang berjumlah 369. Cukup melelahkan, mungkin. Tetapi semua rasa lelah tersebut akan terbayar begitu Anda sampai di puncak bukit. Anda akan dibuat kagum dengan pemandangan berupa hamparan launtan lepas berwarna biru dari atas bukit. Di sekeliling lautan, tampak pulau-pulau kecil. Bukit ini juga merupakan tempat sempurna untuk menikmati keindahan matahari tenggelam. Sunset yang tampak dari sini berwarna kuning keemasan. Anda harus mengabadikan momen ini.

Anda dijamin akan terpesona dengan kemolekan Pulau Sikuai. Pulai ini mempunyai pemandangan yang masih asri. Pohon-pohon kelapa di tepi pantai dipadu dengan deburan ombak air laut akan membuat siapapun betah berlama-lama menghabiskan waktu di pulai ini. Apalagi bagi para penyelam, keindahan biota laut seperti ikan-ikan berwarna warni dan terumbu kurang selalu menarik perhatian. Selain menyelam dan menaiki bukit, Anda bisa berkeliling pulai dengan menggunakan sepeda. Di pulau ini sangat mudah untuk menemukaan tempat penyewaan sepeda. Sepeda disewakan tidak hanya oleh pengelola objek wisata tetapi juga olej masyarakat. Di sepanjang perjalanan, Anda mungkin akan bertemu dengan beragam fauna seperti anekan burung dan monyet.

pxhere.com

Lokasi dan Akses Menuju Pulau Sikuai

Pulau Sikuai terletak tidak jauh dari Kota Padang tepatnya di Kecamatan Teluk Bungus. Jaraknya dari Kota Padangang hanya sekitar setengal mil. Untuk menuju pulau indah ini, Anda hanya harus menyeberangi Pelabuhan Teluk Bungus. Di sini ada dua pilihan transportasi untuk menyeberangi lautan yaitu speeboat dan kapal. Penyeberang ke Pulau Sikuai selalu tersedia setiap hari di jam-jam tertentu. Selain melewati Pelabuhan Teluk Bungus, Anda dapat menyeberang dari dermaha di Jalan Batang Harau.

Perjalanan dengan kapal membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Selama 1 jam perjalanan laut, Anda dapat merasakan segarnya udara dan angin laut sambil menikmati indahnya laut biru di sekeliling kapal. Selain naik kapal, Anda bisa juga naik speedboat dengan waktu tempuh hanya 25 menit saja.

Penginapan di Pulau Sikuai

Untuk dapat menikmati keindahan Pulau Sikuai dengan puas, paling tidak Anda harus menginap 2 hingga 3 malam. Ada banyak hotel dan penginapan di pulau ini. Ada setidaknya 10 hotel yang tersedia dengan range harga mulai dari 200 – 400ribuan per malamnya. Cukup murah, bukan? Jika Anda mempunyai budget lebih, tak ada salahnya untuk menginap di resort. New Sikuai Island Resort adalah satu-satunya resot yang ada di Pulau Sikuai. Kantornya berlokasi di Padang Barat namun Anda bisa langsung datang ke lokasi untuk memesan kamar. Resort ini sudah berstandar internasional dengan fasilitas yang mewah.

pxhere.com

Di dalam resort ini terdapat lebih dari 50 cottage, beberapa ruangan serbaguna, dan puluhan kamar lainnya. Fasilitasnya sangat lengkap mulai dari kolam renang, meja billiyard, minibar, restoran, dan masih banyak lagi. Saat menginap disini, Anda akan langsung melihat birunya lautan lepas ketika membuka pintu kamar. Sementara itu d bagian belakangnya terdapat taman dengan pepohonan yang hijau dan asri.

Walaupun resort ini mempunyai sebuah restoran, Anda bisa saja mencari makanan di luar resort. Di pulau ini terdapat beberapa restoran yang menyajikan aneka menu masakan laut dan masakan khas Padang. Anda dapat memesan menu yang disuka dan menikmatinya di pinggir laut ditemani pemandangan pantai yang indah dan semilir angin sepoi-sepoi. Fasilitas pendukung di pulau ini juga sangat memadai seperti penyewaan sepeda, penyewaan peralatan snorkeling dan diving, mushola, toilet, ruang ganti, dan masih banyak lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *