Umum

Oleh Oleh Khas Jogja Wajib Dibeli

May 1, 2019

Jogja dikenal sebagai kota Pelajar yang kental akan budaya. Di kota ini ada banyak tempat wisata keren yang layak untuk dikunjungi. Mulai dari gunung seperti daerah Kaliurang, candi seperti candi ijo dan candi Prambanan, ada banyak laut di Bantul dan Gunung Kidul, dan juga ada tempat shopping populer yang kita kenal dengan nama Malioboro. Di Jogja anda juga bisa berwisata kuliner, ada banyak tempat makan asyik dan seru yang wajib anda coba. Jika anda ingin membeli oleh oleh khas Jogja ada banyak makanan khas Jogja yang bisa anda beli.

Daftar Makanan Khas Asli Jogja

Berikut ini merupakan daftar makanan khas dari Jogja yang bisa anda pilih untuk dibawa pulang kerumah :

  • Bakpia

Bakpia merupakan salah satu makanan yang sangat populer di kota Jogja. Bakpia sendiri merupakan kue yang terbuat dari adonan tepung terigu dengan bermacam-macam isian di dalamnya. Ada kacang ijo, coklat, keju, kumbu hitam, durian, dan masih banyak lagi varian lainnya. Jika anda tertarik maka anda bisa mengunjungi outlet Bakpia yang ada di banyak lokasi. Bakpia di Jogjakarta ada banyak pilihan dan nama. Ada bakpia pathuk, bakpia Kurnia Sari dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan di zaman modern sekarang anda bisa membeli bakpia pricess cake. Merupakan bakpia gerai Syahrini Cake yang berukuran besar.

pxhere.com
  • Yangko

Merupakan kue moci khas dari Yogyakarta. Jajanan khas ini terbuat dari tepung beras ketan dengan tekstur yang kenyal berisi kacang cincang dengan rasa yang legit. Yangko memiliki bentuk kotak dengan warna yang bervariasi. Satu kotak anda bisa mendapatkan 30 buah Yangko dengan warna yang berbeda-beda. Jika anda ingin membeli Yangko Legend, maka anda bisa memilih yangko pak Prapto yang berada di Jalan Pramuka No.82 Yogyakarta.

  • Geplak

Makanan lainnya yang bisa dijadikan oleh oleh khas Jogja adalah geplak. Merupakan makanan khas Jogja yang bisa menjadi pilihan unik.  Geplak ini terbuat dari daging kelapa yang dimasak dengan gula . Geplak ini sangat manis dan cocok sebagai teman ngobrol bersama keluarga anda.

  • Gudeg

Semua orang  pasti tahu bahwa gudeg merupakan makanan khas yang berasal dari Yogyakarta. Gudeg di bagi menjadi dua jenis, ada gudeg basah dan ada gudeg kering. Gudeg basah tidak cocok dibawa pulang. Sedangkan gudek kering bisa bertahan hingga 3 hari. Gudeg sendiri merupakan makanan khas dari Jogja berupa nasi yang berisi lauk berupa ceceg atau nangka muda yang sudah dimasak dalam jangka waktu yang lama, selain itu ada varian lauk seperti telur dan daging sesuaikan dengan keinginan. Pada umumnya rasa gudeg manis, namun ada juga gudeg pedas yang berada di beberapa tempat di Jogja. Untuk gudeg yang bisa dibawa pulang adalah gudek kering, namun ada juga gudeg kaleng yang sangat praktis untuk dibawa pulang.

pxhere.com
  • Coklat Monggo

Di Indonesia anda juga bisa mendapatkan coklat monggo, tepatnya di kota Yogyakarta. Kita tidak perlu datang jauh-jauh ke Belgia. Cukup ke Jogja maka anda bisa mendapatkan coklat Monggo dari Yogyakarta. Coklat Monggo merupakan coklat yang diolah menggunakan biji coklat Jawa, Sulawesi dan Sumatera. Pemilik coklat Monggo merupakan orang yang berasal dari Belgia, maka tidak heran jika ia mengetahui proses pembuatan coklat yang sama dengan coklat dari Belgia.

  • Wader Crispy

Makanan khas lainnya yang bisa anda beli adalah wader crispy. Oleh-oleh satu ini sedang ngehits di kota Jogja. Wader crispy dibuat menjadi keripik yang digoreng dan dibalut dengan tepung. Makanan ini sangat populer dan disukai banyak orang.

  • Keripik tempe sagu

Anda juga bisa memilih keripik tempe sagu sebagai makanan khas yang cocok dibawa pulang. Keripik tempe sebenarnya bisa anda temukan dengan mudah di kota lain selain Jogja, namun yang membedakan keripik ini dengan yang lainnya terletak pada penambahan sagu yang membuat keripik semakin gurih dan renyah.

  • Salak Pondoh

Jangan salah ternyata kota Jogja menjadi salah satu kota yang memiliki kebun salak pondoh. Kebun ini berada di kaki gunung Merapi daerah Turi. Buah salak di tempat ini sangat khas, anda bisa membawa salak pondoh dari kaki gunung merapi sebagai oleh oleh pulang ke rumah.

pxhere.com

Oleh Oleh Khas Yogyakarta

Di kota Yogyakarta atau yang dikenal dengan nama Jogja anda juga bisa memilih oleh-oleh khas Jogja berupa barang unik. Anda bisa mendapatkan kerajinan perak di Kotagede, Yogyakarta. Ada banyak sekali perhiasan dari perak yang dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu batik Beringharjo juga bisa menjadi alternative yang bagus untuk orang-orang di rumah. Batik tidak hanya berbentuk pakaian saja, anda bisa mendapatkan batik tas, syal dari batik bahkan ada juga kerajinan sandal yang unik. Datangi juga gerabah Kasongan yang penuh dengan seni. Kualitas gerabah di tempat ini tidak perlu diragukan lagi. Dan salah satu barang yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Jogja adalah membeli kaos Dagadu. Selain Jogja ternyata ada banyak kota di Indonesia yang memiliki kaos sendiri. Contohnya Bali yang memiliki Joger dan oleh oleh khas Surabaya berupa kaos Cak Cuk.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *