Umum

Motor Roda Tiga

May 6, 2019

Motor merupakan salah satu alat transportasi yang hampir dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Selama ini motor yang dikenal masyarakat merupakan kendaraan beroda dua dengan berbagai tipe. Namun seiring berjalannya waktu, motor beroda dua tersebut dimodifikasi sehingga menjadi kendaraan motor roda tiga yang lebih multifungsi. Tidak hanya sekedar menjadi alat transportasi saja, motor beroda tiga tersebut juga bisa digunakan untuk mengangkut barang-barang sehingga lebih praktis dan efisien. Jika anda penasaran dengan motor beroda tiga yang kini semakin populer di tanah air maka dalam artikel berikut akan diulas informasinya.

Fakta Menarik Motor Roda Tiga

Mungkin baru-baru ini motor beroda tiga mulai hits di kalangan masyarakat Indonesia. Padahal motor dengan tiga roda tersebut sebetulnya sudah ada sejak dulu namun dengan model yang berbeda dari sekarang. Motor beroda tiga yang saat ini hits tersebut juga diproduksi mengikuti perkembangan zaman. Dimana motor tersebut dibuat bertenaga listrik sehingga lebih ramah lingkungan. Bagi anda yang ingin tahu seputar motor beroda tiga ini maka berikut ini akan diberikan informasinya.

pxhere.com
  1. Harga yang Terjangkau
    Meskipun dibuat dengan jumlah roda yang lebih banyak dari motor pada umumnya, namun nyatanya motor beroda tiga ditawarkan dengan harga yang tergolong murah. Saat ini di Indonesia, motor tersebut ditawarkan dengan harga sekitar 11 juta rupiah hingga 40 juta rupiah. Bahkan diluar negeri harganya juga tak kalah terjangkau sehingga semakin banyak konsumen yang ingin memiliki motor hits tersebut.
  2. Beragam Model
    Saat ini di tanah air, motor beroda tiga yang paling terkenal adalah yang bentuknya menyerupai bajaj namun terkesan lebih modern. Sedangkan di luar negeri, motor ini justru tersedia lebih bervariasi karena ada yang berbentuk seperti mobil balap, motor untuk lansia dan motor yang mempunyai kabin barang. Untuk mengecek model-model motor tersebut anda bisa melihatnya melalui internet.
  3. Irit Bahan Bakar
    Fakta berikutnya seputar motor beroda tiga yaitu lebih irit bahan bakar karena kebutuhan bahan bakar motor ini lebih kecil dari 50 cc atau bisa juga 650 cc. Selain itu motor ini juga ada yang menggunakan tenaga listrik sehingga dijamin jauh lebih irit bahan bakar.
  4. Digerakkan dengan Motor Elektrik, Skuter, Sepeda Motor dan Mesin Mobil
    Fakta berikutnya bahwa motor beroda tiga ternyata digerakkan memakai mesin motor elektrik, skuter, sepeda motor maupun mesin mobil bergantung dari model motor tersebut. Jika penumpang didesain duduk di depan dan belakang maka disebut mobil. Bila penumpang duduk dikursi seperti menunggang kuda maka disebut sepeda motor. Untuk motor yang memakai mesin otomatis disebut dengan skuter. Tetapi adapula motor beroda tiga yang dipakai untuk masalah keseimbangan dan disebut dengan motor trike. Untuk yang dipakai mengangkut barang biasanya berbentuk menyerupai becak.
  5. Sudah Terkenal di Berbagai Negara
    Sebetulnya tipe sepeda motor beroda tiga sudah mulai marak pada abad ke-18. Dimana motor tersebut mulai digunakan di beberapa negara diantaranya Filipina, China, dan India. Bahkan di Indonesia keberadaan motor tersebut juga tak kalah semarak mulai dipakai untuk angkutan personal maupun barang.
pxhere.com

Keunggulan Motor Beroda Tiga

Setelah mengetahui fakta-fakta seputar motor beroda tiga, membuat anda lebih yakin untuk mencoba menggunakan motor unik yang satu ini. Namun bila anda masih merasa ragu maka ada beberapa keunggulan dari motor beroda tiga ini yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda. Berikut beberapa keunggulan yang dimaksud tersebut.

  1. Harga yang Lebih Murah Dibandingkan Membeli Mobil Pick Up
    Motor beroda tiga memang semakin diminati oleh masyarakat terutama bagi para pelaku usaha. Sebab motor ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan mobil pick up. Bagi pengusaha kecil, motor ini sangat mempermudah pengangkutan barang sehingga hemat waktu dan tenaga. Selain itu perawatan motor ini juga lebih murah dibandingkan mobil pick up. Untuk mengendarai motor ini tidak membutuhkan skill khusus seperti halnya mengendarai mobil sehingga siapapun yang bisa mengendarai motor maka bisa juga mengendarai motor beroda tiga ini.
  2. Perawatan yang Mudah
    Meskipun terlihat lebih besar dibandingkan motor beroda dua, namun ternyata motor roda tiga ini justru tidak memerlukan perawatan yang rumit seperti mobil. Sebab kapasitas motor beroda tiga yang jauh lebih kecil sehingga cukup mudah perawatannya. Bagi teknisi yang pernah mengikuti kursus mekanik motor maka kemungkinan bisa menservis motor ini karena memang tak jauh berbeda dari motor roda dua.

    pxhere.com
  3. Tenaga yang Besar
    Jika anda mengisi motor beroda tiga sesuai dengan kapasitas normal dan melakukan servis secara berkala maka performa motor ini akan tetap terus terjaga dengan baik. Terlebih motor ini mempunyai tenaga yang besar dan bisa dipakai untuk menempuh jarak yang cukup jauh. Pastinya tenaga motor yang besar memudahkan anda untuk mengantarkan barang meskipun kondisi jalannya padat atau sempit.

Demikianlah penjelasan seputar motor beroda tiga yang bisa menambah wawasan anda. Jika anda membutuhkan alat transportasi sekaligus pengangkut barang maka motor beroda tiga bisa menjadi solusi yang tepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *