teknologi

Mesin Digital Printing

August 23, 2019

Mesin Digital Printing  memilki nama lain yaitu large format printer merupakan sebuah teknologi mesin cetak yang mampu mereproduksi gambar dan juga teks dari komputer langsung ke media cetak tanpa melalui proses film maupun plat seperti mesin offset (contoh: cetak brosur) atau sablon (contoh: cetak umbul-umbul atau baliho). Mesin digital printing ini mulai masuk di indonesia kurang lebih 10 tahun yang lalu. Dengan dua jenis aplikasi atau ketahanan print, yaitu:

 

Mesin Outdoor

Pada mulanya mesin outdoor mempunyai resolusi rendah dan dot size yang besar (dapat dilihat dari volume drop tinta mencapai 80 pl pada saat itu).  Akan tetapi seiring dengan perkembangan teknologi seperti yang dikembangkan oleh Konica Minolta, Epson, Ricoh maupun Spectra; saat ini resolusinya sudah mendekati hasil dari mesin indoor dan dot size pun juga kecil atau bisa di katakana bahwa saat ini Epson memiliki drop volume 7pl dan Konica Minolta 14pl. Mesin ini memiliki kecepatan cetak tinggi, mulai dari 48 m2 – 300 m2 per jam. Mesin outdoor ini telah menggunakan teknologi Piezo Electric yaitu teknologi yang digunakan oleh Konica Minolta, Spectra, Seiko atau Piston yang digunakan oleh Ricoh. Masalah tinta yang digunakan yaitu tinta solvent based. Inilah yang membuat hasilnya tahan terhadap matahari dan air. Ketahanan hasil cetak bergantung pada beberapa faktor, seperti kualitas pigment dari pada tinta yang digunakan, media print yang dipakai media yang murah cenderung mudah berubah menjadi kuning dan kaku kemudian retak, serta posisi iklan apakah menghadap matahari selama 12 jam tiap harinya. Pada umumnya tinta dan media yang bagus bisa dan tahan digunakan selama minimal 9 bulan sampai dengan 12 bulan. Selain itu ada juga varian tinta lain seperti tinta UV curable dan tinta Latex.

Aplikasi beraneka ragam, seperti: Billboard, Umbul-umbul, Pilkada, Spanduk, Baliho, Neonbox, Banner, Hanging Banner, Car Signage (Iklan mobil / Bus), Wallpaper, Backdrop, dan masih banyak lagi.

Media yang bervariasi tergantung kegunaannya:

Flexi Frontlite : media ini digunakan untuk Billboard, Baliho, Pilkada, Banner, Umbul – umbul, Spanduk, Tenda

Flexi Backlite : media untuk Neonbox

Stiker(seperti Stiker DURATAC) : untuk Car Signage (Iklan mobil / Bus), bisa juga di kombinasikan dengan mesin cutting stiker sehingga hasil cetakan di potong sesuai dengan bentuk gambar.

One Way Vision : media ini khusus untuk di kaca seperti di mobil angkutan umum, bus, mobil maupun di dalam ruangan.

Wallpaper : mmedia khusus untuk di tempel di dinding rumah, kantor, maupun apartemen bisa juga digunakan seperti kanvas untuk lukisan. (media tidak tahan air).

PVC Banner : khusus untuk di pasang di X banner, Roll Banner, Roll Banner Electric, Hanging Banner atau tidak mudah melengkung.

Photopaper : untuk cetak foto keluarga, menu makanan, poster (media tidak tahan air).

PP Paper : media yang di gunakan untuk di pasang pada media luar ruang seperti banner, poster, maupun menu makanan (Sudah jarang digunakan di banner karena media mudah melengkung).

pixabay.com

Mesin Eco Solvent

Dikarenakan adanya permintaan akan hasil cetak yang tahan air dan matahari serta jarak pandang yang dekat, maka beberapa pabrik teknologi mengeluarkan solusi atas kebutuhan pasar ini.

Hasil cetak yang terhalus untuk varian mesin outdoor karena ditunjang resolusi tinggi dan dot size yang kecil (mesin yang beredar di pasaran mempunyai dot size 6 – 7 pl).

Kecepatan relative sedang berkisar antara 15 – 20 m2 per jam untuk teknologi dari Epson. Namun teknologi buatan Konica Minolta maupun Ricoh mampu mencetak dengan speed yang lebih tinggi dan hasil yang mendekati dengan teknologi dari Epson.

Menggunakan teknologi Piezo Electric untuk pabrikan Epson dan Konica Minolta, serta teknologi Piston untuk Ricoh.

Aplikasi sama dengan mesin outdoor namun cenderung digunakan untuk mencetak di bahan stiker atau PVC Banner yang memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan flexi.

Sama dengan mesin outdoor karena media yang digunakan pun sama dengan menggunakan tinta dengan berbahan dasar solvent.

pixabay.com

Mesin Indoor

Hasil cetakan mesin indoor sangat halus mempunyai resolusi 600 – 1200 dpi, sekarang sudah bisa mencapai 4800 dpi. Mesin ini sudah menggunakan teknologi Thermal (digunakan oleh Hewlet Packard) maupun Piezo Electric (di adopsi oleh Epson).Kecepatan cetak rendah, pada umumnya di bawah 10m2 per jam.Tinta yang digunakan adalah tinta water based (sehingga tidak tahan matahari dan tidal tahan air).

Meskipun, terdapat jugaa varian tinta pigment yang di klaim bisa tahan. Namun tinta pigmen hanya bisa bertahan maksimal 1 bulan.Media yang digunakan umumnya berbahan dasar PET, terdapat pula bahan lain seperti photopaper.Contoh aplikasinya adalah berbagai media promosi termasuk juga media luar ruang seperti  banner, poster, neonbox indoor dan lain – lain.

 

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai mesin digital printing. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *