Persyaratan Menikah Di KUA

www.pexels.com

Menikah merupakan sebuah tahapan hidup yang di cita cita kan oleh masyarakat pada umumnya. Ketika anda beranjak dewasa anda tentu menginginkan pernikahan segera. Namun bukan hanya dari segi mental saja anda harus mempersiapkan diri. Namun dari segi financial anda juga haruslah siap dan sudah matang. Setidaknya untuk mulai membangun sebuah rumah tangga anda sudah memiliki pekerjaan tetap. Karena ketika anda menikah maka otomatis tanggung jawab anda pun akan banyak bertambah. Dan untuk menyelenggarakan pernikahan tentunya anda membutuhkan biaya yang cukup banyak. Selain mempersiapkan pesta pernikahan anda juga haruslah mempersiapkan dokumen dokumen untuk mendaftarkan pernikahan anda ke pihak KUA. Hal tersebut dilakukan agar pernikahan anda terdaftar dalam hukum dan negara. Sehingga pernikahan anda bisa syah di mata agama, hukum maupun negara. Biaya untuk melakukan pendaftaran pernikahan adalah gratis. Ketika anda mengajukan permintaan di jam kerja KUA maka anda tidak dikenakan biaya. Namun jika diluar jam tersebut maka anda dikenakan biaya lagi. Untuk bisa melakukan pendaftaran pada KUA anda haruslah memenuhi beberapa persyaratan dokumen. Bagi anda yang ingin menikah dan kurang mengetahui dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftarkan pernikahan anda di KUA maka anda bisa mencaritahunya di internet atau menanyakannya pada kerabat yang sudah menikah.

www.pexels.com
  1. Setelah mengumpulkan dokumen dokumen yang dibutuhkan anda haruslah segera mengurusnya ke pihak KUA agar proses pernikahan anda bisa berjalan dengan lancar. Namun sebelumnya anda juga harus mengetahui tentang prosedur pengajuan nikah di KUA. Agar tidak salah maka akan dibahas seperti dibawah ini.
  2. Mentukan lokasi akad nikah. Hal ini dilakukan agar anda mengetahui dimana anda bisa mengurus dokumen dokumen yang anda butuhkan. Karena setiap daerah memiliki aturan dan tata caranya masing masing. Jika anda mengurus penikahan sesuai dengan domisi anda di KTP maka prosesnya akan mudah. Anda hanya perlu mengikuti ketentuan yang berlaku. Namun berbeda jika anda mendaftarkan pernikahan di wilayah yang berbeda dengan KTP anda. Pasalnya anda diharuskan mendapat surat pengantar dari KUA yang sesuai dengan domisili KTP anda.
  3. Mengetahui alur dan proses pernikahan. Ini merupakan hal yang terpenting. Karena pasalnya jika anda ingin menikah namun tidak mengetahui ketentuannya maka tentunya akan sangat menyulitkan. Untuk itu sebaiknya anda mengetahui alur dan proses penikahan yang akan anda jalani. Meskipun anda merupakan orang asing maka anda tetap diharuskan untuk mengikuti proses yang berlaku sesuai hukum. Pertama anda haruslah melapor kepada RT setempat tinggal anda untuk mendapatkan surat pengantar. Kemudian anda datang ke pihak kelurahan untuk mengurus pendaftaran menikah. Biasanya jangka waktu yang ditentukan minimal seminggu sebelum menggelar acara. Kemudian anda akan diminta membayar sejumlah tertentu sesuai dengan kesepakatan. Kemudian serahkan bukti pembayaran anda kepada pihak KUA setempat. Dokumen anda akan diperiksa kelengkapannya dan kevalidasiannya. Jika semua data telah lengkap maka anda bisa melaksanakan akad nikah sesuai dengan waktu dan tempat yang telah disepakati.

Itulah sekiranya beberapa hal yang harus anda penuhi untuk bisa mendaftarkan pernikahan anda. Dalam berjalannya proses tersebut tentu akan membutuhkan banyak biaya. Untuk itu sebaiknya anda telah mempersiapkan dana yang cukup agar proses pernikahan anda dapat berjalan dengan lancar. Tentu akan menyulitkan jika proses pernikahan anda tertunda hanya karena masalah biaya. Untuk itu persiapkan diri anda dengan baik.

www.pexels.com

Inpirasi baju pengantin muslim

Menyelenggarakan pesta pernikahan merupakan salah satu impian banyak pasangan yang sudah serius dengan hubungan yang mereka bina. Dimana para pasangan ingin meresmikan hubungan mereka kedalam ikan yang suci dan halal di mata Allah. Apalagi bagi para wanita, menyelenggarakan pesta pernikahan yang meriah dan glamor merupakan salah satu impiannya. Dimana wanita menginginkan bisa menjadi ratu seharian. Menggunakan baju pengantin muslim yang indah dan berdandan dengan cantik dan menjadi pusat perhatian para tamu yang datang. Tentunya karena pesta sekali seumur hidup maka banyak pasangan yang tidak ingin melewatkan pesta pernikahan ini. Namun kebanyakan gaun pesta identik tentang menonjolkan kesexyan wanita saat memakainya. Sehingga terlihat lebih elegan. Hal tersebut menjadi sebuah kekhawatiran bagi para wanita yang berhijab. Pasalnya para wanita berhijab juga ingin terlihat elegan namun tetap dalam balutan syar’i. Untuk itu anda haruslah mempersiapkannya dengan matang. Di zaman maju seperti sekarang ini tentu juga sudah berkembang baju pengantin muslim yang bisa dikenakan para wanita hijab. Disini akan diberikan beberapa inspirasi baju pengantin muslim yang mungkin bisa menjad masukkan bagi anda yang akan menyelenggarakan pesta pernikahan.

  1. Gaun putih klasik. Pesta pernikahan kental akan kesucian dan kehitmatan yang terkandung didalamnya. Sehingga akan sangat cocok jika anda menggunakan gaun putih yang memiliki arti kesucian. Yang bisa diibaratkan sebuah kesucian cinta yang akan diresmikan. Anda bisa mengkombinasikan gaun putih anda dengan brokat ataupun payet payet untuk memperindah baju anda. Jangan lupa menambahkan aksesoris pada hijab ataupun tangan anda. Dengan begitu penampilan anda bisa lebih menarik.
  2. Gaun pastel. Memang kebanyakan para pasangan pengantin memilih gaun berwarna putih untuk melambangkan kesucian cinta mereka. Namun bagi anda yang ingin berbeda dan menghadirkan pesta yang ceria maka bisa memilih gaun pastel. Gaun ini berwarna kalem yang bisa menggambarkan ketenangan yang ingin didapatkan setelah membangun sebuah keluarga.
  3. Gaun berwarna netral. Mungkin kebanyakan pasangan berpikir jika gaun berwarna netral tidak terlalu menarik atau membosankan. Namun padahal pada penerapannyagaun berwarna netral ini merupakan salah satu warna yang mudah untuk dipadupadankan dengan baik. Karena warnanya netral maka anda bisa dengan mudah untuk mencocokan baju dengan mempelai pria maupun dengan dekorasi yang anda inginkan. Anda bisa menambahkan payet payet atau sworoski agar tampilan gaun anda terlihat lebih indah dan elegan.
  4. Gaun glamour. Kebanyakan wanita tentu menginginakn penampilan yang glamor pada saat menyelenggaran pernikahan. Sehingga kebanyakan dari wanita tentu memilih gaun yang terlihat glamour untuk dikenakan. Pemilihan warna juga akan sangat berpengaruh terhadap penampilan anda. Anda bisa menambahkan beberapa aksesoris dan manik manik yang bisa membantu penampilan anda sehingga terlihat lebih glamour.
  5. Gaun pengantin dengan model syar’i. Kebanyakan wanita di zaman sekarang ini menggunakan hijab dan sering khawatir ketika ingin melangsungkan pernikahan karena harus tetap menutup auratnya. Banyaknya minat masyarakat akan baju pengantin muslim membuat para desainer untuk mengembangkan dan membuat gaun pengantin muslim yang menarik. Sehingga anda tidak lagi perlu khawatir jika ingin menggunakan baju pengantin muslim. Karena di zaman sekarang ini sudah banyak model baju pengantin muslim yang bisa anda pilih. Aksen ekor dibelakang gaun membuat baju pengantin anda terlihat lebih glamor dan indah.
www.pexels.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*