Umum

Mengenal Manajemen dan Fungsi Keuangan di Dalam Perusahaan

June 24, 2019

 

 

Manajemen keuangan yaitu keseluruhan kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan cara pengelolaan, penggunaan, dan pendapatan keuangan. Tujuan dari manajemen keuangan adalah mengelola aset dan dana yang kepemilikannya punya perusahaan, memaksimalkan profit perusahaan, mengoptimalisasi keberlangsungan dan kekayaan perusahaan secara efisien, dan mengurangi biaya modal berlebih serta manajemen keuangan ini merupakan aktifitas dalam mencapai tujuan dan sasaran target perusahaan serta menjaga arus keuangan perusahaan. Ruang lingkup dari manajemen keuangan sendiri yaitu terletak pada keputusan pendanaan, kebijakan investasi, dan keputusan dalam pengelolaan aset. Fungsi dari manajemen keuangan adalah untuk melakukan perencanaan budgeting, melakukan pengendalian keuangan perusahaan, memeriksa keuangan dengan standar akuntansi, dan melaporkan keseluruhan laporan keuangan.

Mengetahui segala hal yang berkaitan dengan fungsi keuangan

Membahas manajemen keuangan, hal ini berkaitan juga dengan fungsi keuangan dalam perusahaan. Fungsi keuangan sendiri yaitu kegiatan mengelola dan menentuka dengan tepat sasaran terhadap sumber-sumber dana agar di dalam perusahaan terdapat dana yang mencukupi. Peran dari fungsi keuangan sendiri yaitu agar sumber dana yang digunakan oleh perusahaan tidak boros serta efisien, dengan adanya keefisienan dalam penggunaan dana perusahaan akan mendekati sasaran target yang akan dicapai. Tujuan adanya fungsi keuangan sendiri untuk menyeimbangkan dan mengendalikan likuiditas serta rentabilitas yang akhirnya dapat memberikan hasil yang maksimal profit perusahaan. Kebutuhan keuangan sendiri dibagi menjadi 2 yaitu kebutuhan operasional dan kebutuhan sumber dana.

Membahas mengenai sedikit tentang manajemen keuangan dan fungsi keuangan. Maka kali ini akan dibahas mengenai kebutuhan keuangan yang terdiri dari kebutuhan operasional dan sumber dana. Kebutuhan operasional yaitu kebutuhan yang dilakukan secara rutin dalam penyelenggaraan keseluruhan kegiatan perusahaan, seperti contohnya adalah kebutuhan akan alat tulis kantor dan kebutuhan untuk dapat meningkatkan SDM di perusahaan. Sedangkan, kebutuhan sumber dana adalah keputusan yang berada di tangan manajer keuangan perusahaan untuk dapat menjalankan keseluruhan kegiatan yang ada di perusahaan dengan mencari sumber dana perusahaan. Sumber dana perusahaan sendiri ada dua yaitu sumber dana sendiri  yang tertuju pada modal inti atau pelengkap dan sumber dana dari luar yang merujuk pada badan usaha atau masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *