Umum

Mengenal Jenis Ikan Terapi yang Banyak Digunakan Untuk Perawatan

August 13, 2019

 

 

Deskripsi:

Tidak semua jenis ikan bisa menjadi ikan terapi. Terdapat beberapa ikan khusus yang digunakan untuk terapi perawatan dan kesehatan. Apa saja jenis ikan tersebut? Simak penjelasan berikut.

 

Artikel:

Ikan terapi adalah jenis ikan yang bisa digunakan untuk terapi. Terapi yang dimaksudkan bisa berupa perawatan kulit atau untuk meringankan penyakit kulit. Kini, salon perawatan sudah banyak yang menyediakan jasa ikan terapi ini. Biasanya ikan ini akan memakan kulit-kulit mati pada bagian tubuh anda yang direndam dalam air. Hasilnya kulit yang diterapi akan lebih indah dan lebih sehat.

 

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan terapi dengan ikan. Pertama yaitu sanitasi dan kehigienisan air yang digunakan karena bisa jadi anda tertular penyakit baru. Kedua adalah terjadi kekerasan pada ikan karena ikan terapi biasanya tidak diberi makan dan akhirnya terpaksa memakan kulit-kulit mati.

 

Perihal kedua hal yang perlu diperhatikan, bagi anda yang ingin melakukan terapi atau ingin memulai bisnis ini baiknya mengenal jenis ikan terapi. Dari sekian banyak jenis ikan hanya beberapa ikan yang bisa digunakan menjadi ikan terapi. Apa saja? Berikut informasi selengkapnya.

 

Mengenal Jenis-jenis Ikan Terapi

Jenis ikan terapi biasanya memiliki ukuran tubuh kecil dan memakan mangsa dengan menyedotkan. Berikut beberapa jenis ikan terapi yang bisa anda temukan:

 

  1. Jenis Ikan Garra Merah

Pengobatan dengan ikan ini bisa meringankan peradangan kulit yang dialami pasien. Namun, bukan berarti bisa langsung sembuh karena ikan ini hanya memakan kulit-kulit mati pada tubuh anda. Spesies ikan kecil yang masuk jenis keluarga cyprinidae ini banyak ditemukan di wilayah perairan air tawar.

 

  1. Jenis Ikan Garra Panda

Ikan ini memiliki corak warna hitam putih layaknya panda. Ukuran tubuh ikan garra panda maksimum 9 centimeter (cm). Ikan ini biasanya banyak ditemukan pada aliran sungai yang deras.

 

  1. Jenis Ikan Nilem

Selain dagingnya dapat dimakan, ikan nilem bisa juga dijadikan sebagai ikan terapi. Ikan ini biasanya bergerombol saat memakan makanannya sehingga saat menterapi kaki anda ikan-ikan ini akan datang bersamaan.

 

Sekian informasi mengenai berbagai jenis ikan terapi yang biasa digunakan untuk perawatan. Ingat selalu perhatikan kehigienisan air dan ikan tempat anda melakukan terapi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *