Umum

Memperlancar Asi dengan Daun Katuk

August 29, 2019

 

Seorang wanita yang telah melahirkan tentu memiliki keinginan untuk menyusui anak nya. Menyusui terkadang menjadi salah satu masalah bagi para ibu muda ini. Sering kali asi yang dihasilkan tidak terlalu lancar hingga membuat para ibu ini terpaksa untuk memberikan bayi – bayi mereka susu formula. Susu formula memang mangandung bahan – bahan lengkap yang bergizi akan tetapi semua itu tidka dapat mengalahkan asi yang di dapat dari ibu. Pada masa sekarang ini telah banyak pil – pil atau obat – obat kimia untuk memperlancar asi. Terkadang obat tersebut berdampak pada bayi. Sehingga bayi turut merasakan efek obat tersebut dan mengakibatkan tubuhnya merespon dengan alergi ataupun dengan masalah pencernaan.

Salah satu cara untuk mengatasi asi yang tidak terlalu lancar adalah dengan menggunakan bahan – bahan herbal atau tumbuhan alami yang tidak memiliki dampak buruk untuk kesehatan ibu dan anak. Tanaman tersebut adalah daun katuk. Sejak zaman dulu daun katuk telah dikenal sebagai salah satu solusi bagi ibu yang ingin meyusui. Daun katuk dipercaya dapat memperlancar asi dana man bagi buah hati. Daun katut tumbuh subur di banyak tempat di seluruh Indonesia. Di landing – ladang atau bahkan sengaja ditanam untuk dijadikan sayuran. Hal tersebut tentu memudahkan para ibu yang ingin asinya lancar untuk mengkonsumsi daun katuk ini.

Daun katuk ini kaya akan vitamin K, betakaroten, fosfor ,kalium dan banyak kandungan lain yang snagat berguna untuk ibu – ibu yang sedang menyusui. Selain itu daun katuk berwarna hijau agak gelap yang menandakan daun tersebut memiliki kandungan klorofil yang cukup banyak dan snagat bergizi. Klorofil adalah zat hijau daun yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Mengkonsumsi daun katuk sebagai bahan memperlancar asi juga sangat mudah. Memasak daun katuk secara biasa untuk dijadikan lauk juga tidak akan menghilangkan kandungan baik pada tanaman ini. Mengkonsumsi daun katuk secara teratur akan dapat meningkatkan produksi asi dari ibu – ibu yang menyusui. Konsumsi daun katuk secara rutin asi akan menjadi lebih lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *