Umum

Cara Membuat Proposal Skripsi

January 30, 2019

Sebagai seorang mahasiswa tingkat akhir maka anda akan dihadapkan pada pembuatan skripsi sebagai tahap akhir sebelum akhirnya dinyatakan lulus dari perguruan tinggi. Berdasarkan informasi yang ada pada KBBI, skripsi merupakan karanga ilmiah ang wajib ditulis oleh seorang mahasiswa sebagai syarat akhir pendidikan akademisnya. Nantinya skripsi yang sudah jadi akan dinilai oleh dosen pembimbing serta hasilnya yang akan menentukan mahasiswa tersebut layak lulus atau belum. Namun sebelum skripsi tersebut tersusun maka harus dibuat proposal skripsi terleih dahulu. Untuk anda yang masih akan menghadapai mata kuliah skripsi maka sebaiknya ketahui cara membuat proposal skripsi.

www.pexels.com

Bagian-Bagian Pokok Dalam Proposal Skripsi

Tahap awal pembuatan skripsi dimulai dengan pembuatan proposal skripsi. Melalui proposal skripsi inilah seorang mahasiswa bisa secara leluasa menjelaskan topik pembahasan yang akan diangkat dalam skripsi tersebut. Perlu anda ketahui bahwa secara umum dalam sebuah proposal skripsi terdapat tiga bagian penting yang sebaiknya harus ada. Dimana bagian penting dalam proposal skripsi tersebut yaitu bagian awal, bagian pokok serta bagian akhir. Untuk bagian awal proposal skripsi meliputi sampul, halaman persetujuan pembimbing, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar serta daftar lampiran.

Sedangkan untuk bagian pokok proposal skripsi meliputi bagian pendahuluan, landsan teori, dan metode penelitian. Untuk bagian akhir proposal skripsi yaitu daftar pustaka dan lampiran. Namun untuk bagian inti dari proposal skripsi tersebut berada pada bagian pokoknya. Sebelum anda mengetahui cara membuat proposal skripsi maka ketahui terlebih dahulu bagian pokok proposal skripsi diantaranya sebagai berikut ini.

  1. Pendahuluan
    Bagian pokok dalam proposal skripsi yang perlu anda pahami sebelum mengetahui cara membuat proposal skripsi yaitu pendahuluan. Dalam bagian pendahuluan ini terdapat beberapa poin yang sebaiknya harus disertakan diantaranya latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian serta manfaat penelitian. Sebelum memulai membuat proposal skripsi, maka harus ditentukan terlebih dahulu topik atau judul yang akan diteliti. Selanjutnya masuk dalam bagian latar belakang yang berisi argumentasi yang akan diajukan oleh penulis yang merupakan masalah atau kesenjangan yang muncul di masyarakat. Adanya perbedaan antara teori dan praktik, harapan dan kenyataan maka hal inilah yang akan menjadi pembahasan penting dalam skripsi. Setelah menyusun rumusan masalah, selanjutnya menyusun perumusan masalahyang berisi tentang pertnyaan yang harus dijawab oleh penulis. Pertanyaan tersebut nantinya akan dijawab melalui hasil peenelitian yang akan dilakukan di dalam skripsi. Dalam pendahuluan juga akan ditentuka tujuan penelitian yang merupakan bagian untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di dalam perumusan masalah. Selain itu sangat penting pula disusun manfaat penelitian yang disesuaikan dengan tema penelitian tersebut.
  2. Tinjauan Pustaka
    Pada bagian kedua ini berupa tinjuan pustaka yang berisi penjelasan mengenai hasil-hasil penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan penelitian tersebut. Dalam hal ini dibutuhkan setidaknya 3-4 halaman yang memuat hasil penelitian serta penegasan posisi penelitian yang akan dilakukan. Sumber pustaka yang dirujuk di bagian tinjauan pustaka ni akan dicantumkan dalam daftar pustaka. Dalam tinjauan pustaka ini juga terdapat landasan teori yang berisi rangkuman teori yang diambil dari buku atau literatur untuk mendukung penelitian. Untuk landasan teori ini bisa berbentuk uraian kualitatif, tools yang berhubungan dengan permasalahan serta model matematis. Tak lupa untuk mencantumkan rujukan sumber teori yang dicantumkan dalam kalimat atau pernyataan sesuai daftar pustaka.
  3. Metodologi Penelitian
    Bagian proposal skripsi ini sangat penting anda pahami untuk mengetahui cara membuat proposal skripsi. Sebab dalam metodologi penelitian ini akan dijelaskan mengenai byek atau lokasi penelitian, data yang dibutuhkan sesuai dengan obyek penelitian, metode pengumpulan data yang digunakan selama penelitian, metode analisis data serta langkah dan diagram alur langkah penelitian. Tak lupa pula mencantumkan jadwal pelaksanaan penelitian yang bisa disajikan dalam bentuk tabel.
www.pexels.com

Tips Menemukan Ide Topik Proposl Skripsi

Sebelum anda membuat proposal skripsi tentulah anda harus menentukan terlebih dahulu ide atau topik yang akan anda angkat dalam penelitian skipsi. Memang tidaklah mudah untuk menentukan ide atau topik sebuah proposal skripsi. Bahkan banyak mahasiswa tingkat akhir yang merasa kesulitan untuk menemukan ide yang benar-benar orisinil dan disetujui oleh dosen pembimbing. Sebelum melangkah ke cara membuat proposal skripsi maka berikut ini akan dijelaskan tips menemukan ide topik proposal skripsi yang perlu anda ketahui.

  1. Amatilah berita yang akhir-akhir ini sering muncul di berbagai media. Silakan cermati dari beberapa berita tersebut untuk menemukan permasalahan yang bisa anda bahas secara ilmiah.
  2. Membaca lebih banyak buku serta memahami teori yang ideal sehingga memudahkan anda untuk melihat kesenjangan di sekitar anda.
  3. Dalam menentukan ide topik proposal skripsi sebaiknya banyak-banyaklah berdiskusi dengan teman-teman sejurusan, orang-orang profesional maupun dosen anda. Dengan begitu mereka akan membantu anda untuk memantik ide sehingga ide tersebut bisa anda kembangkan menjadi topik pembahasan dalam skripsi.

10 Cara Membuat Proposal Skripsi yang Ringkas dan Jelas

Setelah memahami beberapa penjelasan di atas seputar propsal skripsi, selanjutnya akan diberikan informasi mengenai 10 cara membuat proposal skripsi. Dimana cara-cara pembuatan proposal skripsi kali ini akan dibuat lebih ringkas dan tentunya lebih mudah untuk anda pahami. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan dijelaskan 10 cara pembuatan proposal skripsi yang perlu anda ketahui.

  1. Mencari Ide Penelitian
    Cara membuat proposal skripsi yang pertama yaitu dengan mencari ide penelitian. Menentukan ide penelitian memang sangat penting dilakukan karena merupakan bagian awal dari proses kerja penelitian skripsi. Seperti yang sudah disampaikan di atas bahwa dalam menentukan ide untuk topik penelitian maka anda harus mencari masalah yang ada di sekitar anda. Dari permasalahan tersebut harus ada fakta maupun data yang akan disesuaikan dengan teori untuk selanjutnya dilakukan penelitian.
  2. Mengumpulkan dan Membaca Literatur Sebanyak Mungkin
    Untuk memperoleh ide sebuah penelitian maka anda harus banyak membaca jurnal ilmiah maupun hasil penelitian. Sesudah anda memperoleh ide dan mantap maka selanjutnya anda harus memperbanyak leiteratur yang berkaitan dengan penelitian tersebut. Namun sebaiknya literatur yang anda pilih berupa dokumen panten dan jurnla ilmiah. Semakin banyak literatur yang anda kumpulkan maka akan membantu anda saat penyusunan rumusan masalah, tinjauan pustaka serta menyusun metode penelitian.
  3. Menyusun Masalah Penelitian
    Sesudah anda mengumpulkan serta membaca literatur untuk mendukung topik penelitian, selanjutnya silakan susun rumusan masalah penelitian tersebut. Rumusan masalah dalam proposal skripsi biasanya dibuat dalam bentuk draf ang berisi latar belakang secara singkat serta masalah yang akan dipercahka melalui kegiatan penelitian tersebut.
  4. Berdiskusi Pertama dengan Dosen Pembimbing
    Cara membuat proposal skripsi yang berikutnya setelah anda menyusun rumusan masalah dari literatur dan permasalahan yang anda temui. Selanjutnya silakan menemui dosen pembimbing anda untuk mmebicarakan mengenai rencana penelitian. Namun sebelumnya buat daftar pertanyaan yang ingin didiskusikan dengan dosen oembimbing. Bila dari hasil diskusi tersebut ternyata dosen pembimbing menyatakan ide anda bagus maka anda bisa melanjutkan tahap pembuatan diagram alir. Namun bila dosen pembimbing masih belum menyetujui sebaiknya anda harus kembali pada tahap pertama.
  5. Membuat Diagram Alir Penelitian
    Dari literatur yang anda kumpulkan dan baca, maka anda bisa memulai untuk membuat diagram alir yang berisi tahapan penelitian yang akan dilakukan. Bahkan dalam diagram ini, anda juga tak perlu menulis secara rinci mengenai metode penelitian, alat dan bahan maupun metode analisa.
  6. Diskusi Kedua dengan Dosen Pembing
    Cara membuat proposal skripsi tahap berikutnya yaitu dengan bertemu dengan dosen pembimbing untuk kedua kalinya. Dalam pertemuan kedua ini anda dan dosen pembimbing akan mendiskusikan mengenai prosedur penelitian sesuai dengan draf yamg sudah dibuat. Upayakan hasil diskusi anda dan dosen pembimbing kali ini dapat benar-benar melahirkan metode penelitian secara final sehingga memudahkan anda untuk memyusun metode penelitian dalam bab III.
  7. Menyusun Metode Penelitian dan Menentukan Judul
    Sesuai hasil diskusi kedua dengan dosen pembimbing yang membahasan tentang prosedur penelitian, maka anda bisa memulai untuk menyusun Bab III. Dimana dalam bab tersebut akan membahasa tentang metode penelitian. Selanjutnya perumusan metode penelitian akan dilanjtkan dengan menyusun judul penelitian untuk proposal skripsi anda. Perlu anda pahami bahwa judul penelitian sebaiknya juga menujukkan metode serta masalah yang akan dikaji. Judul proposal skripsi tersebut nantinya akan menghasilkan keyword-keyword penelitian.
  8. Penyusunan Latar Belakang
    Selanjutnya anda harus menyusun latar belakang yang menjadi pengembangan dari rumusan masalah yang sudah anda buat sebelumnya. Dalam latar belakang ini juga menjawab seputar pengertian dari keywords yang ada di dalam judul. Namun latar belakang ini harus dibuat sesuai dengan permasalahan dan teori sehingga akan semakin memperkuat alasan kenapa penelitian tersebut harus dilakukan.
  9. Menyusun Tinjauan Pustaka
    Cara membuat proposal skripsi yang berikutnya yaitu dengan menyusun tinjauan pustaka. Penyusunan tinjaun pustaka ini didasarkan pada pengembangan latar belakang. Namun sebelum anda membuat tinjauan pustaka, sebaiknya buatlah kerangka berpikir terlebih dahulu atau dibuat dalam bentuk struktur tinjauan pustaka. Hindarilah plagiat dalam penyusunan tinjaun pustaka ini dengan menghindari copy paste maupun memasukkan nama penulis dari bahan rujukan.
  10. Berdiskusi Kembali dengan Dosen Pembimbing
    Bila anda sudah menyusun tinjauan pustaka dan Bab I dan Bab II sudah tersusun maka silakan menghadap ke dosen pembimbing. Pertemuan kali ini bertujuan untuk mendiskusikan hasil penyusunan proposal skripsi yang sudah anda buat. Bila anda melakukan penelitian bidang eksakta maka bisa mencoba terlebih dahulu melakukan penelitian sebelum melakukan seminar proposal. Pertemuan dengan dosen pembimbing sangat penting dilakukan supaya proposal skripsi anda benar-benar layak dan siap berlanjut pada tahap penelitian.
www.pexels.com

Itulah tadi penjelasan mengenai cara membuat proposal skripsi yang bisa menambah wawasan anda. Bila anda akan menghadapi mata kuliah skripsi maka sebaiknya pahami penjelasan di atas supaya pengajuan proposal skripsi anda berjalan lancar dan disetujui oleh dosen pembimbing. Namun jangan sampai lupa untuk sering berkonsultasi dengan dosen pembimbing agar hasilnya lebih optimal. Dengan begitu anda bisa segera melakukan penelitian dan dituangkan ke dalam skripsi. Nantinya dalam penyusunan skripsi tersebut anda akan dimudahkan dengan berbagai teknologi terbaru termasuk salah satunya adalah cara membuat daftar isi otomatis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *