Islam

Fakta Menarik tentang Masjid 99 Kubah

August 21, 2019

Adanya beberapa bangunan masjid di Indonesia merupakan salah satu bukti nyata adanya peninggalan peradaban sejarah islam dan akulturasi berbagai macam aliran budaya saat itu. Selain itu, masjid-masjid di Indonesia juga termasuk bukti masuknya Islam ke Indonesia yang memang sudah beberapa ratus tahun yang lalu. Di indonesia, beberapa bangunan masjid tertua tersebar di berbagai wilayah. Mulai dari Pulau Sumatera, Jawa sampai Ternate, dan Tidore. Pada dasarnya bangunan masjid ini juga bisa jadi sebuah tempah peribadatan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Seperti misalnya Samudera Pasai, Perlak, Demak, Kudus dan masih banyak lagi.

Bicara mengenai Masjid di Indonesia te tunya cukup menarik bukan? Terdiri dari berbagai bentuk dan desain. Mulai dari awal mula pendiriannya oleh siapa dan kapan waktunya serta bagaimana desainnya, baik interior atau pun eksterior. Yang mana pada zaman dahulu masih sering dikombinasikan dengan hasil akulturasi berbagai aliran budaya pada kala itu. Seperti misalnya aliran hindhu. Banyak Masjid yang sudah berusia puluhan bahkan ratusan tahun tetap mengusung konsep akulturasi ini. Mengapa demikian? karena akukturasi ini dahulu dimaksudkan untuk menarik perhatian agar banyak orang masuk islam serta menjaga kerukunan dan kedamaian antar sesama umat beragama walaupun berbeda. Hal ini diwujudkan dalam berbagai bentuk. Salah satu diantaranya adalah bangunan atap masjid yang bertingkat, dimana dalam agama hindhu dimaksudkan agar semakin tinggi atap maka semakin dekat dengan Tuhan dan Nirwana.

pixabay.com

Keunikan Masjid 99 Kubah menjadi Ikon Makassar dan Sulawesi Selatan

Berbeda dengan masjid-masjid pada umumnya, Masjid 99 Kubah ini memiliki desain yang unik dan jarang Anda temukan di tempat lain. Baik desain interior ataupun eksteriornya. Dengan desain dan gaya arsitektur terbaru akhir-akhir ini yang mana hampir menyerupai Landmark Rajasthan di India. Hal ini tentunya sangat menarik untuk Anda kaji lebih jauh terlebih lagi jika Anda mengunjunginya. Masjid 99 Kubah ini terletak di Makassar, Sulawesi Selatan. Dengan dibangunnya Masjid 99 Kubah ini diharapkan dapat membawa nama Makassar menjadi lebih dikenal dan popuer di kalangan masyarakat. Selain itu, Masjid 99 Kubah ini juga digadang-gadang menjadi ikon khusus kota Makassar, baik dimata Indonesia ataupun Dunia. Berikut adalah beberapa fakta tentang Masjid 99 Kubah yang perlu untuk Anda ketahui

Fakta Menarik tentang Masjid 99 Kubah

  1. Di desain oleh Ridwan Kamil

Bangunan yang berhasil di desain oleh Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 ini memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Sudah banyak bangunan megah yang berhasil di desain olehnya, khusunya bangunan masjid. Seperti salah satu contohnya adalah bangunan masjid tanpa kubah yaitu Masjid Al-Irsyad, yang terletak di Padalarang, Bandung Barat.

pixabay.com
  1. Diperkirakan sudah bisa digunakan pada bulan Ramadhan tahun 2019

Dikutip dari Dinas Pengelolaan Sumber Air (PSDA) Sulawesi Selatan tahun lalu, 2018. Pada tahun 2019 ini masjid 99 kubah sudah bisa digunakan, tepatnya pada bulan Ramadhan. Karena pada saat itu pembangunan masjid sudah mencapai 70%. Dan beberapa media berita juga sudah berhasil merangkum bahwa pada bukan Januari sampai Februari 2019 masuh dalam proses pemasangan kubah-kubahnya.

  1. Salah satu masjid unik di Indonesia, dengan berbagai ukuran kubah

Sesuai dengan namanya, Masjid 99 Kubah ini terbentuk dengan berbagai kombinasi kubah-kubah yang terdiri dari berbagai jenis, ukuran, dan warna. Dengan penataan dan desain yang unik serta warna-warna cerah seperti merah, jingga, orange, dan kuning maka Masjid ini semakin cantik. Ditambah lagi, Masjid 99 Kubah ini juga akan dilengkapi dengan pelataran suci layaknya masjidil haram di Makkah, yang mana diperkirakan mampu menampung kurang lebih sepuluh ribu orang. Cukup banyak bukan?

  1. Ikon baru Sulawesi Selatan, terutama Makassar

Selain Pantai Losari, kini Makassar audah mempunyai ikon terbaru yaitu Masjid 99 kubah ini. Selain dibangun dengan desain yang unik layaknya rajasthan India, Masjid ini merupakan hasil bangunan dari reklamasi Pantai Losari. Jadi, selain bangunannya unik dan cantik, panorama dan pemandangan disekelilingnya juga sangatlah mendukung  di tepi pantai dan dikelilingi oleh perairan laut.

Beberapa fakta-fakta tentang Masjid 99 Kubah diatas merupakan alasan mengapa masjid 99 kubah ini banyak menjadi incaran masyarakat dan banyak traveller. Mereka sudah sangat mengharapakan pembangunan masjid ini selesai, mungkin sudah tidak sabar untuk segera mengunjunginya. Selain itu, terdapat pula banyak media informasi dan situs pemberitaan yang meliput tentang keunikan dan kemegahan bangunan masjid yang menjadi ikon terbaru Kota Makassar dan Provinsi Sulawesi Selatan ini. Ditambah lagi, selain desain eksterior yang memikat, masjid 99 kubah ini juga mempunyai desain interior dengan berbagai ornamen dan kombinasi karpet yang indah. Hal ini disebabkan karena harga karpet masjid yang dipilih juga bisa dibilang cukup mahal, dimana setara dengan kemegahan masjid ini.

pixabay.com

Keindahan Masjid ini sudah tidak diragukan lagi, terutama pada saat terbenamnya matahari atau sunset. Maka, tidak jarang momen ini diabadikan oleh para fotografer dan para wisatawan yang datang ke Pantai Losari. Karena, pada dasarnya sunset di Pantai Losari ini juga memang audah terkenal akan keindahannya bukan? Ditambah lagi, kini sudah ada Masjid 99 Kubah ini.

Lantas tunggu apalagi, ayo segera agendakan kepergian Anda ke tempat ini. Terutama Anda Traveller Muslim, selain menuju tempat beribadah Anda juga bisa sambil berwisata ke pantai serta mengabadikan momen Anda di salah satu Masjid yang cantik dan unik di Indonesia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *