Keutamann Malam Lailatul Qadr

www.pexels.com

Bagi umat muslim, malam lailatul qadr merupakan malam yang istimewa dan banyak yang menunggu pada saat bulan romadhon tiba, bahkan ada yang tidak tidur untuk menunggu malam ini tiba. Karena memang malam lailatul qadr ini hanya bisa ditemui satu kali dalam satu tahunnya. Malam ini datang pada saat bulan puasa romadhon, biasanya dipenghujung akhir puasa mulai malam 21 hingga ke 30. Malam lalilatul qadr ini memiliki banyak keistimewaan sehingga mendapatkan julukan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Berikut ini keutamaan malam lailatul qadr.

Keutamaan malam lailatul qadr

  1. Malam turunnya Al-Qur’an

Allah menurunkan Al-Qur’an kepada Rasulullah SAW. Secara berpisah-pisah hingga 23 tahun sesuai dengan kejadian kehidupan yang ada selama itu. (tafsir Al-Qur’an Al-Azhim: 403)

www.pexels.com
  1. Malam lebih baik dari 1000 bulan

Maksudnya yaitu jika anda melakukan kebaikan atau ibadah pada saat malam lailatul qadr ini yang merupakan malam yang lebih baik dan utama dari seribu bulan. Amalanmu akan lebih baik dari malam-malam selain lailatul qadr.

  1. Malam penuh keberkahan

Dalam Al-Qur’an sudah dijelasakan dalam surat Ad-Dukhon: 3 yang berbunyi “sesungguhnya kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya kami-lah yang memberi peringatan”.

www.pexels.com
  1. Malaikat dan ruuh akan turun

Keistimewaan lainnya yaitu malaikat jibril dan juga ruh-ruh akan turun ke bumi. Dalam Qur’an surat Al-Qadr ayat 4 yang berbunyi “pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat jibril”.

Dengan banyaknya malaikat yang turun ke bumi menandakan banyaknya rahmad dan barokah sehingga malam tersebut merupakan malam yang istimewa.

  1. Malam salam

Maksudnya yaitu dalam Qur’an surat Al-Qadr ayat 5 yang berbunyi “malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar”.

Pada malam tersebut para jin dan syetan tidak bisa berbuat apapun, jadi syetan berhenti menjahili dan mengganggu manusia. Pada malam tersebut pula banyak yang selamat dari siksa api neraka. Memang malam lailatul qadr merupakan malam yang memiliki seribu keutamaan.

www.pexels.com

Amalan-Amalan Lailatul Qadr

  1. Perbanyak doa

Pada malam ketika hendak berakhirnya romadhon anda bisa melakukan sholat malam pada saat sepertiga malam. Hal ini untuk mendapatkan keistimewaan lailtaul qadr yang tidak bisa diketahui oleh siapa saja. Kemudian anda berdoa memohon ampun. Adapun untuk lafadz doanya “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul afwa fa’fu anna” yang artinya “ya Allah, sesungguhnya engkau maha pemaaf mencintai kemaafan, maka maafkanlah aku” (HR. Ibnu Majah, dishahihkan oleh Al-Albani)

  1. Melakukan i’tikaf di masjid

I’tikaf sendiri memiliki artian berdiam diri, i’tikaf bisa anda lakukan di dalam masjid tentunya dengan niat semata-mata untuk beribadah dan mendapatkan ridho Allah SWT. Namun tidak hanya berdiam diri saja akan tetapi anda melakukan wirid, dzikir, sholat malam atau sholat tahajud, baca Al-qur’an dan perbanyak doa mohon ampunan.

Demikian ulasan mengenai malam lailatul qadr. Setelah anda mengetahui keutamaan lailatul qadr maka anda bisa memperbanyak amalan pada saat malam menjelang berakhirnya romadhon. Jangan lupa perbanyak doa seperti istighfar agar diampuni dosa-dosa yang telah kita lakukan selama ini. selama masih ada kesempatan dengan lailatul qadr bisa kita manfaatkan peluang tersebut. Karena kita tidak tahu kapan Allah akan memanggil kita kembali pada-Nya. Beribadahlah selagi kita hidup agar kita tidak menyesal di kemudian hari. Semoga artikel ini membawa manfaat untuk anda para pembaca.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*