Umum

Mainan Anak Perempuan Penunjang Pertumbuhan

April 22, 2019

Tumbuh kembang anak merupakan fokus utama para orang tua terhadap buah hatinya. Bagi orang tua yang memiliki anak perempuan, mereka akan selalu memberikan perhatian penuh atas hal-hal yang diminati oleh puterinya, salah satunya adalah mainan. Mainan yang diperuntukan untuk anak perempuan harus sesuai dengan usia maupun minatnya. Lebih baik lagi jika mainan untuk sang puteri mampu mengasah kemampuan motorik anak. Dengan begitu, pertumbuhan sang anak dapat terjadi dengan baik. Mainan anak perempuan dapat ditemukan dengan mudah melalui toko penjual mainan anak. Berbeda dengan toko yang jual perosotan anak, toko penjual mainan untuk anak perempuan dipenuhi dengan beragam jenis mainan yang ditujukan untuk anak perempuan. Para orang tua dapat dengan mudah menemukan jenis mainan untuk anak perempuan yang dapat menunjung pertumbuhan dan tumbuh kembang anak.

pxhere.com

Beberapa Contoh Mainan Anak Perempuan yang Dapat Menunjang Pertumbuhan

Peralatan masak-masakan merupakan salah satu jenis mainan anak perempuan yang dapat berdampak pada pertumbuhan anak. Anak perempuan sebaiknya dikenalkan dengan peralatan masak-masakan sejak dini agar anak tersebut memahami jenis peralatan apa saja yang ada di dapur. Dengan pemahaman akan alat masak, anak perempuan dapat mengetahui kegunaan dari peralatan dapur. Akibat pengenalan akanĀ  peralatan dapur, anak perempuan nantinya memiliki keinginan untuk membantu sang ibu memasak di dapur. Kompor, panci, spatula, buah dan sayuran yang dibuat dari bahan plastik merupakan beberapa permainan yang melengkapi peralatan masak-masakan. Selain peralatan masak-masakan, berikut ini merupakan beberapa mainan untuk anak perempuan yang baik bagi pertumbuhan:

  1. Boneka

Boneka merupakan jenis mainan yang tidak dapat dipisahkan dari anak perempuan. Boneka sendiri dapat melatih motorik anak dan menumbuhkan rasa empati anak. Mainan dalam bentuk boneka ini dapat pula melatih sang anak ketika memiliki adik kelak. Anak perempuan dapat belajar cara untuk memberi makan, mandi dan mengenakan pakaian melalui boneka yang dimainkan.

  1. Lego

Mainan penunjang pertumbuhan lainnya yang baik untuk anak perempuan adalah lego. Lego sendiri merupakan mainan dalam bentuk bongkahan berukuran kecil yang dibuat dari bahan plastik. Untuk memainkan lego, anak perempuan harus menyusunnya hingga membentuk bentuk tertentu. Lego sangat baik untuk dimainkan karena permainan ini mampu merangsang daya kreatifitas para pemain. Tidak hanya merangsang kreatifitas, lego juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak perempuan.

  1. Rumah boneka

Rumah boneka dibagi menjadi beberapa ruang dan memiliki fungsinya tersendiri. Dengan keberadaan rumah boneka, anak perempuan memiliki aktiftas baik di dalam rumah. Anak perempuan dapat mengolah kreatifnya dengan melengkapi bagian rumah boneka dengan beberapa jenis furniture yang diinginkan.

pxhere.com

Mainan Anak Edukatif

Selain memperhatikan pertumbuhan anak, para orang tua juga harus memperhatikan pengetahuan anak dengan baik. Pengetahuan yang dibutuhkan oleh anak perempuan tidak hanya bersumber dari orang tua tetapi dapat pula diperoleh melalui mainan yang anak perempuan mainkan. Mainan dalam bentuk huruf dan angka merupakan jenis mainan anak perempuan yang mampu memberikan edukatif atau pembelajaran bagi anak. Dengan mainan huruf dan angka, anak perempuan dapat belajar dan bermain dalam satu kesempatan. Kemampuan anak perempuan dalam mengenal angka dan perbendaharaan angka akan semakin meningkat setiap waktunya. Karena memberikan dampak baik bagi perkembangan anak, para orang tua harus menyediakan mainan angka dan huruf di rumah. Untuk mengetahui jenis mainan anak yang edukatif lainnya, simak ulasannya di bawah ini:

  • Mainan kartu

Bermain secara berkelompok merupakan keputusan yang tepat untuk orang tua terapkan kepada anak perempuan. Dengan bermain secara berkelompok, anak perempuan dapat berkomunikasi dengan baik sehingga komunitas pertemanan dapat bertambah. Untuk berkomunikasi dengan baik, mainan kartu dapat menjadi andalan. Mainan kartu mampu memberikan perasaan gembira pada anak dan mampu mengenal bagaimana perasaan ketika kalah di dalam permainan. Tidak hanya itu, mainan kartu dapat pula mengasalah kemampuan berpikir anak perempuan.

  • Mainan block brick

Imajinasi dan kreatifitas anak perempuan dapat tumbuh akibat keberadaan mainan block brick. Dari mainan block brick, anak perempuan dapat mengolah daya imajinasinya untuk membuat benda atau bangunan tertentu. Agar tepat dimainkan oleh anak perempuan, para orang tua dapat memilih block brick yang dibuat dengan mekanisme sederhana.

pxhere.com
  • Puzzle

Jenis mainan untuk anak perempuan yang dapat memberikan edukasi dan baik bagi perkembangan adalah puzzle. Ketika bermain puzzle, anak dapat mengisi ruang yang kosong berdasarkan gambar dan bentuk puzzle yang tepat. Kecerdasan seorang anak mengenai ruang yang kosong akan terbentuk dengan sendirinya. Kemampuan berpikir anak perempuan akan semakin meningkat seiring berjalannya waktu dan kebiasaan bermain puzzle.

  • Permainan balok

Permainan balok menambah daftar mainan untuk anak perempuan yang baik bagi pertumbuhan. Mainan yang dibuat dari bahan kayu ini diciptakan dalam bentuk dan warna yang berbeda-beda. Imajinasi anak perempuan akan berkembang dengan baik akibat keberadaan permainan balok. Anak perempuan nantinya dapat mengenal bentuk, imajinasi yang tinggi dan berpikir dengan logis. Permainan balok sendiri sangat tepat dimainkan oleh anak berusia 3 tahun ke atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *