Umum

Legenda Laut Ikan Duyung

August 5, 2019

 

 

Beragam jenis ikan dan binatang laut yang ada di seluruh dunia memiliki keunikan dan karakteristik tersendiri. Banyak jenis – jenis binatang laut  yang sangat unik dan menarik untuk di teliti. Laut juga memiliki sebuah legenda yang hampir setiap orang mengetahuinya. Legenda tersebut adalah ikan duyung. Ikan duyung adalah salah satu legenda yang sangat terkenal di masyarakat. Banyak legenda yang menyatakan bahwa ikan duyung adalah seorang wanita cantik yang memiliki kaki berupa ekor ikan. Ikan duyung digambarkan sebagai wanita cantik yang tinggal di lautan. Duyung – duyung cantik ini yang menyebabkan banyak nelayan menghilang karena godaan dan hasutan dari para duyung ini. Akan tetapi pada kenyataannya ikan duyung yang sebenarnya bukan lah ikan duyung yang seperti dalam cerita dongeng.

 

Duyung Dunia Nyata Adalah Dugong

 

Duyung yang selama ini kita kenal dalam berbagai dongeng dan legenda ternyata bukan lah duyung asli yang hidup di lautan. Ikan duyung asli yang terdapat di lautan sering kali dipanggil dugong. Dugong ini bukan lah sejenis ikan laut, dugong termasuk dalam lembu atau sapi laut yang memiliki tubuh ukuran besar. Dugong atau sapi laut ini sering kali di identikan dengan duyung karena banyak yang memanggil hewan ini duyung. Dugong ini dapat ditemukan di hampir 27 wilayah perairan di dunia.

Dalam kenyataannya ikan duyung yang sering kali disebut dalam cerita atau dongeng tidak lah sama seperti ikan duyung aslinya. Dugong ini adalah mamalia laut yang mana dia menyusui anaknya. Makanan dari dugong ini adalah rumput laut dan dedaunan. Dugong banyak dijumpai di perairan indonesia dan sekitar Australia. Dugong lebih banyak ditemukan di perairan – perairan hangat. Kawasan tepi pantai yang dangkal dan hutan bakau sering kali menjadi tempat hidup dugong ini. Dugong atau duyung ini memerlukan tempat yang luas untuk hidup. Dugong sangat bergantung pada tumbuhan – tumbuhan laut untuk hidup. Hal itu lah yang mengharuskan masyarakat untuk melindungi ekosisten alami dari binatang laut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *