Bisnis

Pentingnya Kemampuan Komunikasi Pemasaran

April 5, 2019

Tenaga kerja merupakan salah satu faktor yang akan menentukan bagaimana kondisi industry yang akan terjadi di Indonesia. Oleh karena itu tenaga kerja dituntut untuk memiliki kualitas dan keterampilan yang mumpuni. Apalagi sekarang ini persaingan di dunia kerja juga semakin tinggi sehingga kemampuan akademis saja tidak akan cukup untuk bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang bonafit. Beberapa kemampuan lain yang harus dimiliki oleh tenaga kerja sekarang ini adalah kemampuan softskill yang baik, kemampuan menguasai bahasa asing.

Kemampuan leadership yang baik hingga kemampuan komunikasi pemasaran yang mumpuni. Tenaga kerja yang memiliki semua kemampuan tersebut akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang bonefit. Tapi yang menjadi masalah adalah banyak tenaga kerja yang tidak memahami tentang komunikasi marketing sedangkan kita juga tahu jika komunikasi marketing adalah salah satu yang sangat penting dalam dunia usaha atau bisnis. Sebenarnya ada banyak cara dan kursus yang bisa membantu tenaga kerja untuk dapat mengolah skill komunikasi marketing yang dimiliki dengan lebih baik bahkan ada banyak buku yang memberikan wawasan dan penjelasan yang berkaitan dengan komunikasi marketing. Hal ini bisa menjadi salah satu solusi bagi tenaga kerja untuk dapat meningkatkan skill komunikasi marketing yang dimiliki.

Saat ini lapangan pekerjaan juga lebih banyak tersedia dalam bidang marketing atau pemasaran. Beragam usaha mencari tenaga kerja yang memiliki skill komunikasi pemasaran yang baik. Dalam dunia bisnis perusahaan yang memiliki tenaga kerja dengan kemampuan skill komunikasi marketing yang baik akan lebih mudah mendapatkan tender dan mengembangkan pemasaran perusahaan. Apalagi sekarang ini juga banyak muncul perusahaan di bidang marketing. Seperti perusahaan asuransi, perusahaan finance dan perusahaan berbasis future finance. Karena itu tidak mengherankan jika tenaga kerja dengan kemampuan skill komunikasi marketing yang baik akan lebih memiliki nilai plus di mata perusahaan.

pexels.com

Tujuan Komunikasi Pemasaran Bagi Perusahaan Dan Tenaga Kerja

Pekerjaan di bidang marketing bukan hanya sekedar pekerjaan yang mengandalkan kemampuan kita berbicara dengan orang lain. Tapi jika kita memilih terjun ke bidang marketing maka kita harus tahu bagaimana cara menawarkan produk dengan baik dan menarik kepada konsumen dan hal tersebut sangat tergantung pada skill komunikasi pemasaran yang kita miliki. Alasan komunikasi marketing sangat penting untuk dikuasai oleh tenaga kerja adalah karena komunikasi marketing atau pemasaran memiliki tujuan berikut ini:

  1. Bisa membuka peluang kerja yang lebih luas. Bagi perusahaan pada saat menawarkan barang atau jasa yang dimiliki pasti akan membutuhkan agen pemasaran untuk melakukan eksekusi di lapangan. Jumlah agen yang dibutuhkan juga sangat banyak untuk itu komunikasi pemasaran ini bisa membuka lapangan pekerjaan yang lebih besar bagi tenaga kerja dan tenaga kerja yang memiliki skill dan memahami komunikasi marketing akan lebih mudah mendapat pekerjaan.
  2. Menciptakan citra perusahaan di mata kompetitor. Alasan mengapa banyak perusahaan yang memilih untuk merekrut tenaga kerja yang paham tentang skill komunikasi marketing adalah karena komunikasi pemasaran bisa menentukan bagaimana citra perusahaan di mata kompetitor. Jika perusahaan memiliki banyak tenaga kerja dengan skill komunikasi marketing yang baik maka perusahaan tersebut akan dianggap sebagai saingan yang tangguh di mata kompetitor.
  3. Bisa menarik banyak konsumen. Tenaga kerja yang bisa menarik banyak konsumen adalah tenaga kerja yang memiliki skill komunikasi marketing yang baik. Karena mereka yang menguasai hal tersebut akan lebih mudah untuk meyakinkan konsumen untuk menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan dan hal ini pastinya akan menjadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan.
  4. Melebarkan pasar. Karena tenaga kerja yang memiliki skill komunikasi marketing yang baik akan dengan mudah menarik konsumen untuk menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Selain itu mereka juga memiliki kemungkinan untuk menambah pangsa pasar yang lebih luas. Hal ini akan membuat jangkauan pasar yang lebih luas dan keuntungan yang akan didapatkan perusahaan juga akan semakin besar.

Empat tujuan tersebut merupakan alasan mengapa tenaga kerja harus mampu memiliki skill komunikasi pemasaran dengan baik. Karena sejujurnya salah satu kemampuan yang membuat tenaga kerja menarik di mata perusahaan adalah kemampuan komunikasi marketing yang mereka miliki. Oleh karena itu sebaiknya tenaga kerja harus belajar memahami dan menguasai tentang skill komunikasi marketing dengan baik agar bisa mendapatkan pekerjaan yang mapan. Apalagi pekerjaan di bidang marketing bukan hanya banyak tersedia namun juga menjadi salah satu bidang pekerjaan yang menghasilkan gaji dalam jumlah yang cukup besar bahkan lebih dari gaji yang didapatkan oleh pegawai baru di bidang lainnya. Jika kita bisa menambah pasar perusahaan maka juga akan ada bonus yang menanti untuk para tenaga kerja ini.

pexels.com

Elemen-elemen Penting Dalam Komunikasi Marketing

Sebagai tambahan pengetahuan tentang komunikasi pemasaran maka dalam artikel ini juga akan di bahas mengenai elemen-elemen yang ada dalam komunikasi marketing atau pemasaran yang akan membantu kita untuk lebih memahami tentang skill yang dibutuhkan oleh tenaga kerja ini. Berikut adalah beberapa elemen komunikasi marketing:

  1. Kamunikator atau agen pemasaran yang dalam hal ini adalah tenaga kerja di bidang pemasaran.
  2. Komunikan atau target dari pemasaran yaitu konsumen
  3. Informasi yang akan diberikan pada komunikan atau dalam kasus ini adalah diskripsi tentang barang atau jasa yang akan ditawarkan oleh komunikator.
  4. Media yang akan digunakan untuk melakukan kegiatan pemasaran
  5. Hambatan atau masalah-masalah yang terjadi selama proses pemasaran dilakukan
  6. Umpan balik atau respon yang diharapkan dari komunikan
  7. Produk atau jasa yang akan dipasarkan.
pexels.com

Dalam proses pemasaran memang harus ada komunikator sebagai orang yang akan memberikan penjelasan tentang produk atau jasa yang akan ditawarkan pada komunikan. Selain itu komunikator harus mampu mengetahui dan menganalisis tentang hambatan-hambatan yang mungkin akan terjadi selama kita melakukan proses pemasaran. Komunikator atau tenaga kerja yang menawarkan produk juga harus mampu memanfaatkan media pemasaran yang ada untuk meyakinkan komunikan atau konsumen agar memberikan umpan balik sesuai dengan yang kita inginkan.

Pada dasarnya tenaga kerja memang harus memiliki skill komunikasi marketing agar dapat bersaing di dunia kerja yang makin kompetitif sekarang ini. Dimana dalam upaya mengembangkan perusahaan dengan memperluas pangsa pasar yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah tenaga kerja yang mampu memiliki skill komunikasi marketing yang dapat meyakinkan konsumen untuk menggunakan jasa atau membeli produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Sedangkan bagi tenaga kerja juga harus tahu elemen-elemen apasaja yang harus ada selama kita melakukan komunikasi marketing. Untuk itu dalam artikel ini kami berusaha memberikan penjelasan tentang komunikasi marketing bagi tenaga kerja. Jika butuh informasi lainnya maka ada kodepromosi.co.id. Sekali lagi mari kita bekali diri kita sebagai tenaga kerja dengan kemampuan komunikasi marketing yang baik dan mumpuni.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *