Umum

Kisah Inspiratif pada Kehidupan Nyata

April 3, 2019

Ketika kita menjalani hidup, rasa jenuh, lelah dan menyerah akan kehidupan menjadi perasaan yang akan kita alami. Untuk mengembalikan semangat hidup, ada banyak cara yang dapat kita gunakan, salah satunya adalah dengan membaca kisah inspiratif yang dialami oleh orang lain. Menurut hidupsimpel.com, cerita inspiratif akan memotivasi kehidupan dan semangat juang untuk hidup dengan lebih baik. Kisah-kisah yang menginspiratif membuat kita menyadari bahwa hidup membutuhkan keberanian, keteguhan dan tekad yang kuat demi mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Sebagai sosok yang gemar mengeluh akan cobaan yang dihadapi, kita tentunya membutuhkan cerita inspiratif yang dapat memberikan kesadaran bagi kita untuk bersyukur atas apa yang kita miliki. Di samping kehidupan yang kita miliki saat ini, ada orang-orang yang tidak seberuntung kita.

Untuk memberikan dorongan kepada diri sendiri, kita sebaiknya mencermati dengan baik akan cerita inspiratif yang membangun. Cerita inspiratif tidak hanya berasal dari orang-orang sukses tetapi dapat pula berasal dari orang-orang yang memiliki kisah menyentuh namun syarat akan kemanusiaan. Dari banyaknya sumber cerita inspiratif ini, kita nantinya dapat memiliki kehidupan dan menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Untuk melihat lebih jauh akan kisah-kisah motivasi dan inspiratif, simak ulasannya di bawah ini.

www.pexels.com

Kisah Inspiratif dan Viral di Dunia Maya

Salah satu cerita inspiratif yang dapat kita temukan di dunia maya dan menjadi viral datang dari seorang pria bernama Shannon Lytle. Pria imigran ini merupakan sosok yang sangat sederhana dan jauh dari kata kaya raya. Ia bahkan harus bekerja di sebuah restaurant cepat saji ketika SMA dan bekerja sebagai penjaga gudang ketika kuliah. Meskipun bukan orang kaya dan hidup berkecukupan, Shannon Lytle terdaftar sebagai salah satu mahasiswa Harvard jurusan hukum. Ia bahkan berhasil lulus sebagai lulusan Harvard dan siap bersaing dengan lulusan universitas lainnya di dunia kerja. Dari kisah tentang Shannon Lytle ini, kita dapat menarik kesimpulan bahwa kekayaan bukan satu-satunya tolak ukur seseorang untuk mendapatkan pendidikan terbaik. Selama orang tersebut memiliki keinginan dan keteguhan hati untuk mewujudkan impiannya, hal-hal yang diinginkan dapat terwujud dengan baik dengan usaha yang giat. Selain cerita inspiratif yang berasal dari Shannon Lytle, berikut ceita inspiratif lainnya yang sempat viral di dunia maya:

  1. Memperjuangkan hak seorang wanita

Cerita yang penuh motivasi lainnya dapat ditemukan pada kisah seorang gadis Pakistan yang memperjuangkan akan hak-hak seorang wanita. Gadis bernama Malala Yousafzai yang pernah menjadi korban penembakan ini berjuang keras akan hal seorang wanita di Palestina. Dengan perjuangan yang ia lakukan selama ini, Malala berhasil mendapatkan apa yang dia inginkan. Malala bahkan berkesempatan untuk menghadiri kelas dan mengenyam pendidikan di Universitas Oxford yang ternama.

  1. Mengalahkan sang idola

Idola pada umumnya merupakan panutan bagi seseorang. Dengan nama besar yang dimiliki oleh sang idola, sudah menjadi hal wajar jika seseorang berkeinginan untuk bertemu langsung dengan sang idola. Hal tersebut juga dialami dan dirasakan oleh seorang anak laki-laki asal Singapura bernama Joseph Schooling. Joseph sendiri merupakan seorang atlet renang yang pernah mendapatkan medali di ajang Olimpiade. Joseph bahkan menjadi peraih medali emas pertama bagi Singapura di kala itu. Selama mengikuti Olimpiade, Joseph berhasil mengalahkan lawan-lawannya, salah satunya adalah sang idola, Michael Phelps. Michael Phelps sendiri merupakan idola dan panutan Joseph Schooling sejak ia masih kecil.

  1. Menjadi pesepakbola dunia

Kisah inspiratif lainnya yang dapat memberikan motivasi dan dorongan bagi kita untuk terus berjuang dapat dilihat dari kisah seorang pemain sepakbola bernama Gabriel Jesus. Gabriel merupakan pria miskin yang pernah bekerja sebagai seorang petugas dekorasi jalan. Dengan semangat juang yang dimiliki oleh Gabriel Jesus, ia berhasil menjadi salah seorang pesepakbola asal Brazil yang bermain di Piala Dunia pada tahun 2014.

Penemu WhatsApp masuk ke dalam jajaran ceita inspiratif lainnya yang viral di dunia maya. Bagaimana tidak? Brian Acton yang sekarang ini dikenal sebagai penemu WhatsApp dahulunya pernah melamar pekerjaan ke perusahaan Twitter dan Facebook. Namun, ia mengalami penolakan dari kedua jenis perusahaan besar tersebut. Tidak menyerah dengan kondisi yang ia rasakan, Brian Acton membuktikan bahwa sebuah penolakan bukanlah akhir dunia. Dengan kepiawaiannya dalam mengoperasikan komputer, ia berhasil menciptakan aplikasi WhatsApp yang sekarang ini banyak digunakan oleh masyarakat modern sebagai alat untuk berkomunikasi online. Dunia maya juga mengenalkan cerita inspiratif lainnya yang membuktikan bahwa kesuksesan dapat diraih oleh semua orang tanpa pandang bulu. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kisah seorang lelaki berkulit hitam yang dahulunya merupakan petugas pengisian bahan bakar. dengan kerja keras dan keberuntungan yang ia miliki, lelaki berkulit hitam tersebut kini menjadi seorang manajer keuangan yang berhasil.

Jika kita memperhatikan atlet-atlet yang berjuang untuk meraih kemenangan, kita pastinya melihat bahwa para atlet tersebut memiliki kondisi fisik yang sempurna. Kemenangan dapat dengan mudah diraih oleh para atlet yang memiliki fisik sempurna dan jauh dari cacat. Hal tersebut tidak berlaku bagi seorang atlet tenis yang bernama Kgothatso Montjane. Pria yang berasal dari Afrika Selatan ini tidak memiliki kondisi fisik yang sempurna. Selain fisik yang tidak sempurna, Montjane juga tidak memiliki pelatih dan rekan yang bersedia untuk melakukan latihan bersama-sama. Dibalik ketidaksempurnaan yang dimiliki oleh Montjane, ia mampu memenangkan pertandingan tenis di Wimbledon. Semangat juang yang dimiliki oleh Montjane layak menjadi salah satu daftar kisah inspiratif yang mampu memberikan motivasi kepada kita untuk terus berjuang dan pantang menyerah.

www.pexels.com

Kisah Nyata yang Inspiratif dan Mampu Memberikan Motivasi kepada Pembaca

Sebuah kisah yang mampu memberikan motivasi atau dorongan kepada para pembaca menjadi jenis pengetahuan yang patut untuk diketahui. Apalagi jika cerita inspiratif tersebut berasal dari dunia nyata dan pernah terjadi secara real, masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi atas cerita tersebut daripada cerita inspiratif yang merupakan hasil pemikiran semata. Stephen Hawking menjadi salah satu sumber informasi akan cerita inspiratif yang mampu memotivasi pada pembaca. Stephan Hawking sendiri merupakan seorang ilmuan yang berasal dari Inggris dan merupakan anak pertama dari pasangan Isobel Hawking dan Frank Hawking.

Semasa hidup, Stephen Hawking dikenal sebagai orang yang pintar dan cerdas. Meskipun begitu, ia merupakan anak yang malas ketika ia masih kecil. Kepribadian malas seorang Stephen berubah tatkala ia bertemu dengan Dikran Tahta. Dikran Tahta merupakan guru matematika yang piawai dalam menciptakan suasana menyenangkan ketika belajar. Akibat kesukaan Stephen terhadap guru matematikanya tersebut, Stephen memiliki keinginan untuk menjadi guru matematika Universotas Cambridge.

Akibat rasa cintanya terhadap matematika, Stephen mulai rajin belajar dan berharap dapat menggapai cita-citanya sebagai seorang guru besar. Tidak hanya berhasil menjadi seorang anak yang cerdas, Stephen juga memiliki keahlian dalam merait komputer dengan menggunakan komponen daur ulang. Akibat kecerdasan yang dimiliki oleh Stephen, orang tua Hawking menyarankan Stephen untuk mengambil pendidikan di universitas Oxford. Meskipun Stephen sangat menyukai matematika, di universitas Oxford, Stephen memutuskan memasuki jurusan Kimia dan Fisika. Hal tersebut dilakukan karena Oxford pada saat ini belum memiliki jurusan matematika.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Oxford, Stephen melanjutkan studinya dengan belajar kosmologi. Universitas Cambridge menjadi pilihan universitas yang ia masuki untuk mengenyam pendidikan kosmologi. Ketika Stephen berusia 21 tahun, ia menderita penyakit ALS atau Amytrophic Lateral Sckerosis. Akibat penyakitnya tersebut, Stephen didiagnosa tidak dapat bertahan hidup dalam waktu yang lama. Akibat penyakit yang dialaminya, Stephen merasa tertekan dan depresi. Meskipun ia diharuskan untuk duduk di kursi roda di sisa kehidupannya, Stephen terus memberikan karya terbaiknya untuk kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan. Karya besar Stephen yang sekarang ini masih dikenal baik adalah Teori Big Bang.

Cerita inspiratif lainnya dapat ditemukan pada cerita seorang anak asal Cina yang harus merawat orang tuanya. Anak asal Cina yang baru berusia 3 tahun ini memiliki tanggung jawab yang besar untuk merawat sang ibu akibat kecelakaan yang dialami oleh sang ibu. Ketika balita seusinya masih mendapatkan banyak perhatian dari orang tuanya dan suka menghabiskan waktu untuk bermain, Qianqian sangat tanggap akan kondisi ibunya sehingga ia mampu merawat sang ibu dengan baik. Jika kitam melihat kondisi Qianqian ketika merawat snag ibu, kita pastinya bertanya mengenai keberadaan sang ayah dan kerabat lainnya. Kerabat yang merupakan kakek dan nenek Qianqian telah lama meninggal sedangkan sang ayah telah bercerai dan keberadaannya tidak dapat ditemukan. Selama Qianqian merawat sang ibu, ia harus memberi makan, memberikan minum hingga membersihkan kotoran sang ibu. Sang ibu yang bernama Wang Huixian sering kali menangis karena merasa kasihan terhadap puterinya yang harus merawatnya.

www.pexels.com

Dengan kesempatan yang diberikan oleh Tuhan, seseorang berkesempatan untuk merekam segala kegiatan yang dilakukan oleh Qianqian terhadap ibunya. Setelah viral di dunia maya, banyak pihak yang merasa tergerak dengan perilaku Qianqian dan memutuskan untuk menggalakan donasi untuk pasangan ibu dan anak asal Cina ini. Masyarakat yang tergugah dan memutuskan untuk memberikan sumbangan berharap agar uang yang terkumpul dapat digunakan untuk pengobatan dan pemulihan sang ibu. Dari kisah ini, kita dapat memetik pelajaran yang sangat baik. Selama hidup, kita harus senantiasa bersyukur dengan apa yang kita miliki. Kita harus bersyukur dengan orang tua yang masih kita miliki saat ini dan masih berada dalam keadaan sehat.

Kisah motivasi dan pernah dirasakan oleh seseorang yang kita kenal saat ini adalah kisah yang dialami oleh Oprah Winfrey. Oprah Winfrey merupakan presenter dan seorang pebisnis sukses asal Amerika Serikat. Kesuksesan yang ia miliki saat ini memiliki latar belakang yang pahit dan membuatnya menjadi pribadi yang kuat. Ketika masih kecil, kedua orang tua memutuskan bercerai dan membuat Oprah harus tinggal bersama neneknya. Selama Oprah kecil, neneknya mendidik Oprah dengan begitu keras. Didikannya yang keras membuat Oprah memiliki keberanian diri yang tinggi. Di usia 3 tahun, Oprah mampu berbicara di depan umum dengan rasa percaya diri yang tinggi. Oprah kemudian kembali tinggal dengan sang ibu ketika berusia 6 tahun ketika ibunya telah menikah dengan pria lain.

Meskipun telah tinggal dengan ibunya, Oprah justru tidak mendapatkan kasih sayang yang ia harapkan. Sang ibu lebih suka menghabiskan waktunya dengan bekerja dan membuat Oprah lebih suka keluar rumah daripada harus berada di dalam rumah. Keadaan memilukan dirasakan oleh Oprah ketika ia berusia 9 tahun. Ketika berumur 9 tahun, Oprah harus mendapatkan pelecehan seksual hingga tahun-tahun berikutnya. Pelecehan seksual yang ia terima membuatnya hamil ketika berusia 14 tahun. Dengan beban psikis yang berat, ia memutuskan untuk melahirkan bayi yang dikandungnya. Sayangnya, bayi yang ia lahirkan hanya dapat bertahan selama 2 minggu saja.

Kehidupan Oprah berubah menjadi lebih baik ketika ia hidup bersama dengan sang ayah. Sang ayah yang memiliki kepribadian tegas dan disiplin mengubah hidupnya dengan lebih baik.  Hal tersebut dibuktikan dengan beasiswa yang ia peroleh untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dengan kepiawaiannya berbicara di depan umum, Oprah memulai karir dengan bekerja sebagai penyiar berita. Stasiun TV lokal mulai tertarik dengan kemampuan Oprah untuk berbicara dan menariknya sebagai seorang presenter termuda di TV lokal tersebut. Karir Oprah semakin bersinar dengan acara Talk Show yang dipandunya. Acara Talk Show tersebut bahkan disiarkan ke 126 negara berbeda di dunia.

Dari kisah inspiratif yang dialami oleh Oprah, kita dapat memahami dengan baik bahwa kepahitan dalam hidup bukan menjadi hambatan bagi kita untuk mendapatkan masa depan yang cerah. Ketika mengalami kemalangan, menyesal dan terpuruk bukan perilaku yang diharapkan. Kita harus memiliki tekad yang kuat untuk berubah dan menjadi pribadi yang berbeda jika ingin mendapatkan kehidupan yang baik . Lupakan masa lalu yang kelam dan tumbuhkan kepercayaan diri untuk menciptakan masa depan yang lebih bersinar.

Kisah Wang Fuman menjadi kisah inspiratif lainnya yang dapat kita jadikan motivasi di dalam hidup. Ketika ia bersekolah, Wang Fuman harus berhadapan dengan cuaca yang sangat dingin, yakni -9º C. Dengan jarak sekolah 4,5 Km, Fuman harus berangkat sekolah sangat pagi. Selama berangkat sekolah, Fuman harus berjalan kaki dan menangkal hawa dingin. Fuman bahkan tidak memiliki baju khusus yang ia kenakan agar dapat terhindar dari suhu dingin. Ia hanya memiliki mantel usang untuk menghadapi suhu dingin ketika berangkat sekolah. Setelah tiba di sekolah, Fuman diejak dan ditertawakan oleh teman-temannya. Hal tersebut dapat terjadi lantaran rambut Fuman membeku akibat terpaan suhu dingin yang ekstrem. Rambut beku Fuman bahkan sempat viral dan membuatnya mendapat julukan sebagai Snowflake Boy.

Fuman sendiri lahir di keluarga yang sangat sederhana dan serba terbatas. Ia tinggal bersama kakak dan neneknya dan memiliki kehidupan yang jauh dari kata layak. Untuk memenuhi kebutuhannya tersebut, Fuman hanya dapat mengkonsumsi sayuran yang tumbuh di sekitar rumah. Meskipun hidup dengan sangat sederhana, Fuman memiliki cita-cita yang sangat mulia yakni menjadi seorang polisi. Dilihat dari kisah yang dialami oleh Fuman yang serba terbatas, kita harus merasa bersyukur dengan kemudahan hidup yang kita jalankan. Sekolah yang mudah dijangkau dan mudahnya mendapatkan transportasi menjadi keberuntungan yang kita miliki. Jika dibandingkan dengan kehidupan yang Fuman jalani, betapa mudahnya kehidupan kita saat ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *