Islam

Keajaiban Surat Ar Rahman

April 8, 2019

Al quran memiliki banyak surat yang memiliki makna dan sejarah tersendiri saat diturunkan dan di wahyukan. Sebagai umat muslim wajib hukumnya untuk mengetahui dan  juga mengamalkan isi di dalam al quran. Mempelajarinya, membaca dan mengamalkan isi yang terkandung di dalam al quran memiliki nilai ibadah. Sebagai makhluk Tuhan, manusia yang mampu mempelajari dan juga mengamalkannya tentu akan mendapatkan nilai pahala yang besar. Setiap kejadian di dalam sejarah peradaban manusia diceritakan dengan urut dan setiap persoalan yang ada di dunia menjadi salah satu sebab turunnya setiap ayat di dalam al quran. Tujuan di turunkannya setiap ayat di dalam al quran adalah sebagai salah satu petunjuk bagi manusia agar tidak tergoda dalam masalah.

pexels.com

Alasan Turunnya Surat Ar Rahman

Surat di dalam al quran yang memiliki nilai kesempurnaan diantaranya adalah surat Ar Rahman. Surat ini diwahyukan kepada manusia karena beberapa alasan dibawah ini:

  • Sebagai pengingat bahwa Tuhan telah memberikan nikmat yang tidak ternilai lagi kepada manusia. Nikmat Tuhan yang sudah dianugerahkan kepada manusia sangat banyak rupanya. Nikmat kesehatan, nikmat usia, nikmat rejeki dan juga nikmat lainnya yang tidak dapat dihitung jumlahnya. Terkadang manusia sama sekali tidak pernah bersyukur atas nikmat yang sudah dikaruniakan. Tidak jarang pula manusia cenderung banyak yang mengingkarinya dengan banyak dalih. Seperti kesehatan diperoleh karena pola hidup yang sehat. Namun dibalik itu semua, Tuhanlah yang memberikan karunia kesehatan. Karunia kesembuhan dari penyakit bukan sepenuhnya karena obat. Obat hanyalah sebagai salah satu bentuk usaha untuk memperoleh kesembuhan. Tuhanlah yang memberikan karunia kesembuhan. Itulah alasannya surat ini diturunkan sebagai pengingat agar manusia tidak ingkar akan nikmat Tuhan yang sudah diberikan.
  • Memperingatkan bahwa mengingkari nikmat Tuhan termasuk bentuk kekafiran. Tanda dari kekafiran adalah menyembah dan juga menyekutukan Tuhan dengan yang lainnya. Misalnya dengan berhala atau dengan yang sejenisnya. Itulah sebabnya di dalam surat ini, ditegaskan bahwa Tuhan telah memberikan nikmat yang tiada terkira jumlahnya.
  • Banyak dari umat manusia yang sama sekali tidak pernah mensyukuri akan nikmat yang diberikan. Tanda syukur akan nikmat yang diberikan sebenarnya bentuknya cukup banyak. Misalnya nikmat kesehatan. Tanda akan rasa syukur atas nikmat kesehatan yang sudah diberikan adalah dengan menjaga kesehatan dengan baik. Contoh lainnya adalah nikmat sudah memiliki keluarga. Diberikan nikmat berupa keluarga yang baik dan bahagia, tanda rasa syukur yang harus dimiliki oleh umat manusia adalah dengan menjaga agar hubungan keluarga terjalin dengan baik. Di dalam surat Ar Rahman mengajak manusia untuk senantiasa bersyukur atas apa yang sudah diberikan Tuhan kepada manusia. Termasuk nikmat anak harus disyukuri dengan cara menjaga, merawat dan mendidik dengan baik bukan menyia-nyiakan atau menterlantarkan anak begitu saja. Itulah bentuk rasa syukur yang harus dilakukan. Seperti yang tertuang dalam surat ini.
pexels.com

Kebaikan Yang Akan Diperoleh Saat Mampu Bersyukur

Di dalam sejarah pernah beredar sebuah rumor bahwa al quran bukan merupakan wahyu dari Tuhan. Akan tetapi al quran adalah ajaran dari manusia. Sungguh pada saat itu Nabi Muhamad berusaha sekuat tenaga untuk membantah itu semua. Sehingga ketika surat Ar Rahman diturunkan merupakan sebuah bantahan pertama kali atas beredarnya rumor tersebut. Bantahan yang disampaikan adalah dengan menyebut nikmat pertama dan paling besar adalah nikmat mengejar dan mempelajari al quran. Sehingga bagi siapa saja yang mampu menjaga nikmat tersebut ganjarannya adalah surga. Ada beberapa kebaikan yang akan diperoleh seseorang saat mampu menjaga amalan dari surat ini:

  • Nabi pernah bersabda bahwa siapa saja yang mengamalkan surat ini dan menjaga amalannya dengan baik, maka Tuhan akan meridhoi nikmat yang sudah dikaruniakan kepada manusia dan menyayangi segala kelemahan yang terdapat pada manusia. Hal ini bermakna bahwa barang siapa saja yang senantiasa mensyukuri nikmat yang sudah dikaruniakan pada manusia maka Tuhan akan senantiasa menyayanginya dan meridhoinya. Sehingga nikmat inilah yang harus dijaga dan senantiasa disyukuri oleh manusia.
  • Saat manusia bisa mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Tuhan, maka pada saat hari kiamat kelak, manusia yang bersyukur tersebut akan diberkahi dan juga akan bersama Tuhan. Manusia tersebut akan diberikan perlindungan oleh Tuhan. Bukan hanya itu saja pada saat hari kiamat, manusia yang senantiasa bersyukur akan menjumpai Tuhan dalam keadaan bau tubuh yang harum. Umat manusia tersebut akan berdiri sangat dekat dengan Tuhan pada saat hari kiamat. Itulah ganjaran bagi orang yang senantiasa bersyukur serta mampu menjaga rasa syukurnya kepada Tuhan atas karunia yang sudah diberikan. Ganjaran berikutnya saat mampu bersyukur adalah saat menghadap Tuhan manusia tersebut akan mengenakan pakaian berwarna putih serta dengan wajah bersih berseri-seri.

Ganjaran yang dijanjikan Tuhan bagi umatNya yang mampu bersyukur atas karuniaNya tidak main-main. Buktinya, surga siap di depan mata  tatkala seseorang mampu bersyukur.  Rasa syukur tersebut memang wajib diwujudkan dengan sesuatu yang terlihat. Keseriusan ketika mampu mensyukuri nikmatNya memberikan manfaat yang besar bagi manusia itu sendiri. Tanpa perasaan bersyukur atas apa yang sudah diterima dari Tuhan hidup juga tidak akan pernah merasa bahagia. Bahagia akan tercipta tatkala manusia senantiasa berlapang dada atas apa yang sudah diterima. Terlebih kebahagiaan tercipta manakala saat sudah kiamat kelak berada di dalam surga yang kekal. Kebahagiaan yang kekal beserta segala kebaikan di dalam surga. Sebuah tempat peristirahatan abadi yang sangat indah disiapkan bagi siapa saja yang mendekat serta bersyukur padaNya.

Surat Ar Rahman memang memiliki keistimewaan yang luar biasa. Manakala seseorang sama sekali tidak pernah mengingat bahwa sudah diberikan karunia yang tiada batas, justru dalam surat ini selalu mengingatkan bahwa nikmat itu ada dan tidak bisa dihitung lagi. Sering sekali pengingat itu hadir dari orang lain. Dahulu tidak punya apa-apa sekarang bisa sukses. Dahulu bukan siapa-siapa sekarang menjadi terkenal. Itu merupakan karunia yang tidak boleh diingkari begitu saja. Dahulu tidak memiliki pakaian kini memiliki pakaian dalam jumlah yang banyak. Itu termasuk nikmat dan karunia. Oleh karenanya, sebagai manusia yang beriman hukumnya jelas bahwa bersyukur adalah wajib. Bahkan di dalam al quran disebutkan juga bahwa sakit juga merupakan nikmat. Sebab dengan sakit yang diderita, berguguran semua dosa-dosa manusia dan menjadi lebih dekat dan lebih sayang padaNYa. Itulah alasannya jika sakit yang diderita juga wajib untuk disyukuri sebagai nikmat. Sangat jarang manusia yang mampu bersyukur atas sakit yang menimpanya. Akan tetapi bukan bermakna bahwa bersyukur atas rasa sakit dengan cara tidak berobat. Ketika sakit, manusia tetap diwajibkan untuk berobat untuk memperoleh kesembuhan. Meskipun proses penyembuhannya berjalan lama, akan tetapi jika ikhlas dan sabar dengan penyakit yang diderita sambil terus berusaha untuk berobat tentunya akan membuat manusia tersebut lebih dekat dengan Tuhan. Bahkan sakitnya itu bisa bernilai pahala di hadapan Tuhan. Itulah nikmatnya rasa bersyukur.

pexels.com

Keajaiban Rasa Syukur

Kenikmatan yang telah diberikan termasuk nikmat berupa cobaan berupa masalah, sakit, kepailitan saat berusaha atau krisis keuangan jika disikapi dengan baik maka akan memberikan pahala dan bernilai ibadah yang besar di hadapan Tuhan. Di dalam surat Ar Rahman, terdapat ayat yang senantiasa diulang-ulang. Ayat itu memiliki arti nikmat mana lagi yang didustakan. Seolah di dalam surat ini menyebutkan bahwa manusia harus pandai bersyukur atas nikmat Tuhan. Ada beberapa hikmah yang bisa didapat dari rasa syukur padaNYA:

  • Saat seseorang memiliki rasa syukur, maka Tuhan akan melimpahkan nikmat lainnya yang tidak terduga-duga. Meskipun manusia senantiasa tidak mengakui bahwa Tuhan sudah melimpahkan banyak sekali nikmat pada manusia, namun Tuhan selalu dan selalu memberikan nikmat lainnya. Tuhan selalu bersabar dengan umatNYa meskipun umatNYa senantiasa mengingkari nikmat yang sudah diberikan. Jika Tuhan sampai bosan memberikan nikmat pada umatNya, maka bencana akan melanda umat tersebut ketika tidak pernah bersyukur atas nikmat Tuhan. Namun jika bersyukur maka Tuhan akan terus menghujani dan melipatgandakan nikmat tersebut untuk umatNya.
  • Hidup menjadi lebih bahagia. Pada saat manusia pandai bersyukur, maka hati akan menjadi lebih tenang. Rasa tenang yang manusia dapatkan tentunya akan membuat hati menjadi lebih senang. Rasa senang ini jugalah yang akan membuat manusia terhindar dari penyakit yang berbahaya serta mematikan. Memang kebanyakan penyakit berasal dari hati yang tidak tenang dan pikiran yang sering merasa stres. Itulah sebabnya jika ingin terus sehat, maka hindari merasa stres. Caranya adalah dengan cara bersyukur atas apa yang sudah dicapainya selama ini. Tentunya itu juga atas karunia dari Tuhan yang wajib untuk disyukuri keberadaannya. Tanpa rasa tenang dan sikap serta pikiran yang bersyukur, maka kesehatan akan terus menurun dengan drastis.
  • Terhindar dari senantiasa berfikiran negatif serta terhindar dari perasaan iri dan dengki yang sering menghinggapi karena kurang rasa bersyukur. Jika rasa iri dengki selalu dipelihara bukan tidak mungkin hubungan persaudaraan dan juga hubungan persahabatan menjadi renggang. Itulah sebabnya kesederhanaan akan muncul di saat manusia mampu merasa bersyukur dan tidak memiliki rasa dengki terhadap saudaranya sendiri. Itulah sebabnya jika manusia merasa selalu cukup atas apa yang dimilikinya tentu saja perasaan iri dengki tidak akan dimiliki. Hubungan dengan sesama manusia akan menjadi lebih baik.
  • Keberkahan dalam hidup akan senantiasa diperoleh. Setiap insan manusia pasti mencari keberkahan dalam kehidupannya. Arti keberkahan dalam hidup itu maknanya cukup banyak. Seperti halnya saat dihitung secara logika penghasilan dalam sebulan tidak mencukupi untuk kebutuhan keluarga dan kebutuhan mendesak lainnya, akan tetapi karena rasa syukur itulah akhirnya pendapatan dalam sebulan bisa cukup memenuhi kebutuhan keluaraga serta dapat memenuhi kebutuhan lainnya. Itulah yang dinamakan sebagai keberkahan dalam hidup terkadang tidak bisa dihitung dengan nalar maupun dengan logika. Demikian ajaibnya ketika manusia bisa memiliki rasa syukur senantiasa atas apa yang sudah diperoleh. Jadi tidak ada istilah sedikit-sedikit kurang dalam hidupnya. Bahkan sesuatu yang tadinya tidak mungkin menjadi lebih mungkin diperoleh saat manusia memiliki rasa syukur yang baik dalam hidup.
  • Usaha apapun yang sedang dijalankan akan menjadi semakin baik dan semakin meningkat pesat. Perasaan syukur yang selalu tertanam seberapapun hasil yang diperoleh dari usaha yang dilakukan membuat usaha yang dijalankan menjadi lebih baik dan meningkat. Tidak jarang usaha yang tadinya kurang berjalan dengan baik, tiba-tiba menjadi lebih baik karena rasa syukur yang dirasakan tersebut. Rejeki akan terus mengalir deras dari arah yang tidak disangka-sangka sebelumnya. Keajaiban inilah yang seharusnya dipelihara dengan baik. Tanpa rasa bersyukur sama sekali maka keajaiban ini akan terjadi.
  • Pada saat sedang kesusahan, tiba-tiba ada orang yang datang menolong dengan segala daya upaya. Pada saat sedang putus asa karena sedang memiliki masalah yang tidak berkesudahan tiba-tiba datang sebuah pertolongan yang tidak pernah disangka sebelumnya. Misalnya sedang membutuhkan donor darah dengan segera, akan tetapi hingga detik terakhir belum muncul juga pendonornya. Tiba-tiba ada orang yang tidak dikenal menawarkan bantuannya. Itulah keajaiban dari rasa syukur. Saat sedang membutuhkan ada saja pertolongan yang datang mendadak bahkan tanpa disangka-sangka  Rasa putus asa yang sedang menerpa karena sebuah masalah seolah terjawab dan hilang seketika dengan hadirnya pertolongan dari orang lain. Pertolongan tersebut sejatinya berasal dari Tuhan. Tuhan menggerakkan hati orang tersebut untuk menolong. Itulah keajaiban selalu mengingat nikmat yang Tuhan berikan.
pexels.com

Keberkahan dalam hidup yang dicapai dengan perasaan bersyukur memang akan menjadi pintu pembuka untuk rejeki yang selanjutnya. Bertambahnya rejeki yang diperoleh bukan semata-mata karena usaha yang sudah dilakukan. Namun ada campur tangan Tuhan di dalamnya. Misalnya berusaha untuk berbisnis dengan niat atas nama Tuhan, maka apapun yang terjadi dalam bisnis, Tuhan akan senantiasa berada di dalamnya. Pada saat semua daya upaya telah dikerahkan, akan tetapi yang terjadi adalah usaha terus mengalami masalah, maka Tuhan akan hadir memberikan pertolongannya. Sebab usaha yang dijalankan memang senantiasa menghadirkanNya dalam melangkah serta diniatkan untuk mendapatkan Ridho Tuhan pada saat sedang berusaha.

Al Furqon sebagai nama lain al quran disebut pada pembukaan surat yang memiliki makna kasih sayang dimaksudkan bahwa sebagai penjelasan yang sangat rinci bahwa al quran merupakan nikmat paling besar umat manusia. Sebagai  nikmat paling besar,  tentu menjaganya merupakan sebuah keharusan. Bagi siapa saja yang mampu menjaganya maka perlindungan serta keberkahan dunia akhirat akan didapatkan. Itulah sebabnya kenikmatan terbesar adalah mampu menjaga al quran dengan baik.

Bagi siapa saja yang senantiasa memiliki perasaan senang dan menerima dengan baik apa yang sudah diberikan Tuhan untuknya maka Tuhan tidak akan segan untuk memberikan derajat yang lebih tinggi untuk orang tersebut. Siapa sih manusia yang tidak ingin diangkat derajatnya. Tentu saja semua orang ingin memiliki derajat yang lebih tinggi dari manusia lainnya. Sehingga berusaha untuk terus berada dekat dengan Tuhan dengan cara menjaga dan mensyukuri nikmatNYa adalah sebuah kearusan yang tidak bisa lagi ditawar-tawar. Semua yang ada di alam semesta ini merupakan karunia Tuhan. Jadi sebagai bentuk rasa syukur yang mendalam, manusia sebaiknya menjaga dengan baik alam semesta beserta isinya. Termasuk pepohonan dan hewan yang bisa dikonsumsi untuk kelangsungan hidup manusia yang harus disyukuri dengan baik dengan cara menjaga kelestariannya dan juga menjaganya agar tidak rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *