Kesehatan

Beberapa Tips Menangani Efek Samping KB Suntik

February 18, 2019

Memiliki banyak anak tentu menjadi salah satu keinginan banyak masyarakat. Karena pasalnya jika banyak anak maka akan banyak juga yang akan meneruskan darahnya. Atau semakin banyak anak maka akan semakin bangga. Ada juga yang mengatakan bahwa memiliki banyak anak maka akn banyak yang mendoakannya. Memang tidak ada salahnya jika anda memiliki anak banyak. Namun yang harus menjadi fokus utamanya adalah apakah jika anda memiliki anak banyak maka anda bisa menyejahterakannya. Seperti yang bersama kita ketahu bahwa semakin lama populasi di Indonesia semakin terus meningkat. Karena pasalnya setiap hari akan ada bayi lahir. Meningkatnya populasi manusia membuat para pemerintah menjadi sulit untuk dapat memperhatikan kesejahteraannya. Untuk bisa mengkontrol populasi manusia maka pemerintah memiliki program KB yaitu keluarga berencana. Dimana pemerintah menganjurkan bahwa para ibu harus KB agar bisa membatasi jumlah anaknya. Keluarga berencana disini terdiri dari ayah, ibu dan dua anak. Tingginya biasa sekolah dan hidup membuat kebanyakan masyarakat juga sadar akan hal itu dan lebih memperhatikan kesejahteraan anaknya dimasa mendatang. Memang pepatah yang mengatakan banyak anak banyak rezeki mungkin saja benar. Namun hal terpenting yang harus anda pikirkan adalah mengenai kesejahteraannya. Untuk itu banyak dari ibu yang sudah menerapkan dan mengikuti program KB tersebut. Berbagai jenis Kontrasepsi juga dihadirkan agar para ibu bisa memilih yang cocok dengannya. Ada yang berbentuk pil, suntik maupun alat. Namun setiap metode kontrasepsi ini akan memiliki efek samping. Karena ini merupakan alat kontrasepsi jenis hormonal maka tentunya akan memiliki efek samping.

www.pexels.com

Efek samping KB suntik

Para ibu yang menggunakan metode KB suntik biasanya akan kembali setelah sebulan sekali ataupun tiga bulan sekali untuk diuntik. Pasalnya alat kontrasepsi hormonal ini mengandung progestin yaitu hormon yang menyerupai progesteron yang dihasilkan oleh ovarium. Pada saat disuntikan maka progestin akan berfungsi untuk mengentalkan leher rahim sehingga sperma akan sulit bergerak kearah rahim. Hormon ini juga berfungsi untuk mencegah pembuahan dan membuat dinding rahin menjadi tidak nyaman dan tidak bisa untuk dibuahi. Sehingga hormon tersebut menghambatnya anda memiliki anak. Namun kinerja dari hormon tersebut juga memiliki efek samping sendiri bagi tubuh anda. Karena merasakan berbagai efek samping tersebutlah maka banyak ibu yang masih mempertimbangkan pemakaian alat kontrasepsi ini. Untuk itu disini akan dibahas mengenai beberapa efek samping yang mungkin akan terjadi ketika anda menggunakan KB. Hal tersebut bisa menjadi gambaran bagi anda yang ingin menggunakan KB.

www.pexels.com
  1. Perubahan siklus mentruasi. Hal ini merupakan efek samping yang sering dirasakan oleh para ibu penguna KB. Karena cara kerja hormon progestin sehingga membuat memiliki siklus menstruasi yang berubah ubah. Bisa menjadi lebih panjang ataupun pendek. Pada pemakaian awal tentunya tubuh anda masih menyesuaikan diri dengan cara keja hormonnya. Namun kebanyakan dari pengguna KB mengatakan bahwa penggunaan KB bisa menghentikan menstruasi jika memakai KB selama satu tahun. Memang kebanyakan ibu juga sudah mendekati manupose ketika sudah lama menggunakan KB. Hal ini merupakan salah satu efek samping yang tidak membahayakan sehingga tidak perlu anda khawatirkan. Karena ini adalah sesuatu hal yang wajar. Berhentinya menstruasi anda bukan berarti darah kotor menumpuk dalam tubuh anda. Namun penggunaan KB ini justru bisa menekan penebalan dinding rahim anda dan bisa meluruhkannya. Sehingga tidak ada lagi darah yang ahrus dibuang.

 

  1. Berat badan naik. Kebanyakan para ibu yang menggunakan KB akan memiliki berat badan yang cenderung bertambah dari biasanya. Sehingga ketika anda ingin melakukan suntik KB pertama tama anda akan diminta untuk menimbang dan tensi darah. Hal tersebut dilakukan untuk bisa melihat perubahan pada diri anda. Pasalnya penggunaan suntik KB ini cenderung membuat nafsu makan anda akan terus bertambah. Sehingga tidaklah heran jika semakin lama berat badan anda bertambah. Anda bisa rutin berolahraga dan mengatur pola makan untuk membantu menyeimbangkan berat badan anda agar tetap ideal.

 

  1. Gairah seks menurun. Salah satu cara kerja hormon progestin adalah mengentalkan lendir yang terdapat pada vagina anda. Penggunaan suntik KB juga bisa mengubah makanan yang mengandung karbohidrat menjadi lemak. Pasalnya lemak akan sulit bereaksi terhadap air. Untuk itu semakin tingginya kadar lemak didalam tubuh anda maka aka sedikit pula kadar air dalam tubuh. Hal tersebut bisa membuat vagina anda menjadi kering. Hal tersebut bisa mengakibatkan rasa sakit ketika anda melakukan hubungan seksual. Jika hal ini terus terjadi secara berkepanjangan tentu akan membuat anda tidak nyaman dan kehilangan gairah seksual.

 

  1. Kepala sering merasa nyeri atau memiliki perubahan modd yang dratis. Hal tersebut bisa menjadi salah satu efek samping dari KB suntik. Pasalnya hal tersebut terjadi karena efek hormon progestin yang masuk kedalam tubuh anda. Biasanya biasa membuat anda menjadi mudah marah. Terkadang beberapa pengguna KB suntk juga memiliki efek samping nyeri kepala. Namun hal tersebut tidak dialami oleh seluruh pengguna KB. Jika anda merasakan rasa nyeri yang berkepanjangan maka anda bisa segera berkonsultasi kepada dokter untuk mencari solusinya.
www.pexels.com
  1. Kepadatan tulang berkurang. Penggunaa KB suntik dalam waktu berkepanjangan bisa menyebabkan terjadi penipisan pada bagian tulang anda. Hal tersebut bisa menyebabkan penurunan kepadatan tulang anda. Jika anda merasa nyeri pada tulang maka anda haruslah segera memeriksakan diri ke dokter. Karena hal tersebut bisa menganggu aktivitas anda sehari hari.

 

  1. Timbul jerawat. Perubahan hormon penggunaan KB sunti juga bisa membuat anda mengalami gangguan kulit seperti jerawat. Karena pasalnya hormin progestrin bisa menyebabkan sekresi pada kelenjar minyak dan lemak secara berlebihan. Hal tersebut memicu munculnya jerawat diwajah anda. Karena pori pori anda tersumbat maka menjadi lebih kotor dan jerawat bisa tumbuh. Untuk mengecahnya maka anda haruslah mencuci muka sebelum tidur atau anda membersihkan sisa makeup seharian. Anda juga bisa melakukan beberapa perawatan atau berkonsultasi dengan dokter kecantikan untuk bisa mengurangi jerawat diwajah anda.

 

  1. Timbulnya flek hitam. Kebanyakan ibu yang menggunakan KB memang sudah berusia senja. Hal tersebut dilakukan karena kebanyakan ibu tidak ingin memili anak lagi ketika umurnya telah beranjak tua. Sehingga penggunaan KB suntik bisa menyebabkan flek hitam diwajah. Memang flek hitam biasanya akan muncul karena seringnya kulit anda terpapar sinar matahari. Namun perubahan hormon yang diakibatkan KB suntik juga sangat mempengaruhi timbulnya flek hitam diwajah anda.

 

Itulah beberapa efek samping dari KB suntik yang harus anda ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan KB. Pasalnya memang baik program pemerintah untuk lebih menyejahterakan masyarakat namun jika hal tersebut berdampak buruk bagi tubuh anda tentunya harus dipikirkan lagi. Untuk efek samping yang masih wajar dan tidak menganggu aktivitas tentunya tidak akan masalah. Namun jika sudah menganggu aktivitas anda haruslah diwapadai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *