Islam

Beberapa Hadits Tentang Wanita Perlu Diketahui

April 22, 2019

Bagi umat Islam, hadits merupakan pedoman penting dalam kehidupan dan bertingkah laku. Dimana hadits sendiri merupakan segala perkataan atau sabda, perbuatan serta ketetapan maupun persetujuan Nabi Muhammad SAW yang dijadikan sebagai hukum dalam agama Islam. Hadits ini menjadi hukum agama Islam selain Al-Quran, Ijma dan Qiyas. Tentunya kedudukan hadits dalam Islam memang sangat kuat karena berada di posisi kedua sebagai sumber hukum Islam setelah Al-Quran. Sebagai sumber hukum Islam, hadits berisi berbagai ketetapan yang mengatur kehidupan setiap muslim termasuk salah satunya bagi wanita. Terdapat hadits tentang wanita yang menjadi bukti bahwa dalam Islam seorang wanita memang mulia dan mengatur kehidupan wanita agar sesuai dengan syariat serta tetap di jalan Allah SWT.

Pentingnya Hadits Bagi Kehidupan Wanita Muslimah

Seperti yang sudah diketahui bahwa kedudukan seorang wanita dalam Islam sangatlah mulia. Bahkan Islam begitu luar biasa dalam memuliakan wanita dan pastinya akan membuat takjub. Wanita memang identik dengan keindahan dan Allah SWT sangat menyukai keindahan. Maka dari itu Wanita sudah sepantasnya diperlakukan dengan baik dan lembut serta terus berupaya menjagannya. Berkaitan dengan kemuliaan wanita dalam Islam maka terdapat banyak hadits yang menjelaskan akan hal tersebut.

Adanya hadits mengenai wanita memang memberikan penjelsan yang jelas mengenai kedudukan wanita serta hal-hal yang sebaiknya dilakukan atau tidak dilakukan sesuai syariat Islam. Banyak ladang pahal yang bisa diperoleh oleh wanita muslim bila ia mampu melaksanakan syariat Islam serta menjauhi hal-hal yang bertentangan dengan syariat. Jangan sampai seorang wanita mendapat laknat dari Allah SWT karena ia tidak mampu menjaga dirinya dari perbuatan yang melanggar syariat. Untuk itulah sebagai pedoman sekaligus sumber hukum Islam, hadits memiliki peran yang penting. Dalam hal ini hadits mengenai wanita dikhususkan untuk mengatur kehidupan wanita muslimah agar sesuai dengan syariat.

www.pexels.com

Contoh Hadits Mengenai Wanita

Hadirnya wanita di dunia ini merupakan tanda-tanda dari kekuasaan Allah SWT. Dari seorang wanita lahirnya anak laki-laki dan perempuan yang kelak menjadi generasi penerus. Selain itu wanita diciptakan supaya bisa menentramkan hati para suaminya. Untuk itulah kedudukan wanita memang tak boleh dianggap remeh. Sebagai bukti betapa Islam memuliakan wanita maka berikut beberapa contoh hadits mengenai wanita yang perlu anda ketahui.

  1. Muslim no. 1467 menjelaskan bahwa dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan di dunia adalah wanita shalihah.
  2. Abu Dawud n. 1476, menjelaskan tentang sebaik-baiknya perbendaharaan seorang laki-laki adalah istri yang shalilah. Dimana istri shalihah tersebut saat dipandang akan menyenangkan, jika diperintah akan menaatinya serta bila pergi akan menjaga dirinya.
  3. Al-Bukhari no. 5090 dan Muslim no. 1446 yang menjelaskan bahwa bila seorang laki-laki muslim ingin menikahi seorang wanita muslim maka wanita tersebut dinikahi karena empat perkara yaitu hartanya, keturunannya, kecantikannya dan agamanya. Namun pilihlah wanita yang baik agamanya karena dengan begitu wanita tersebut akan membuat suaminya beruntung.
  4. Bukhari dan Muslim menjelaskan bahwa barang siapa yang beriman kepada Allah SWT dan hari akhir maka hendaklah ia tidak mengganggu tetangga serta berbuat baik pada wanita. Karena wanita diciptakan dari tulang rusuk yang mudah bengkok. Maka bila diluruskan akan mudah patah dan bila dibiarkan maka akan tetap bengkok. Untuk itulah bagi pria (suami) sudah seharusnya membimbing dan memperlakukan istrinya dengan lemah lembut dan penuh kasih sayang.
  5. Ahmad 1/191 yang menjelaskan tentang bila seorang wanita melaksanakan solat 5 waktu, berpuasan sebulan penuh di bulan ramadhan, menjaga kemaluannya serta taat kepada suami maka ia akan masuk surga melalui pintu mana saja yang ia sukai.
  6. Tirmidzi dan Ibnu Majah menjelaskan tentang perintah untuk berbut baik pada wanita. Siapapun dilarang bertindak semaunya dan berkuasa atas wanita kecuali bila wania tersebut telah berlaku nista. Bila wanita berlaku nista maka tinggalkanlah ditempat tidurnya bagi para suami lalu berikan pukulan kecil yang tidak melukai. Bila wanita sudah taat kepada suami maka jangan berlaku aniaya. Wanita juga tidak boleh memasukkan siapapun ke tempat tidur selain suaminya. Wanita memiliki hak untuk dipenuhi kebutuhan pakaian dan makanan oleh suaminya.

    www.pexels.com
  7. Tirmidzi 653 mengenai seorang wanita muslim yang memakai pakaian menjulur ke bawah hendaknya bagian bawahnya dipanjangkan satu jengkal. Namun bila bagian kakinya masih terlihat maka harus ditambahkan satu hasta dan tidak boleh lebih agar menutup aurat dengan sempurna namun tidak menyulitkan untuk melangkah. Hadits ini berkaitan dengan ketentuan model baju gamis yang dipakai oleh muslimah pada umumnya.
  8. Abu Dawud dan Ibnu Khuzaimah menjelaskan tentang perintah bagi suami agar tidak melarang istrinya pergi ke masjid. Namun bagi wanita memang akan lebih baik jika tetapi di rumah untuk melaksanakan ibadah.
  9. Ibnu Khuzaimah menjelaskan bahwa wanita merupakan aurat sehingga saat mereka keluar rumah maka setan akan menyambutnya. Namun bila wanita mampu mendekatkan diri kepada Allah SWT maka akan lebih baik jika mereka berad di rumah saja.
  10. An-Nasaii, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban menjelaskan bahwa wanita yang memakai wewangian lalu melewati sekelompok orang agar mencium bau wewangian tersebut maka wanita itu dianggap telah melakukan zina dan setiap mata yang memandangnya juga merupakan zina.
  11. At-Thabrani menjelaskan bahwa Rasulullah SAW melaknat wanita yang mengikir gigi atau meminta agar giinya dikikir.
  12. Bukhari menerangkan tentang perintah untuk bersodaqah agar terhindar dari api neraka jahanam. Banyak wanita yang kelak pipnya akan berubah menjadi kehitaman karena mereka berlaku kufur terhadap suami dan banyak mengeluh.
  13. An-Nasai dalam Isyratun Nisa no. 257 yang menjelaskan tentang istri-istri penghuni surga adalah mereka yang penuh kasing sayang, memiliki banyak anak, dan selalu kembali pada suaminya. Bila suaminya marah maka istri akan mendatangi dan meletakkan tangannya di tangan suami lalu mengatakan bahw ia tidak bia tidur sebelum sang suami ridha.
  14. Bukhari dan Muslim menjelaskan tentang apapun yang diberikan oleh suami berupa nafkah kepada keluarga maka hal tersebut merupakan pahala. Bahkan hingga sesuap nasi yang masukkan ke mulut istri merupakan sebuah pahala bagi suami.
  15. At-Tabrani dan Baihaqi yang menerangkan bahwa lebih baik kepala ditusuk dengan besi daripada menyentuh kaum yang bukan sejenis atau tidak halal baginya. Dalam artian Islam sangat melindungi wanita dan barangsiapa (laki-laki) yang bukan mahram menyentuhnya maka hal tersebut merupkan dosa yang keji.
www.pexels.com

Golongan Wanita yang Dilaknat Menurut Hadits

Seperti yang sudah dijelskan sebelumnya bahwa Islam sangat memuliakan wanita dan hal tersebut terdapat dalam hadits. Tentunya hadits tersebut akan mempermudah wanita muslimah untuk memperoleh pahala dan tetap berperilaku sesuai syariat Islam. Namun nyatanya masih banyak muslimah yang justru dilaknat oleh Allah karena melakukan perbuatan melanggar syariat. Berikut akan dijelaskan golongan wanita yang dilaknat menurut hadits yang perlu and ketahui.

  1. Wanita yang Mengubah Ciptaan Allah
    HR. Bukhari menjelaskan bahwa Allah melaknat wanita yang mentato serta menghilangkan bulu di wajahnya, merenggangkan giginya agar terlihat cantik serta mengubah ciptaan Allah pada dirinya. Tentu saja bila seorang wanita melakukan operasi plastik supaya terlihat lebih cantik atau menggunakan teknologi terkini untuk mengurangi, menambah atau bahkan berganti kelamin maka Allah melaknatnya.
  2. Menghilangkan Bulu Wajah
    HR. Bukhari menjelaskan bahwa Allah melaknat wanita yang menato serta wanita yang menghilangkan bulu di wajahnya. Banyak wanita yang menghilangkan bulu di wajahnya dengan berbagai alasan dan teknologi terkini supaya terlihat lebih cantik. Padahal Allah melaknat perbuatan tersebut.
  3. Wanita yang Menato Tubuhnya
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya dalam HR. Bukhari bahwa Allah melaknat orang-orang yang menato dan minta ditato tubuhnya. Sehingga bagi wanita muslim memakai tato merupakan perbutan yang haram dan dilaknat Allah.
  4. Wanita yang Menghina Sahabat Nabi
    HR. Tirmidzi menjelaskan bahwa bila ada orang-orang yang mencaci maki sahabat Nabi maka katakan laknat Allah atas perbuatan buruk yang mereka lakukan. Maka bila ada wanita yang menghina sahabat Nabi maka Allah akan melaknatnya.
  5. Merenggangkan Gigi Agar Terlihat Cantik
    HR. Bukhari menjelaskan bahwa Allah melaknat wanita yang mereggangkan giginya supaya terlihat cantik. Hal tersebut sangat dilarang oleh Allah sehingga wanita yang melakukan hal tersebut bisa mendapat laknat Allah.
  6. Wanita yang Menyerupai Laki-Laki
    Saat ini banyak wanita yang berpenampilan menyerupai laki-laki dan mengumbar auratnya. Selain itu gaya rambutnya juga dibuat pendek tak berbeda dari laki-laki pada umumnya. Hal tersebut sesuai dengan HR. Ahmad yang menjelaskan bahwa Allah melaknat laki-laki yang  berpenampilan menyerupai wanita maupun wanita yang berpenampilan menyerupai laki-laki.
  7. Wanita yang Menyambung Rambut
    Banyak wanita di zaman modern seperti sekarang ini yang melakukan penyambungan rambut untuk mempercantik penampilan. Rambut tersebut bisa menggunakan rambut asli atau palsu namun tidak berjilbab. Padahal menyambung rambut merupakan perbuatan yang dilaknat Allah dan hal tersebut sesuai dengan HR. Bukhari yang menjelaskan bahwa Allah melaknat wanita yang menyambung serta meminta rambutnya disambung.

    www.pexels.com
  8. Wanita yang Menyulap Serta Menerima Suap
    HR. Ahmad menjelaskan bahwa Allah melaknat orang yang menyuap serta menerima suap di dalam hukum atau pengadilan baik itu laki-laki ataupun wanita.
  9. Wanita Pelaku Riba
    HR. Ahmad menjelaskan bahwa Allah melaknat orang-orang yang memakan riba, memberi riba serta dua saksi maupun pencatat transaksi riba tersebut. Bagi wanita yang terlibat transaksi riba maka ia akan mendapat laknat dari Allah SWT.
  10. Lesbi
    HR. Ahmad menjelaskan bahwa Allah melaknat orang-oang yang melakukan perbuatan kaum luth. Bahkan dalam hadits ini Rasulullah menyebut laknat sebanyak dua kali yang artinya Allah memang benar-benar melaknat perbuatan tersebut. Salah satu dari perbuatan kaum luth adalah menyukai sesama jenis untuk wanita yang sering disebut lesbian. Dimana perbuatan tersebut merupakan dan penyakit yang sangat dilaknat oleh Allah. Kodratnya seorang wanita adalah berpasangan dengan pria sesuai yang ada di dalam Al-Quran.

Demikianlah penjelasan mengenai hadits tentang wanita yang bisa menambah wawasan sekaligus pengetahuan khususnya bagi wanita muslim. Tentunya melalui penjelasan di atas para wanita muslim bisa belajar untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan menjalankan perintahnya serta menjauhi larangan-Nya seperti yang sudah dijelaskan pada hadits di atas.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *