Umum

Daftar Desa Wisata yang Paling Hits dan Instragramable 2019

October 8, 2019

Meningkatkan pendapatan dalam wilayah perdesaan pastinya merupakan fokus utama pemerintah desa. Pasalnya, dengan tingginya pendapatan yang berhasil diperoleh, maka desa tersebut bisa mandiri secara ekonomi dan mampu membangun infrastruktur secara independen. Seperti halnya para pelita desa yang ada di Indonesia.

Namun untuk meningkatkan pendapatan desa bukanlah suatu hal yang mudah. Terlebih apabila mengandalkan pendapatan desa dari pajak. Pasalnya, setiap pungutan yang diterima dari suatu masyarakat perdesaan akan langsung disetorkan pada pemerintah kabupaten setempat. Sehingga, pemerintah desa harus mencari cara bagaimana meningkatkan pendapatan perdesaan. Salah satu caranya ialah membuat desa wisata pelita desa.

Daftar Desa Wisata di Indonesia

Terdapat banyak sekali desa wisata yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Contohnya ialah Desa Parung, dimana desa tersebut ditetapkan oleh Pemkab Bogor sebagai pelita desa wisata. Tidak hanya itu, desa lain seperti Kemiren di Banyuwangi, Cikole di Bandung Barat, Baduy di Banten serta Kampung Naga di Tasik pun ditetapkan juga sebagai desa wisata. Dimana, jumlah wisatawan yang datang bisa mencapai ratusan orang per harinya.

Selain pelita desa yang sudah disebutkan di atas. Ada beberapa contoh lain desa wisata instragramable di Indonesia. Itu adalah :

  1. Desa Sungai Nyalo

Desa Sungai Nyalo adalah pelita desa wisata yang berada di Kato XI, Sumatera Barat. Desa ini mempunyai landscape begitu bagus, dimana terdapat bukit yang menghadap langsung ke laut. Karena hal itulah, sungai nyalo ditetapkan sebagai pelita desa wisata oleh pemerintah.

  1. Desa Madobak

Kepulauan mentawai memang menjadi fokus pemerintah supaya jadi kawasan wisata. Hal ini terbuktikan oleh ditetapkannya desa madobak sebagai pelita desa wisata. Kemudian, bukti lain ialah masifnya pembangunan infrastruktur di daerah tersebut.

  1. Desa Taman sari

Banyuwangi pun ditentukan oleh pemerintah sebagai kabupaten wisata. Contoh konkritnya ialah menetapkan desa taman sari sebagai pelita desa wisata. Dimana, alasannya ialah desa tersebut mempunyai alam indah yang dipadupadankan dengan adat tradisional masyarakat begitu kental.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *