teknologi

Peran Customer Service TELKOMSEL

January 23, 2019

Telkomsel salah satu penyedia layanan telekomunikasi paling ngehits di Indonesia, perusahaan telekomunikasi yang memiliki sejarah terkemuka dalam perjalanan hinggga pengembangannya. Tidak hanya itu telkomsel sangat dekat masyarakat dengan jumah pelanggan dari seluruh pelosok negeri ini.

Sejarah Perjalanan Telkomsel Dengan Pelayanannya

Perusahan ini berdiri 26 Mei 1995. Muncul dengan banyak kekurangan hanya infrastruktur seadanya, akan tetapi tidak merubah dan mengendorkan niat Telkomsel dalam meraih kesusksesan sebagai perusahan terkemuka dan bahkan dikenal di seluruh dunia sebagai salah satu perkembangan era mobile digital yang ada di Indonesia dan itu sesuai dengan target awal dari Telkomsel.

Kesusksesan dari telkomsel ini tidak lepas dari peran Telkom Group tahun 1993 yang mengembangkan teknologi telekomunikasi dengan menggunakan GSM sebagai sarana dari telepon seluler dan jaringan nirkabel. Akan tetapi perjalanan perusahaan ini tidak semudah yang orang lihat, teknologi yang dikembangkan pada saat itu belum bisa sepenuhnya digunakan karena berbagai kekurangan dalam penyedia sarana dna prasarana terutama pada awal perjalanan itu yang menjadi masalah utama ialah penyedia SIM bagi pengguna handphone.

Nah dengan berbagai kekurangan tersebut muncullah kartu Halo yang hadir pada tahun 1995. Setelah berkembangnya kartu Halo perusahaan mengembangkan dan meningkat kinerja sebagai layanan operator telekomunikasi yang sudah meluar hingga 27 provinsi dan mampu membuat trobosan baru dengan mengahdirkan kartu prabayar yakni Simpati yang dirilis pada tahun 1997.

Bahkan menjadi salah atu perusahaan yang meluncurkan kartu prabayar yang pertama di Asia, sedangkan memasuki tahun 2000 berhasil merilis mobile banking yang pertama di negeri ini. Kesuksesan tersebut tentunya tidak lepas dari peran seluruh karyawan dari telkomsel sesuai yang menjadi pokok bahasan dari artikel ini costumer service telkomsel, salah satu peran yang sangat krusial dalam lancar sebuah hubungan dengan pelanggan telkomsel dengan berbagai infromasi penting dari layanan yang disediakan.

www.pexels.com

Apa sih Costumer Service itu?

Customer service adalah sebagai salah satu sistem yang paling penting dan utama dalam perkembangan perusahaan bisa dikatakan sebagai ujung tombak dari dalam memberikan kepuasan terhadap pelanggan, selain semakin baiknya kinerja dari Customer Sirvice atau sering disebut dengan CS sebagai salah satu jembatan dari perusahaan terhadap apa yang dirasakan dari pelanggan.

CS juga memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga komunikasi perusahaan dengan pelanggan terkait produk dan jasa yang dinikmati pelanggan dan juga sebagai penentu dari masa hubungan entah jangka panjang maupun pendek semua itu tergantung CS memberikan pengarahan dan stimulusnya.

Jalinan komunikasi yang baik dari CS dapat menjadi kunci utama pelanggan akan terus menggunakan jasa dari perusahaan tersebut, namun CS tidak berhubungan dengan sistem transaksi, namun hanya sebagai penghubungan perusahaan dengan para pelanggan setia maupun yang masih awam dengan produk Telkomsel.

Fungsi Customer Service

Disini peran dari CS (customer service) membuat pelanggan semakin nyaman dan terus menggunakan produk serta jasa dari perusahaan dalam jangka waktu yang lama, hal ini untuk memberikan layanan terbaik dan persaingan dengan operator seluler yang semakin meningkat membaut fungsi dan peran CS juga dituntut memiliki berbagai setrategi jitu untuk agar pelanggan tidak pindah , ssudah sering terjadi akibat CS yang kurang memuaskan pelanggan harus pergi dan menggunakan kartu yang lain.

www.pexels.com

Jadi sebagai CS harus menghadirkan image perusahaan yang baik dan sempurna bagi pelanggan. Memahami nilai-nilai dari perusahaan tersebut, tidak hanya memasarkan produk dan jasa dari perusahaan namun segala sesuatu dari perusahaan harus memahami dan dikuasainya. Sisi yang harus diperhatikan dari CS ialah memiliki gaya bicara yang mudah dipahami, sabar dalam menjawab berbagai pertanyaan cerdas dalam mengambil sebuah keputusan dari berbagai laporan pelanggan bahkan komplain pun harus dijawab dengan suara dan nada yang seolah pelanggan tetap menjadi raja dalam hubungan tersebut. Dari pentingnya fungsi dan peran CS, ada tingkatan CS dalam sebuah perusahaan, diantaranya sebagai berikut:

  • Bad customer service jenis CS ini biasanya memberikan layanan yang kurang memuaskan, pelayanan yang diberikan membuat pelanggan tidak nyaman, pelanggan merasa kurang dihargai dan berakhir dengan putusnya hubungan dengan pelanggan karena memilih pindah dari jasa dan produk sebuah perusahaan tersebut.
  • Fine customer Service tipe CS ini hanya memberikan pelayanan sesuai dengan target dari atasan saja tidak memiliki meotode atau strategi yang pelanggan harapkan, kepuasan dari pelanggan hanya sekedar saja tidak pada kepuasan maksimal atau tidka mampu menarik simpati dari pelanggan untuk selalu update produk dari perusahaan.
  • Caring customer service tipe CS ini memberikan layanan yang sangat baik dan bahkan melebihi harapan dari pelanggan sehingga pelanggan nyaman akan layanan tersebut bahkan perusahaan tersebut yang selalu diingatnya.

Untuk berjalannya target dari perusahaan sebaiknya mencari CS yang urutan ketiga karena CS tidak hanya menjawab permasalahan dari pelanggan namun harus memahami tujuan utama dari perusahaan tersebut bediri.

Saat ini merilis Telkomsel Customer Service Online sebagai jasa yang disediakan untuk pelanggan yang ingin menggal informasi dari perusahaan lewat media internet dengan paket internet Telkomsel. Nah untuk anda yang belum mengetahui apa sih tugas dari CS diantaranya sebagai berikut:

  1. Menghidupkan hubungan baik kepada pelanggan

Sudah menjadi syarat sebagai CS langsung berinteraksi dengan pelanggan setia telkomsel, jalinan hubungan yang baik, pelayanan maksimal, memiliki tata bahasa yang ramah dan senyum ceria harus selalu keluar saat berhadapan dengan pelanggan meski dengan berbagai keluhan yang disampaikan.

CS harus bisa memberikan informasi yang detail sebagai cermin yang baik dari perusahaan telkomsel. Jangan sampai pelanggan yang komplain atau menayakan terkait produk dan jasa dari telkomsel gagal paham atau kurang puas dengan jawaban dan solusi yang CS berikan.

www.pexels.com
  1. Resepsionis

Diperusahaan tugas dari CS yakni sebagai pintu utama bagi pelanggan yang datang, dalam tugas ini CS harus memilik wawasan yang luas terkait semua aspek dari perusahaan. Tidak hanya terkait produk telkomsel namun semua tentang perusaahan harus dikuasainya, banyak pelanggan yang terkadang iseng menanyakan sesuatu yang ada diperusahaan tersebut. Jangan sampai pelanggan tidak mendapatkan jawaban atau jawaban yang anda berikan membuat pelanggan bengong.

  1. Menjadi Komunikator yang Baik

Sebagai jembatan perusahaan dengan pelanggan tentunya anda harus menghubungkan dengan perusaan lain tidak hanya menjawab dari permasalahan pelangga saja, tentunya hal itu harus menguasai komunikasi berbagai relasi terutama perusahaan lain yang juga menginginkan infromasi terkait perusahaan. Dengan memiliki kemampuan dalam komunikasi lebih berpeluang terjalinnya hubungan yang baik.

Menjadi CS komunikasi yang baik menjadi syarat utama selain itu juga kemampuan dalam berbahasa melengkapi syarat sebagai CS yang profesional.

  1. Memiliki Skil Bahasa

Memiliki kemampuan berbahasa yang baik menjadi modal yang penting CS dalam melayani pelanggan dari berbagai wilayah. Bahkan harus menguasai bahasa Ingrris sebagai bahasa internasional, bahasa juga sebagai penghubung, komunikasi dan interaksi dengan pelanggan.

  1. Berpenampilan lebih menarik

Menarik yang dimaksud bukan hanya memiliki wajah ganteng dan cantik, namun menarik dalam memberikan pelayanan bisa menyesuaikan diri dengan siapa dan dimana dia berada. Cara berpakaian, rambut dan semua yang menempel pada tubuhnya harus diperhatikan sedetail mungkin agar pelanggan merasa di layani dan diahrgai kedatangannya.

  1. Menjaga Attitude

Memiliki sikap santun menjadi senjata sebagai CS dalam memberikan pelayanan, tutur kata yang ramah, murah senyum, memiliki sikap yang bijaksana dalam mengambil sebuah keputusan, mahir dalam memberikan penjelasan ke pelanggan. Hal ini sebagai antisipasi dalam pelayanan kepada tipe karakter dari pelanggan yang datang.

  1. Fisik Kuat dan Bermental Baja

Kondsi kesehatan dan mental yang baik menjadi bagia dari CS yang harus siap dengan segala kondisi, dalam melayani pelanggan setiap hari tentunya membutuhkan tenaga yang banyak tidak mudah sakit. Memiliki mental yang baik agar mampu mengatasi berbagai masalah dari pelanggan tekanan dan bahkan pelanggan yang suka marah bisa anda kendalikan dengan baik.

www.pexels.com

Call center

Berfungsi sebagai informasi jaringan dari berbagai liputan, kapasitas dan ketersediaan. Telkomsel memang mengedepankan pelayanan dengan segala kemudahan untuk pelanggan guna mendapatkan informasi dan konsultasi dimana pun berada, penting call center membuat telkomsel mengambil inisiatif membangun customer service melalui online atau yang disebut Caroline (Customer Care On-Line), namun tidak meninggalkan layanan telepon biasa yang selalu ontime 24 jam dengan service yang ditawarkan dan tentunya akan menjawab segala keluh permasalahan dari pelanggan. Layanan yang disediakan dari caoline diantaranya sebagai berikut:

  • Informasi produk
  • Informasi tagihan
  • Prapenjualan
  • Edukasi pelanggan
  • Pengaduan
  • Umum

GraPARI

Sebagai fasilitas layanan dibidang online telkomsel juga masih memberikan layanan secara bertatap muka di grha Pari Sraya Telkomsel atau GraPARI Telkomsel. GraPARI juga menjual berbagai produk dari telkomsel namun tidak menjual perangkat telepon seluler kecuali menjual produk yang sudah direkomendasikan dari telkomsel.

Produk yang djual GraPARI diantaranya kartuHALO dan produk SimPATI agar masyarakat tidak kesulitan untuk bisa update dan membeli berbagai jenis produk dari telkomsel. Layanan sangat penting terbukti masyarakat yang datang menyampaikan berbagai permasalahan dan juga menanyakan berbagai layanan dari telkomsel saa ini. Meskipun sudah tersedia didealer resmi, outlet eksklusif dan ritel masyarakat lebih sering datang ke GraPARI sebagai tempat mereka mendapatkan semua informasi tentang telkomsel.

GeraiHALO

Hal ini digunakan untuk wilayah yang jauh dari jangkauan serivice telkomsel khususnya didaerah luar pulau jawa, hal itu yang dimaksudkan karena keterbatasan dari GraPARIĀ  dan sebagai layanan dari telkomsel dalam meningkatkan penjualan produk serta CS dalam memberikan layanan dengan berbagai alternatif. Karena wilayah yang jauh tersebut juga berpengaruh pada sumber daya manusianya. Melihat kondisi tersebu terbentuk program dengan menggunakan metode alternatif franchising atau disebut dengan warbala sebagai langkah dalam mengembangkan luas wilayah jangkauan telkomsel. Meskipun GeraiHALO hanya bersekala terbatas namun fungsinya Identik hanya pelayanan tidak ada penjualan dari mitra Dealer telkomsel.

Sekarang ini masih banyak daerah yang belum terjangkau dari customer service telkmsel dan jauh dari jangkauan GraPARI serta GeraiHALO untuk mejawab sebuah tantangan tersebut telkomsel membangun kerjasama bersama TELKOM dijadikan sebagai perusahaan induk dalam memberikan service telkomsel dengan program Plasa Telkom. Semoga artikel ini menambah wawasan dan pengetahuan anda dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *