Cara Simpel dalam Menginstall Printer Drivers

www.pexels.com

Cara print merupakan informasi yang tidak kalah menariknya dengan cara menginstall software printer. Meski mesin printer tersedia dalam beragam kantor, namun tetap ada sejumlah masyarakat yang belum paham betul tentang cara pemakaiannya. Untuk itu ketika butuh dokumen untum dicetak, Anda dapat mencetaknya sendiri, tanpa bantuan yang lain.

Sebelum menggunakan printer, software printer harus diinstall lebih dahulu. Dalam memperolehnya, ada banyak website yang memberikan link downloadnya dan Anda dapat mendownload tanpa biaya. Untuk proses penginstallan juga tidak ada yang sulit, karena software ini justru akan memberikan petunjuk mengenai langkah-langkah penginstallannya hingga akhir.

Melakukan proses install sebuah printer baru ke sebuah laptop dan komputer sangat penting. Pasalnya proses mencetak akan menjadi kegiatan yang rutin dilakukan oleh berbagai macam kantor, mulai dari kantor pemerintah sampai dengan kantor swasta. Jadi hal utama yang seharusnya dipersiapkan adalah printernya, kemudian software printer drivernya. Jika keduanya sudah disiapkan, sekarang Anda dapat langsung menghubungkan printer ke komputernya dengan bantuan software tersebut.

www.pexels.com

Cara Menginstall Printer dan Cara Printnya

Terkadang ketika membeli printer terdapat CD Drivers. Ketika ada CD Drivers maka akan semakin memudahkan urusan Anda dalam menginstall printer. Akan tetapi jika tidak ada CD Driversnya, sekarang gunakan saja software yang sudah umum digunakan oleh masyarakat. Ketika menggunakan software tersebut maka printer akan lebih mudah dihubungkan dengan komputer milik Anda.

Proses penginstallan dan cara print super simple. Jika sebelumnya Anda tak pernah menginstallnya sendiri, maka sekarang cobalah proses install sendiri menggunakan langkah di sini. Langkah yang telah kami sediakan di sini begitu sederhana dan mudah untuk dipahami, tentunya bagi keseluruhan pemula. Berituk langkahnya :

  1. Letakkan printernya di dekat laptop atau komputer

Pertama-tama, Anda perlu meletakkan printer di dekat laptop atau komputer yang memang ingin diinstall agar dapat terhubung dengan printer. Pasalnya proses penginstallan ini akan dihubungkan melalui sebuah kabel USB. Panjang dari kabel USB itu terbatas, jadi jangan jauhkan printer dengan komputer.

www.pexels.com
  1. Download Software Printer Drivers

Ketika printer yang telah dibeli tidak ada CD Drivernya, maka sekarang download dahulu aplikasi atau software sebagai pengganti CD Driversnya. Sebelum menginstall, pastikan bahwa di komputer Anda sudah terdapat software printer. Namun jika belum ada, kunjungi website resmi yang menyediakan softwarenya.

  1. Buka softwarenya

Setelah proses mendownload terselesaikan, sekarang saatnya untuk membuka softwarenya. Ketika akan menginstall maka Anda harus membukanya lebih dahulu. Setelah masuk maka Anda akan diberitahu apa saja langkah yang seharusnya dilakukan. Langkah-langkah dalam menginstall sebenarnya mudah. Pasalnya setiap langkah sudah akan dipandu oleh softwarenya. Jadi ikuti saja setiap proses yang diberikan oleh softwarenya, sampai akhirnya dapat terinstall dengan sempurna.

  1. Lakukan ekstrak driver

Untuk proses ekstrak driver ini mudah dan cepat. jika sudah selesai, tampilan welcome di dalam setup driver printer akan langsung muncul. Kliklah next agar dapat lanjut ke proses yang berikutnya. Tahap selanjutnya itu Anda hanya perlu menentukan lokasi yang dijadikan tempat tinggal Anda. Untuk itu Anda harus klik Asia, klik next dan lanjut ke proses berikutnya lagi.

  1. Lakukan tahap licence agreement

Ini merupakan sebuah tahap dimana Anda menyetujui perjanjian yang dibuat oleh softwarenya. Jika sudah maka tunggulah beberapa menit sampai proses setupnya selesai. Jika sudah maka Anda dapat mencoba hubungkan kabel USB dari komputer maupun laptop ke printer. Apabila kedua benda tersebut saling terhubung, maka proses print dapat langsung dijalankan.

Setelah software terinstall, maka pelajari bagaimana cara print. Sebenarnya untuk print sebuah dokumen sangat mudah. Pertama, buka dahulu dokumen yang akan di print. Setelah itu colokkan kabel USB ke PC ataupun laptop, colokkan juga kabel on off ke saluran listrik. Jika sudah nyalakan printernya dengen menekan tombol power. Jika printerny sudah menyala, maka Anda masuk ke menu file.

Baik itu dokumen dalam bentuk word maupun excel, maka ketika akan mencetaknya harus masuk ke menu file. Setelah itu pilih print, dan aturlah ukuran kertas, ukuran kualitas dan sebsgainya. Jika sudah maka Anda dapat langsung mencetaknya. Proses cetak tidaklah lama, semua akan bergantung pada kualitas printernya. Itulah cara print simpelnya, kami yakin tidam ada kesulitan yang akan Anda alami.

www.pexels.com

Pentingnya Printer Bagi Kehidupan Kantor

Proses mencetak menjadi hal yang sangat sering dilakukan dalam kantor. Pasalnya kantor itu membutuhkan banyak dokumen, sehingga setiap harinya sangat butuh mesin print. Jika Anda seorang pekerja kantor, pekerjaan akan sedikit mengalami kesulitan jika tidak tahu bagaimana cara menggunakan printer. Selain mencetak dokumen, ternyata saat ini printer pun dapat menghasilkan berbagai macam cetakan seperti berikut :

  1. Mencetak foto

Tidak hanya berupa dokumen berbentuk tulisan, printer pun dapat menghasilkan sebuah foto yang dicetak di atas kertas. Hasil yang diberikan oleh printer pun cukup baik, sehingga ini menguntungkan sekali. Anda tidak perlu ke tempat khusus percetakan foto ketika lagi. Dengan memasukkan foto ke dalam komputer, kemudian menyambungkannya ke printer, maka foto pun akan langsung tercetak.

  1. Mencetak banner

Banner menjadi media iklan bagi beberapa orang. Ukuran dari banner biasanya akan besar dan juga panjang. Dahulu untuk membuat sebuah banner harus melalui sebuah kantor khusus percetakan. Namun semenjak munculnya printer, banner sudah dapat Anda cetak sendiri di rumah. Bahkan hasil cetakannya pun sama-sama berkualitas dan jelas.

  1. Mencetak sebuah stiker

Stiker sudah sering Anda lihat di berbagai benda. Misalnya saja di helm, sekarang rata-rata helm orang ditempeli oleh stiker. Ada yang merupakan stiker organisasi, stiker Universitas, stiker kepanitiaan dan sebagainya. Untuk membuat sebuah stiker, sekarang dapat melalui komputer. Begitu pula untuk printnya, Anda dapat memanfaatkan mesin print pribadi di rumah.

www.pexels.com
  1. Mencetak sablon

Untuk sablon sendiri sering terlihat di berbagai kaos, terutama kaos untuk santai dan organisasi. Mencetak sablon sudah tak menggunakan mesin khusus, melainkan dengan menggunakan printer. Bagi yang ingin membuka jasa sablon pun dapat memanfaatkannya. Jadi dalam 1 mesin, Anda dapat mencetak berbagai hal yang dibutuhkan. Bahkan untuk bisnis sekalipun, Anda dapat manfaatkan printer untuk mencetak sablon di atas arklirik, kaos dan sebagainya.

  1. Melakukan scan

Manfaat selanjutnya dari sebuah printer yakni, dapat melakukan scan. Scan adalah menggandakan dokumen seperti warna aslinya. Kemudian scan itu biasanya akan berbentuk file PDF dan juga JPG. Biasanya file hasil scan ini sangat dibutuhkan bagi yang sedang ke sana kemari melamar pekerjaan. Tidak perlu ke tempat foto copy-an, sekarang dengan printer pun Anda dapat lakukan scan. Namun pastikan lebih dahulu printernya telah dihubungkan dengan komputer, dan di install menggunakan printer drivers.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*