Umum

Cara Mudah Memancing Ikan Sepat

August 10, 2019

Keyword : ikan sepat

 

Ikan sepat merupakan ikan yang hidupnya bergerombol dengan ikan lainnya. Kalau anda ingin memancing sepat maka tempat yang paling ideal adalah lokasi yang airnya tenang dan tidak berarus. Makanya waduk, rawa, danau, kolam galian pasir merupakan tempat paling ideal. Namun bukan berarti tempat yang berarus juga tidak bisa dipancingi. Sehingga akan lebih sulit apabila anda ingin memancing sepat di tempat yang berarus besar.

Keuntungan memancing sepat adalah ikan ini memiliki sifat secara periodic mengambil oksigen langsung di udara. Kebiasaan ini memudahkan anda mencari tempat dimana sepat ini bergerombol. Biasanya ikan ini berkumpul di daerah tanaman air seperti enceng gondok dan kangkung. Selain tempat berkumpul, tempat ini juga dijadikan untuk menyimpan telur untuk berkembang biak.

Nah, kali ini akan dijelaskan tahapan memancing sepat yang mudah dan menyenangkan. Berikut ulasannya :

  1. Joran

Pada dasarnya semua jenis joran bisa digunakan untuk memancing sepat. Kalau anda ingin merasakan sensasi ketika strike maka anda bisa menyesuaikannya dengan ukuran sepat yang anda pancing. Mengingat sepat ini hanya berukuran maksimal 3 jari maka lebih baik anda menggunakan joran yang super light tackle.

  1. Line

Kalau anda menggunakan benang atau line dengan diameter semakin kecil maka hasilnya akan lebih baik. kalau menggunakan benang diameter besar maka dapat membuat sepat takut untuk menyambar umpan. Kalau di area memancing anda ada ikan jenis lainnya dengan ukuran besar maka alangkah baiknya menggunakan benang dnegan diameter o.13 mm.

  1. Kail

Kita ketahui kalau sepat ini memiliki mulut yang sangat kecil sehingga anda juga membutuhkan mata kail yang kecil. Ukuran kail maksimal yang direkomendasikan untuk memancing adalah 0.5.

  1. Pelampung

Ketika akan memancing sepat maka pelampung yang berbentuk jarum merupakan pelampung yang paling tepat. memiliki bentuk yang lonjong membuat pelampung ini begitu sensitif ketika umpan disambar ikan. Umpan yang cocok untuk ikan sepat ini adalah cacing, ramuan pelet. Kalau ingin hasil yang lebih efektif anda dapat menggunakan daging udang tawar dan kroto.

  1. Timah daun

Ketika memancing silahkan menggunakan timah daun secukupnya. tujuannya untuk menenggelamkan setengah badan dari pelampung. Posisi pelampung ini akan memudahkan anda mengetahui waktu yang tepat untuk menggentak joran ketika strike terjadi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *