Umum

Cara Menggunakan Toilet Duduk yang Benar dan Higenis

March 23, 2019

Kebanyakan masyarakat Indonesia masih menggunakan toilet jongkok. Namun untuk beberapa tempat modern yang notabene sering dikunjungi masyarakat ini sudah menggunakan toilet duduk. Beberapa tempat tersebut seperti bioskop, mall, rumah sakit dan perkantoran. Oleh karena perbedaan inilah banyak orang masih belum mengetahui bagaimana cara menggunakan toilet tersebut. Akibatnya adalah masyarakat tidak bisa membuang kotoran secara baik dan malah akan membuat toilet kotor nantinya. Untuk itulah Anda harus mengetahui bagaimana cara menggunakan toilet duduk yang benar. Dengan begitu tidak akan lagi kebingungan ketika harus pergi ke tempat dengan toilet yang duduk.

Selain Anda harus mengetahui bagaimana cara menggunakan toilet duduk yang benar, cara pengunaannnya yang higienis juga harus diketahui. Pasalnya cara yang satu ini akan membuat pengunaan toilet tersebut aman dan bersih sehingga tidak terkena bibit penyakit yang menganggu kesehatan. Baik cara dalam menggunakan toilet duduk yang benar maupun yang higienis ini tidak lah sulit untuk dilakukan sehingga jangan sampai Anda melewatkannya begitu saja. Kedua cara ini akan sangat berguna ketika Anda berpergian ke tempat lain yang mempunyai toilet umum. Dijamin dengan melakukan kedua cara ini, kenyamanan dan kesehatan akan terjaga dengan baik.

pexels.com

Cara Menggunakan Toilet Duduk yang Benar

Sebenarnya cara menggunakan toilet duduk yang benar ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu mengetahui informasi cara tersebut maka tidak akan kebingungan lagi dalam menggunkannya. Adapun cara dalam menggunakan toilet duduk yang benar ini adalah sebagai berikut:

  1. Jangan Jogkok di Toilet Duduk

Banyak orang salah kaprah ketika menggunakan toilet duduk ini karena menggunakannya secara berjongkok. Motivasi beberapa orang tersebut adalah takut terkena bakteri yang ada ditoilet tersebut, tidak tau caranya atau hanya bisa buang kotoran dengan berjongkok saja. Hal ini sangatlah bahaya untuk dilakukan karena Anda bisa terpelset ketika berjongkok pada toilet duduk ini. Tidak hanya itu saja, telapak kaki atau sepatu yang digunakan akan menimbulkan kotoran pada toilet duduk tersebut sehingga membahayakan penguna selanjutnya. Maka dari itulah apabila Anda tidak ingin berjongkok silahkan melakukan squat alias tidak menempel secara langsung ketika duduk pada toilet tersebut.

pexels.com
  1. Mengenali Fungsi Tombol Toilet Duduk

Mustahil Anda bisa menggunakan toilet duduk ini dengan maksimal apabila tidak mengetahui fungsi tombol-tombol yang ada. Untuk itulah Anda harus mengenali tombol-tombol apa saja yang ada pada toilet tersebut. Tombol tersebut jumlahnya ada dua yang umumnya terletak di atas toilet tersebut. Kedua tombol ini mempunyai ukuran yang berbeda yakni satu besar dan satu lebih kecil.  Untuk fungsinya, kedua tomboll ini sama yakni untuk menyiram air dalam toilet alias flush. Namun hindari untuk memencet kedua tombol tersebut secara langsung dan bersama-sama karena Anda akan menghabiskan banyak air nantinya. Kedua tombol ini diciptakan untuk pengunaan yang sesuai kebutuhan yakni ketika buang air kecil dan buang air besar. Tombol yang kecil ini akan mengeluarkan air sebanyak 3 liter dan fungsinya untuk menyiram urine. Sedangkan untuk menyiram feses Anda harus menekan tombol yang besar karena akan mengeluarkan air sebanyak 6 liter.  Untuk itulah sesuaikan kegiatan apa yang Anda lakukan dalam menggunakan toilet duduk tersebut.

  1. Memanfaatkan Bidet Toilet Duduk

Beberapa toilet duduk terbaru mempunyai bidet yang masih banyak orang belum mengetahui cara pengunaannya. Hasilnya ketika mencoba menggunakannya malah membasahi pakaian ataupun sekitar toilet. Sebelumnya ketahui terlebih dahulu bahwa bidet ini adalah sebuah semprotan yang digunakan untuk membasahi atau membilas organ vital ketika Anda selesai membuang air besar. Biasanya alat ini akan hadir ketika tidak ada shower pada toilet tersebut. Letak dari bidet ini sendiri ada dalam toilet duduk yang mana tepat dibawah anus Anda ketika menduduki toilet tersebut.  Untuk cara dalam menggunakan toilet duduk memanfaatkan bidet yang benar ini sangatlah mudah. Biasanya letak tombolnya di samping toilet. Silahkan pencet tombol bidet dan pastikan posisi duduk ini pas dengan bidet tersebut agar anus Anda langsung terkena air dari bidet ini. Tidak perlu takut akan kebersihan dari air ini karena air yang digunakan adalah air bersih bukan hasil dari limbah toilet duduk tersebut.

pexels.com

Cara dalam Menggunakan Toilet Duduk yang Higienis

Ketika cara menggunakan toilet duduk yang benar sudah dikuasai pastinya Anda bisa menggunakan toilet ini tanpa kesalahan. Sekarang masalahnya adalah higienis dari toilet ini yang begitu penting bagi kesehatan. Kebanyakan pengelola toilet umum akan menjaga kebersihan toilet yang dipunyai dengan baik. Mulai dari pembersihan secara rutin, menggunakan sedot WC Surabaya apabila memang toilet duduk ini ada di Malang begitu pula dengan kota atau tempat lainnya, menganti tisu dan masih banyak lagi. Namun semua hal ini tidak mampu menjamin kehigienisan secara maksimal dari toilet duduk ini. Maka dari itulah cara dalam menggunakan toilet duduk yang benar ini harus dibarengi dengan cara pengunaan yang higienis pula. Berikut adalah cara dalam menggunakan toilet duduk yang higienis tersebut:

  1. Pilihlah Bilik yang Paling Bersih

Ketika Anda berada di sebuah tempat dengan toilet berbilik yang jumlahnya banyak, silahkan lihat satu persatu dan pilihlah yang terlihat paling bersih. Biasanya bilik toilet umum ini ada banyak dan jangan ragu untuk meneliti satu persatu untuk memastikan mendapatkan toilet yang paling bersih. Dengan begitu Anda akan lebih nyaman ketika buang air dan kehigienisan yang lebih terjamin lagi.  Jangan ragu untuk memberitau cleaning service (jika ada) atau penjaganya apabila memang ada toilet yang benar kotor agar bisa segera dibersihkan.

  1. Menggunakan Seat Protector

Saat ini terdapat alat bernama seat protector yang bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kehigienisan toilet duduk ini. Dengan cara dalam menggunakan toilet duduk yang higienis satu ini, tidak perlu lagi Anda melakukan sequat atau melapisi toilet dengan tisu. Terlebih lagi tisu yang biasa digunakan untuk melapisi toilet duduk ini belum tentu bersih juga.

pexels.com
  1. Melapisi Jari Ketika Menekan Tombol Flush

Cara dalam menggunakan toilet duduk yang higienis berikutnya adalah dengan melapisi jari menggunakan tisu bersih Anda ketika menekan tombol flush.  Pasalnya tombol flush dalam toilet duduk ini mengandung banyak bakteri dan merupakan sarang kuman berbahaya.

  1. Bawa Tisu Sendiri

Usahakan membawa tisu sendiri ketika menggunakan toilet duduk umum. Penyebabnya tisu dalam toilet tersebut banyak yang sudah tidak higienis dan menjadi sarang kuman. Dengan cara dalam menggunakan toilet duduk tersebut, Anda dijamin akan mampu menjaga tingkat higienis yang tinggi.

Demikianlah itu tadi merupakan cara menggunakan toilet duduk yang benar dan higienis. Tentunya Anda tidak cukup hanya mengetahui kedua cara penting ini saja tetapi harus melakukannya pula. Dengan begitu berbagai keuntungan akan didapatkan seperti lebih nyaman dan bersih lagi ketika menggunakan toilet duduk tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *