teknologi

Cara Mengetahui HP Disadap Oleh Orang Lain

June 5, 2019

Handphone merupakan alat komunikasi yang telah dimiliki oleh sebagian besar orang di dunia. Kecanggihan HP membuat alat komunikasi ini menjadi salah satu benda yang tidak boleh tertinggal bagi kebanyakan orang saat pergi kemana pun. Fungsi utama HP sebenarnya memang sebagai alat komunikasi. Komunikasi yang bisa dilakukan bisa berupa telepon dan SMS. Tetapi, HP terus mengalami perkembangan dimana fungsinya tidak hanya sebatas telepon dan SMS saja. HP kini ditunjang oleh teknologi canggih yang membuatnya mampu menginstall berbagai macam aplikasi yang bermanfaat. HP kini bisa digunakan untuk mengambil foto, membuat dokumen, video call, bermain game hingga menjalankan sebuah bisnis online. Dengan beragam fungsi yang dimilikinya, tak heran jika HP telah menjadi salah satu kebutuhan pokok sebagian besar manusia. Meski begitu, HP juga termasuk alat komunikasi yang rawan terjadi kebocoran informasi. Kebocoran data atau informasi bisa terjadi apabila kamu kehilangan nomor HP. Kamu perlu mengetahui cara melacak no HP yang hilang agar data kamu tidak jatuh kepada orang lain. Selain itu, kebocoran informasi juga bisa terjadi melalui penyadapan. Penyadapan HP merupakan pemantauan percakapan telepon dan komunikasi via internet yang dilakukan secara rahasia oleh lawan bicara atau pihak ketiga.

pxhere.com

Dengan penyadapan HP, setiap data percakapan telepon dan data internet akan terekam dan terpantau oleh salah satu pihak yang melakukan panggilan telepon atau pihak ketiga secara tidak resmi tanpa diketahui oleh pihak yang disadap. Oleh karena itu, kamu juga perlu menyimak cara mengetahui HP disadap oleh orang lain. Ada dua metode penyadapan HP yang biasa digunakan, yaitu menggunakan alat sadap berdasarkan frekuensi telepon dan menggunakan aplikasi yang diinstall di HP. Untuk mengetahui HP yang telah disadap juga berbeda bergantung metode yang digunakan tadi.

 

HP yang Disadap dengan Frekuensi Telepon

Metode penyadapan yang pertama ini biasanya diperuntukkan kepada orang-orang penting. Pasalnya, penyadapan dengan metode ini memerlukan biaya yang sangat besar. Cara mengetahui HP disadap dengan metode ini adalah sebagai berikut:

pxhere.com
  • Saat melakukan panggilan, akan terdengar suara berdengung panjang. Setelah itu, suara lawan bicara akan terdengar seperti sedang berada di lorong yang bergema
  • Saat kamu melakukan panggilan ke nomor-nomor tertentu, panggilan akan terputus setiap beberapa menit meskipun kamu tidak sedang berada di luar kota atau jaringan telepon sedang stabil
  • Selain sering terputus, panggilan ke nomor-nomor tertentu juga sulit sekali. Bahkan, ini juga bisa terjadi saat nomor yang akan ditelepon berada dekat dengan kita dan dapat dilihat secara langsung.
  • Proses pengiriman SMS bisa terjeda beberapa waktu. Bahkan, penyampaian SMS pun cenderung gagal. Hal ini bisa terjadi karena HP telah disadap maupun pelayanan operator yang buruk
  • Sesaat sebelum nada sambung atau NSP berbunyi, biasanya akan terdengar suara aneh, misalnya “cklik” atau “nut”
  • Saat melakukan panggilan dari HP ke sesama nomor HP, sering terdengar ada suara lain seperti induksi ala PSTN atau telepon kabel.
  • Terkadang saat hendak menelepon seseorang, panggilan justru tersambung ke nomor orang lain atau salah sambung.
pxhere.com

HP yang Disadap dengan Aplikasi (Software)

Cara mengetahui HP disadap karena metode yang kedua ini lebih mudah. Beberapa tanda yang bisa diperhatikan jika HP telah disadap dengan aplikasi atau software adalah sebagai berikut:

  • Apabila baterai HP kamu lebih boros dari biasanya padahal digunakan dalam kondisi normal, hal ini bisa menjadi tanda bahwa HP kamu telah disadap. Pasalnya, cara kerja aplikasi penyadap HP adalah dengan mengirim informasi ke server aplikasi penyadap secara terus menerus. Sehingga, baterai HP kamu akan menjadi lebih boros.
  • Selain baterai yang lebih boros, tanda selanjutnya adalah paket internet atau kuota kamu yang lebih cepat habis dari biasanya. Kamu patut mencurigainya apabila kamu memakai kuota secara normal-normal saja. Hal ini bisa terjadi karena aplikasi penyadap memerlukan sambungan internet untuk mentransfer data informasi yang banyak. Mulai dari rekaman telepon, foto, lokasi dan sebagainya ke server aplikasi penyadap.
  • Kamu patut mencurigai apabila tidak sedang menggunakan HP beberapa saat, namun HP terasa panas. Hal ini bisa terjadi karena HP kamu sedang bekerja melakukan proses penyadapan seperti yang telah disebutkan pada dua poin di atas.
  • Ketiga poin di atas juga akan menyebabkan HP kamu terasa lebih lemot dari biasanya saat digunakan.
  • Saat melakukan panggilan ke orang lain, kamu akan mendengar suara-suara aneh seperti bunyi klik, derau atau bunyi lain seperti yang terjadi saat kamu mendekatkan HP ke televisi atau radio. Bisa juga terjadi volume yang berubah-ubah sendiri.
  • Bunyi-bunyi aneh juga bisa terdengar saat HP sedang tidak digunakan. Hal ini terjadi karena HP kamu sedang bekerja sebagai receiver atau transmitter yang sedang menerima percakapan telepon di area sekitarnya.
  • HP bisa mati secara tiba-tiba saat sedang digunakan untuk berkomunikasi. Hal lain yang bisa terjadi adalah sinyal yang tiba-tiba turun atau terdengar suara mendengung padahal HP kamu tidak rusak.
pxhere.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *