pendidikan

Kenalan Dengan Istilah Asisten Dosen

January 25, 2020

Asisten menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti orang yang bertugas membantu orang lain dalam melaksanakan tugas profesional, misalnya dalam pekerjaan, profesi, dan kedinasan. Asisten sendiri sangat penting bagi seseorang dengan tugas yang besar agar tugas tersebut lebih mudah diselesaikan dan lebih terorganisir. Jenis – jenis asisten juga ada banyak macamnya. Biasanya nama orang yang dibantunya akan disematkan sebagai julukannya pula. Contohnya adalah asisten dosen.

Dosen menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki definisi yang singkat, yaitu tenaga pengajar pada perguruan tinggi. Dosen adalah pengajar bagi mahasiswa layaknya guru mengajar siswa. Namun, cara pengajaran dan materi yang disampaikan oleh dosen cenderung berbeda dengan yang dilakukan oleh para guru di sekolah. Ada dosen yang mengajar dengan cara seperti guru mengajar, ada dosen yang lebih suka mahasiswanya belajar mandiri, ada pula dosen yang mengajarkan mahasiswanya secara online. Cara – cara mengajar dosen berbeda – beda dan terkadang terkesan unik.

Asisten dosen atau yang kerap disapa “Asdos” menurut kamus yang sama adalah orang yang membantu dosen melaksanakan tugas profesionalnya. Asdos merupakan posisi yang cukup menggiurkan bagi sebagian mahasiswa. Biasanya jabatan asdos dianggap sangat keren. Mengapa? Karena asdos masih seorang mahasiswa namun diberikan kepercayaan untuk mengajar mahasiswa juga. Namun, umumnya mahasiswa yang diajar asdos berada di tahun yang lebih junior daripada si asdos. Namun beberapa mahasiswa tidak tertarik untuk mengisi posisi tersebut. Beberapa alasan yang menjadikan seseorang tidak tertarik dengan posisi asdos adalah kesibukan yang mungkin akan mendatangi saat mengemban tugas mengajar dari dosen.

stocksnap.io

Keuntungan menjadi asdos

Sebagai salah satu jabatan yang diidamkan oleh banyak mahasiswa, posisi asdos tentunya memiliki beberapa keuntungan. Keuntungan tersebutlah yang menjadikan beberapa mahasiswa mendambakan posisi tersebut dan saling bersaing untuk mendudukinya. Berikut adalah beberapa keuntungan menjadi asisten seorang dosen di perguruan tinggi atau pendidikan setingkatnya:

  1. Mendapat tambahan uang saku

Yap! Seperti posisi asisten pada perusahaan, asisten dari seorang dosen tentu mendapat bayaran dengan nominal tertentu. Namun tentu saja bayaran tersebut tidak sama dengan bayaran asisten di perusahan, jenis tugasnya pun berbeda. Bayaran posisi asisten bagi dosen ini memang tidak sebesar bayaran asisten perusahaan, tetapi bisa dibilang lumayan untuk menambah uang saku. Nominal bayaran asdos berbeda setiap dosennya. Bayaran tersebut dapat menjadi penyemangat asdos dalam melaksanakan tugasnya.

  1. Sebagai sarana review materi kuliah

Materi kuliah yang telah lalu tentunya penting untuk diingat untuk masa yang akan datang bagi seluruh mahasiswa. Dengan menjadi seorang asdos, biasanya mahasiswa tersebut akan mengajar tingkat yang lebih junior. Kesempatan ini akan menjadi sarana mengulang materi lampau sehingga menjadi lebih ingat.

  1. Memiliki relasi lebih luas dengan adik tingkat

Karen umumnya asdos mengajar materi yang telah dilalui yang mana materi tersebut biasanya ada di kelas adik tingkat, asdos menjadi lebih dikenal mahasiswa juniornya. Hal ini menjadi sebuah keuntungan jikalau nanti asdos memerlukan adik tingkat di suatu kesempatan seperti pengisian kuisioner skripsi.

  1. Dikenal sebagai mahasiswa dengan reputai baik

Bohong jika begitu mendengar kata asdos mahasiswa tidak berpikir mengenai image – image baik yang mungkin melekat pada diri seorang asdos. Biasanya asdos akan dilabeli image pintar, pekerja keras, dan memiliki time management yang baik. Hal itu pula yang membuat mahasiswa lain terutama mahasiswa juniornya tertular keinginan cara menjadi asisten dosen yang membutuhkan.

  1. Melatih kemampuan public speaking

Asdos merupakan jabatan yang mengharuskan pengembannya untuk tampil dan berbicara di depan umum. Asisten seorang dosen harus menggantikan kegiatan mengajar dosennya. Dengan begitu, asisten dosen harus mengajar dan menyampaikan materi kuliah kepada para mahasiswa di depan kelas. Tidak mungkin bukan asdos justru tidak berani berbicara di depan umum dan malah duduk di belakang? Dengan membiasakan diri berbicara di depan umum, seorang asdos akan memiliki kemampuan public speaking yang lebih baik. Bahkan mungkin lebih baik dari mahasiswa lainnya.

Nah, itu tadi beberapa keunggulan menjadi asdos. Masih ada keunggulan – keunggulan lainnya yang dapat didapatkan dari menjadi seorang asdos.

stocksnap.io

Cara menjadi asisten dosen

Sebagai salah satu posisi yang memiliki banyak pengincar, tentu ada cara – cara yang perlu dilakukan untuk mendapatkannya. Berikut ini akan disebutkan beberapa ccara untuk mendapatkan posisi asdos. Sebagai catatan, cara ini diambil dari pengamatan atas pengalaman para asdos yang sudah pernah menjalani posisi tersebut.

  1. Mengerjakan semua tugas dengan sebaik – baiknya

Selalu berusahalah mengerjakan setiap tugas atau ujian yang diberikan oleh dosen dengan sebaik – baiknya. Jika perlu, selalu jadilah yang terbaik. Mengapa? Selain untuk mendapatkan ilmu yang banyak dan juga nilai yang baik, pandangan dosen pada mahasiswa yang selalu melakukan yang terbaik akan berbeda. Kemungkinan terpilih menjadi asod akan semakin besar.

  1. Melaksanakan tugas presentasi secara memukau

Presentasi merupakan salah satu contoh penerapan public speaking. Dengan kemampuan presentasi yang baik seorang mahasiswa akan lebih mungkin terpilih menjadi asdos.

Ada banyak cara agar terpilih menjadi asdos. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *