Kesehatan

Pelayanan Ambulance Di Indonesia vs Negara Maju

August 28, 2019

Ambulance memang menjadi satu-satunya kendaraan yang wajib di prioritaskan keberadaannya. Sebab tujuan dari keberadaan ambulance adalah untuk memberikan pelayanan kepada pasien yang sedang sangat membutuhkan pertolongan. Ambulance dipilih karena menurut peraturan merupakan salah satu kendaraan yang harus didahuluka ketika berada di jalan raya. Meskipun dalam kenyataannya pelayanan ambulance di indonesia vs negara maju memiliki sedikit perbedaan yang cukup signifikant, akan tetapi sebenarnya pada dasarnya tingkat pentingnya ambulance agar didahulukan sama saja baik di indonesia maupun di negara manapun yang ada di dunia. Sebab pada umumnya yang namanya ambulance memang sedang membawa pasien dengan keadaan yang sangat gawat agar bisa segera dilakukan perawatan di rumah sakit.

Perbedaan Ambulance Di Indonesia vs Negara Maju

Meskipun pada dasarnya ambulance baik itu di indonesia maupun di negara maju manapun, ambulance wajib di dahulukan, akan tetapi sebenarnya ada beberapa hal yang membedakan antara ambulance di indonesia vs negara maju yang harus menjadi perhatian guna perbaikan ke arah yang lebih baik. Berikut ada beberapa perbedaan antara keberadaan ambulance di indonesia dengan di negara maju lainnya:

pxhere.com
  • Pada negara maju yang sudah benar-benar memiliki kesadaran penuh akan pentingnya mendahulukan kegawatdaruratan membuat warga mengerti dan lebih mendahulukan ambulance lewat. Tingkat kegawatan pasien yang tidak dapat diprediksi tentu saja membutuhkan penanganan yang lebih tetap dan lebih cepat. Tanpa penanganan yang cepat dan tepat bukan tidak mungkin kondisi pasien justru akan semakin buruk dengan tidak tertangani dengan baik.
  • Fasilitas yang diberikan di dalam mobil ambulance yang berasal dari berbagai negara maju lainnya jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan di indonesia. Di negara maju, ambulance memiliki banyak sekali fasilitas yang sangat lengkap guna menunjang perbaikan kondisi pasien. Mobil ambulance dari negara maju biasanya sudah dibekali dengan kotak peralatan yang lengkap serta seperangkat kotak pertolongan pertama untuk memberikan pertolongan cepat kepada pasien. Minimal di dalam ambulance tersedia peralatan untuk melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan pasien yang sedang dibawa serta menjaganya agar tetap dalam keadaan baik selama perjalanan menuju rumah sakit.
  • Apabila di negara maju, ambulance yang akan disewa memiliki respon yang jauh lebih cepat dibandingkan di indonesia. Respon atas kondisi gawat darurat benar-benar sudah tersistem dengan baik. Semua panggilan gawat darurat sudah tersistem dengan sempurna. Sehingga semua fasilitas darurat sudah tersistem serta saling berkesinambungan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan layanan darurat. Termasuk layanan ambulan yang akan digunakan untuk membawa pasien yang sedang dalam keadaan sangat darurat. Sehingga secara otomatis setiap keadaan darurat selalu direspon dengan sangat cepat untuk memberikan pertolongan kepada pihak yang membutuhkan pertolongan.
  • Respon masyarakat akan sebuah mobil ambulance yang sedang lewat di jalan raya lebih perduli di negara maju jika dibandingkan dengan di indonesia. Meskipun hal ini tidak berlaku secara keseluruhan, akan tetapi ada sedikit perbedaan respon masyarakat ketika melihat ambulance melewati jalanan yang padat merayap yang berasal dari negara maju dengan yang beasal dari indonesia. Terkadang orang indonesia lebih memilih untuk tidak memberikan jalan untuk ambulance. Namun ada juga kalangan masyarakat yang jauh lebih terdidik memberikan prioritas jalan kepada ambulance. Bisa dikatakan tingkat kesadaran akan keadaan gawat di jalan raya berbeda antara di negara maju dengan di indonesia.
pxhere.com

Respon Gawat Darurat

Keadaan gawat darurat memang tidak melihat waktu dan juga tempat. Akan tetapi keadaan darurat bisa datang kepada siapa saja dan kapan saja. Oleh karenanya, respon akan keadaan gawat darurat memang wajib diprioritaskan demi menjaga pelayanan kepada masyarakat. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa tingkat pelayanan gawat darurat antara ambulance di indonesia vs negara maju memang berbeda. Hal ini berkaitan erat dengan kualitas sumber daya manusianya. Di beberapa negara maju, sumber daya manusianya sangat bagus. Sehingga pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat akan kecepatan respon terhadap kondisi gawat darurat memang sudah sangat terlatih dengan baik.

Keadaan gawat darurat sebenarnya merupakan keadaan yang dengan segera harus ditangani. Apabila tidak segera dilakukan penanganan dengan lebih serius, dikhawatirkan kondisi pasien semakin lama akan semakin memburuk. Kebutuhan akan peningkatan kesadaran  penanganan atau respon terhadap keadaan gawat darurat memang harus terus dikembangkan dan ditingkatkan demi menjaga keharmonisan kehidupan. Termasuk untuk prosedur sewa ambulance yang harus dibuat sederhana agar masyarakat yang membutuhkan ambulance bisa segera memperoleh akses dengan ambulance yang diperlukan untuk membawa pasien yang sedang dalam keadaan gawat ke rumah sakit guna mendapatkan perawatan yang lebih intensif. Peningkatan kecepatan respon tenaga medis akan keadaan gawat darurat serta bagaimana melakukan pertolongan pertama pada pasien memang harus terus ditingkatkan. Selain itu, kesadaran warga masyarakat akan pentingnya pemeliharaan fasilitas publik wajib ditekankan untuk memperbaiki citra pelayanan gawat darurat. Pelatihan kepada petugas medis ditambah dengan penyuluhan-penyuluhan akan pentingnya kerjasama dalam melakukan penanganan dalam keadaan darurat memang harus terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas penanganan kesehatan masyarakat yang membutuhkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *