Umum

Mencari Alasan Mengundurkan Diri dari Perusahaan

December 14, 2019

Ketika kalian merasa sudah tidak sejalan dengan visi dan misi perusahaan tempat dimana kalian bekerja dan kalian ingin mengundurkan diri, hal pertama yang kalian harus lakukan adalah mencari alasan mengundurkan diri dari perusahaan. Kalian harus tepat memilih alasan mengundurkan diri dari perusahaan untuk menjaga kredibilitas nama kalian di industri tempat kalian bekerja. Karena bagaimanapun juga pasti tetap ada relasi dari saling bertukar informasi antara perusahaan satu dengan perusahaan lain  yang bergerak di industri yang sama.Informasi didapatkan dari kabar burung oleh karyawan di sebuah perusahaan kepada sesama karyawan di perusahaan lain. Seolah melakukan pergunjingan sudah mendarah daging di antara karyawan.

3 Alasan Mengundurkan Diri dari Perusahaan yang Klise Namun Lazim dan Sering Digunakan

Sebuah pilihan alasan mengundurkan tidak semata kalian gunakan untuk dasar surat pengunduran diri kalian disetujui oleh bagian Personalia di Perusahaan tempat kalian bekerja sekarang. Alasan yang kalian pilih untuk melakukan pengunduran diri kelak akan kalian pertanggung jawabkan kepada perusahaan lain jika kalian akan kembali melamar pekerjaan.

Ketika kalian mencoba melamar pekerjaan di sebuah perusahaan lain dan berhasil lolos kurasi data pelamar hingga tahap wawancara. Mungkin kalian berpikir, bagian Personalia atau Pewawancara di sebuah perusahaan yang kamu lamar tidak akan tahu pasti tentang alasan pengunduran diri kalian dari perusahaan lama tempat kalian pernah bekerja. Bagian personalian atau pewawancara yang niat dan jeli tentu akan melakukan riset tentang diri kalian kepada relasi dan kolega di perusahaan lain.

Ini adalah daftar alasan yang mungkin dapat kalian gunakan sebagai alasan ketika hendak memutuskan untuk mengundurkan diri dari tempat kalian bekerja.

stocksnap.io

1.      Sakit sebagai alasan mengundurkan diri dari perusahaan

Tidak betul-betul sakit namun menjadikan sakit sebagai alasan memang sudah menjadi hal yang biasa dan sering kita temui. Bahkan sebagian dari kita mungkin pernah, tidak sedang sakit tetapi menggunakan alasan sakit ketika masa sekolah. Alasan sakit digunakan untuk kita sebagai alasan untuk malas berangkat sekolah. Tentu saja tidak semua orang menyalahgunakan alasan sakit sebagai alasan atas kemalasan. Alasan sakit dalam konteks pengunduran diri dari perusahaan memiliki arti yang luas.

  • Anggota keluarga yang mengalami sakit

Contoh dalam kasus ini adalah anggota keluarga terdekat, misalnya Ibu dari seorang karyawan sedang mengalami sakit keras dan keadaan tersebut mengharuskan karyawan merawatnya karena tidak ada orang lain yang dapat dimintai tolong untuk merawat Ibu dari karyawan tersebut.

Pilihan terbaik adalah mengundurkan diri ketimbang harus mengorbankan keluarga terdekat.

  • Ketidakmampuan tubuh

Alasan ini tercipta biasanya dari karyawan yang baru bekerjabeberapa bulan bahkan minggu, bekerja di sebuah perusahaan lalu merasa ketahanan tubuh karyawan tersebut tidak sanggup menyesuaikan diri dengan gaya dan tugas pekerjaan serta jam kerja yang diterapkan perusahaan.

  • Riwayat kesehatan

Ketika seorang karyawan dalam masa kerja di sebuah perusahaan tiba-tiba mengalami sakit dan diharuskan untuk mendapatkan tindakan serius. Setelah seorang karyawan tersebut berhasil pulih dari sakit namun mendapatkan riwayat kesehatan yang tidak memungkinkan seorang karyawan dapat kembali bekerja di perusahaan seperti sediakala.

stocksnap.io

2.      Bekerja di bidang yang sesuai dengan minat

Jika memang jujur dan betul adanya,alasan ini biasanya digunakan oleh seseorang karyawan yang hidupnya berorientasi pada mimpi dan passion. Mungkin jika di dalam dunia perkuliahan ada istilah salah jurusan, di dunia kerja ada istilah salah kerjaan.Karyawan yang merasa dirinya akan lebih bahagia jika bekerja di bidang yang ia sukai.

Memilih alasan bekerja sesuai dengan minat mungkin agak sedikit sulit diterima dan akan menemui sedikit kendala, entah dari pihak perusahaan tempat karyawan bekerja maupun dari pihak perusahaan yang akan menjadi tujuan karyawan. Kedua perusahaan itu mungkin akan melabeli seorang karyawan yang mengundurkan diri dengan alasan bekerja sesuai minat sebagai seseorang karyawan yang cepat bosan.

Namun jika seorang karyawan berhasil menjelaskan minat dan tujuan apa yang diinginkan karyawan tersebut kepada perusahaan. Dan perusahaan tersebut dapat melihat hal itu di dalam karyawan, tidak memungkinkan proses pengunduran diri akan berjalan lancar.

3.      Mencari pengalaman dan tantangan baru

Mungkin ini adalah alasan paling klise jika dibandingkan dengan dua alasan sebelumnya. Alasan mencari pengalaman dan tantangan baru seakan menggambarkan sebuah perusahaan tempat dimana seorang karyawan bekerja memberikan pekerjaan yang tidak ada artinya jika dibandingkan dengan kemampuan karyawan.

Mengajukan pengunduran diri dengan alasan mencari pengalaman dan tantangan baru akan berjalan mulus jika dibarengi dengan alasan dan penjelasan lain yang masuk akal dan dapat dipahami oleh perusahaan. Karena jika tanpa alasan dan penjelasan lebih lanjut, seorang karyawan terdengar seperti orang yang congkak.

Contoh alasan yang masuk akal, misalnya seorang karyawan tinggal bukan di kota besar melainkan di daerah. Sekarang seorang karyawan bekerja di sebuah perusahaan di daerah tempat seorang karyawan tinggal, namun karyawan tersebut menginginkan merantau dan bekerja di kota besar demi memperbaiki taraf hidup diri dan keluarganya.

Dibawah ini, untuknegeri.net akan memberikan contoh surat pengunduran diri dengan alasan mencari pengalaman dan tantangan baru.

 

Kudus, 2April 2016

 

Kepada Yth.

 

Kepala Bagian Personalia

  1. Sejahtera Bersama

 

Dengan Hormat,

 

Saya selaku karyawan PT. Sejahtera Bersama yang bertanda tangan dibawah ini :

 

Nama                          : Ario Pratama

Jabatan                        : Administrasi

Nomor Karyawan        : 140791

Alamat                                    : Jalan Pangeran Diponegoro no.4Kudus Jawa Tengah

 

Terhitung sejak hari Senin tanggal 4 bulan April tahun 2016 secara resmi menyatakan mengundurkan diri sebagai karyawan PT. Sejahtera Bersama dengan alasan ingin mencari dan mendapatkan tantangan baru di dalam dunia kerja.

Dengan berat hati keputusan ini saya buat atas pertimbangan dan konsekuensi yang telah saya pikirkan secara matang. Pernyataan ini saya tulis berdasarkan pertimbangan dan keinginan sayauntuk merantau dan mencari pengalaman baru di Kota lain.

Saya sangat berterima kasih kepada PT. Sejahtera Bersama atas pengalaman dan pembelajaran yang telah diberikan selama empat tahun saya bekerja. Saya juga memohon maaf setulus-tulusnya kepada PT. Sejahtera Bersama dan rekan sejawat atas perkataan dan perilaku saya yang tidak berkenan selama saya bekerja.

Besar harapan saya PT. Sejahtera Bersama dapat paham dan memaklumi alasan saya untuk mengundurkan diri. Serta saya berharap PT. Sejahtera Bersama akan terus berkembang dan selalu berjalan sesuai dengan visi misi PT. Sejahtera Bersama.

Demikian surat pengunduran diri saya buat, atas perhatian dan pengertiannya saya ucapkan terima kasih setulus-tulusnya.

 

Hormat saya,

 

Ario Pratama

Mungkin pilihan alasan mengundurkan diri dari perusahaan di atas tidak sesuai dengan apa yang sebetulnya kalian rasakan.Tetapi setidaknya memilih alasan tersebut terlihat lebih bijak ketimbang alasan sebetulnya yang akan merusak reputasi kalian.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *