Umum

Alasan BPUPKI Dibentuk dan Suasana Pembentukannya

September 22, 2019

BPUPKI adalah singkatan dari Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Badan ini dibentuk secara resmi pada tanggal 29 April 1945 oleh Jepang. Pada awal pembentukan BPUPKI terjadi pada tanggal 1 Maret 1945, dimana pemerintahan militer Jepang diwakili oleh komando AD yang ke-16 serta ke-25 setuju atas rencana tersebut.

Kedua komando itu memegang wewenang atas daerah Jawa dan juga Sumatera. Dibentuknya BPUPKI hanya untuk kedua wilayah tersebut. Sementara di wilayah Kalimantan serta Indonesia Timur pada saat itu dibawah komando AL Jepang dan tidak ada pembentukan badan yang sama.

Meskipun pendirian BPUPKI sudah diumumkan pada 1 Maret 1945 oleh Kumakichi Harada, namun peresmiannya baru dilaksanakan pada 29 April 1945. BPUPKI memiliki sebanyak 67 anggota dengan Dr. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat yang ditunjuk sebagai ketua BPUPKI dengan didampingi oleh Ichibangase Yosio dan juga Raden Pandji Soeroso sebagai wakil ketua.

Alasan Pembentukan BPUPKI

BPUPKI dibentuk dengan alasan sebagai usaha untuk menerima dukungan dari Indonesia dengan menjanjikan kalau pemerintahan Jepang yang kala itu menjajah Indonesia akan membantu proses kemerdekaan Indonesia. Dengan garis besarnya BPUPKI dibentuk karena merupakan wujud dari janji Jepang. Janji Jepang untuk memberikan kemerdekaan kepada Indonesia disampaikan sendiri oleh Menteri mereka, Kuniaki Koiso pada era Raja Hirohito.

Bermula dari serangan-serangan balasan yang diberikan oleh pihak Sekutu menjadikan daerah-daerah yang pernah dikuasi oleh pihak Jepang pada akhirnya kembali ke tangan Sekutu. Jepang yang pada saat itu dalam kondisi terhimpit pun membutuhkan dukungan dari rakyat Indonesia hingga kemudian perdana Menteri Jepang memberikan janjinya pada 7 September 1944 untuk memerdekakan Indonesia. Salah satu langkahnya adalah dengan membentuk badan khusus yaitu BPUBKI.

Suasan Pembentukan BPUPKI

Pada kala itu suasana pembentukan BPUPKI berlangsung cukup tegang, mengingat terdapat diplomasi besar di dalamnya antara pemimpin bangsa Indonesia dengan para petinggi pemerintahan Jepang. Para pejuang bangsa Indonesia punya keinginan yang besar untuk memperoleh kemerdekaan yang Jepang sudah janjikan, sehingga para pejuang bangsa Indonesia pun bersatu serta mengedepankan sikap gotong royong dan juga patriotism. Para pejuang kemedekaan Indonesia pun bergerak dengan segala upayanya demi dapat dengan segara membuat dasar Negara.

Kendati demikian, pembentukan BPUPKI pada akhirnya berjalan dengan lancar lantaran BPUPKI sendiri adalah badan yang dibentuk oleh Jepang sehingga mendapatkan dukungan yang besar dari Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *