Kesehatan

Cara Agar Rambut Cepat Panjang Alami

February 3, 2019

Kesal karena rambut tak kunjung panjang? Ya, hal ini memang kerap dialami para perempuan setelah memotong pendek rambutnya. Penyesalan tiada akhir menghampiri seolah rambut tidak akan panjang lagi. Memang butuh waktu cukup lama untuk menunggu rambut tumbuh kembali setelah pemotongan. Apalagi, bagi Anda yang sebelumnya memiliki rambut panjang.

Ada beberapa cara membuat rambutnya Anda kembali ke panjang semula sebenarnya, salah satunya dengan hair extension atau penyambungan rambut. Namun, tidak semua orang mau melakukan ini. Apalagi, kadang hasil extension tidak senatural yang diharapkan, sehingga terlihat seperti rambut sambungan bukan rambut asli.

Sebetulnya ada loh cara-cara alami membuat rambut cepat panjang yang tentu saja tidak membahayakan. Nah, untuk Anda yang menginginkan rambutnya cepat panjang dengan cara alami, kami akan berikan beberapa cara agar rambut cepat panjang alami pada artikel berikut ini.

www.pexels.com

 

Cara Membuat Rambut Panjang Natural

Cara agar rambut cepat panjangnatural adalah dengan merangsangnya dengan cara-cara dan bahan yang alami pula. Ingin tahu bagaimana cara mempercepat rambut panjang dengan cara alami? Simak yang sudah kami rangkum berikut ini.

  1. Berhenti atau kurangi menggunakan alat-alat elektronik

Jika Anda terlalu fokus untuk memperbaiki rambut dengan cara buatan, maka rambut tidak akan pernha tumbuh alami dengan baik pula. Cobalah untuk mengurangi blow-drying, catok, smoothing, atau mengeriting rambut. Sementara memangrambut terlihat indah, namun lama-lama pertumbuhan rambut justru akan terganggu.

  1. Trim

Cara yang cukup mudah dilakukan adalah potong rambut secara berkala. Bukan di potong pendek, melainkan di trim, yaitu memotong rmabut sebanyak kurnag lebih 0,5 – 1 cm setiap dua sampai tiga bulan sekali. Cara ini tidak akan membuat rambut Anda menjadi pendek, namun tetap membuat rambut lebih fresh. Tak hanya membuat fresh, melakukan trim juga bisa memperbaiki kerusakan rambut, membiarkan rambut ‘bernapas’, mencegah ujung rambut kering dan bercabang, memperbaiki vitalitas rambut, dan justru akan memberikan volume pada rambut. Hal ini juga sangat disetujui oleh ahli rambut.

  1. Menyisir rambut sebelum tidur

Menyisir rambut sebelum tidur seringkali dilakukan oleh orang-orang zaman dulu. Hal ini dilakukan bukan tanpa sebab atau hanya kebiasaan belaka, melainkan memberi efek yang baik pada rambut. Penyisiran rambut sebelum tidur bisa merangsang rambut agar tumbul lebih cepat. Untuk Anda yang rambutnya rontok, sebaiknya pilihlah sisir yang cocok dan jangan gunakan sisir yang terlalu rapat.

www.pexels.com
  1. Oleskan minyak zaitun

Satu lagi trik rahasia dari nenek moyang, yaitu menggunakan minyak zaitun. Sejak zaman dahulu memang minyak zaitun telah dipercaya memiliki khasiat luar biasa dan kerpa digunakan sebagai perawatan rambut yang mujarab. Minyak zaitun tidak hanya bisa menghaluskan rambut, melainkan juga dapat meningkatkan proses pertumbuhan rambut, serta menguatkan akar rambut. Cara pengaplikasiannya hanya tinggal meneteskan 4 sampai 5 tetes minyak zaitun setelah keramas, lalu pijat kulit kepala. Jika memungkinkan bungkus menggunakan shower cap. Diamkan sepanjang malam agar kandungan dalam minyak zaitun terserap dengan sempurna ke kulit kepala. Pagi harinya, cuci rambut hingga bersih.

  1. Hair mask dengan bahan alami

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan perawatan di salon untuk membuat rambut Anda lebih cepat panjang, baiknya lakukan saja di rumah. Membuat hair mask dari bahan alami adalah pilihan solusi yang tepat. Biasanya, untuk menjadikan rambut cepat panjang, pilihan perawatan masker rambut alami dari bahan, seperti buah alpukat, apel, dan ginseng. Sebab, selain membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat, bahan-bahan ini bisa membuat akar rambut Anda lebih kuat, serta bebas ketombe.

  1. Hindari produk mengandung silikon

Beberapa produk perawatan rambut banyak yang mengandung silicone. Itulah pentingnya melakukan pemeriksaan terhadap kandungan yang biasanya tercantum dalam kemasan produk. Penerapan silikon yang terdapat dalam produk perawatan rambut memang bisa memberikan ilusi rambut halus dan sehat. Padahal, sebenarnya silikon yang melapisi batang rambut bisa menyebabkan kelembaban alami pada rambut terganggu, bahkan bisa menyumbat folikel rambut. Hal ini akan menyebabkan rambut menjadi ‘kecanduan’ silikon dan bergantung pada lapisan sintetis. Alhasil, rambut justru akan berhenti memproduksi pelembab alaminya. Hal ini tentu sangat tidak baik untuk kesehatan rambut Anda.

www.pexels.com
  1. Keramas secukupnya dan pijat kulit kepala

Alih-alih ingin membuat rambut menjadi bersih dan seperti yang dipromosikan dalam iklan, keramas menggunakan shampoo terlalu sering justru akan membuat rambut Anda rusak dan semakin berminyak. Sampo bisa menghasilkan minyak buatan yang dapat menggantikan minyak yang diproduksi rambut secara alami. Jika sering dilakukan dan menjadi siklus, justru malah dapat merusak rambut Anda. Selain itu, rambut tidak bisa ‘bernapas’ dengan leluasa. Sebenarnya, keramas cukup dilakukan 2-3 kali saja dalam seminggu. Bahkan, jika memungkinkan, berhenti menggunakan shampo adalah jalan terbaik. Cara terbaik membersihkan rambut agar sehat dan cepat panjang adalah dengan keramas menggunakan campuran baking soda dan cuka sari apel.

  1. Rutin minum air mineral dan makanan bergizi

Bukan hanya perawatan dari luar saja, perawatan rambut juga penting dilakukan dari dalam. Rambut yang tubuh lebat dan sehat harus dihasilkan dari asupan yang sehat. Minum air mineral secara rutin 2 liter per hari merupakan cara paling baik untuk menutrisi rambut dan membuat pertumbuhan rambut lebih cepat. Selain rutin meminum air mineral, rutin mengkonsumsi makanan bergizi dan kaya serat, seperti buah dan sayur-sayuran setiap hari, juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Vitamin yang banyak dibutuhkan oleh rambut adalah biotin, vitamin C, vitamin B, dan asam folat. Untuk hasil yang lebih maksimal, perbanyak makanan yang mengandung protein, seperti ikan, kacang-kacangan, dan gandum. Hal ini karena 80% batang rambut mengandung protein.

Selain akibat pemotongan rambut, rambut rontok juga kerap menjadi masalah rambut tak kunjung bertumbuh. Ada banyak sekali penyebab rambut rontok, bisa karena stres, terlalu sering catok rambut, terlalu sering mewarnai rambut, dan lain sebagainya. Anda bisa mengatasi kerontokan dengan menggunakan Caboki penumbuh rambut. Selain berfungsi untuk menutupi kerontokan, Caboki Hair Building Fibers juga bisa memberikan efek tebal, lebat, cerah dan bersinar pada rambut, sehingga Anda tidak cemas lagi melihat rambut yang tak kunjung panjang.

www.pexels.com

Keunggulan Caboki Hair Building Fibers, yaitu dibuat menggunakan bahan alami, sehingga aman digunakan. Bahan pembuatnya berasal dari tanaman sejenis kapas yang hidup di kawasan Maroko, Afrika. Setelah matang, tanaman ini akan menghasilkan biji-biji yang bisa diekstrak menjadi bahan aktif di dalam Caboki Hair Building Fiber. Karena Caboki penumbuh rambut dibuat dengan bahan-bahan alami, maka dapat dipastikan tidak akan ada efek samping berbahaya yang ditimbulkan selama pemakaiannya sesuai dengan aturan. Sekali tabur, rambut bisa menebal dan mempercepat proses pemanjangan, sehingga mudah ditata kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *