teknologi

9 Faktor AC Mobil Keluar Tidak Keluar Angin

June 21, 2019

Barangkali Anda pernah mengalami angin yang dihasilkan oleh AC mobil tidak keluar atau angin dari AC mobil keluar amat kecil dari dashboard. Pengalaman tersebut tentunya menjadi kegetiran tersendiri, apalagi membawa penumpang lebih dari lima dengan jarak tempuh yang jauh, pasti akan merusak kenyamanan sewaktu di perjalanan. Nah, hal itu tentunya menjadi pembelajaran untuk Anda di lain waktu misalkan AC mobil tidak keluar angin secara mendadak.

Hadirnya AC mobil berguna untuk mendinginkan suhu yang ada di dalam kabin. Kala suhu di kabin sedang panas, baik karena cuaca maupun jumlah penumpang yang banyak, AC berperan dalam mendinginkan suasana. Melihat perannya, bisa dibilang kalau AC menjadi faktor penentu kenyamanan selama berkendara, misalnya perjalanan mudik (pulang kampung). Namun ada kalanya Anda merasa AC mobil terasa tidak dingin atau hanya keluar angin saja. Fenomena tersebut akan menganggu dan membuat para penumpang merasa tidak menikmati perjalanan. Belum lagi di saat macet, keringat pasti bercucuran yang berimbas pada konsentrasi berkendara terganggu.

Mobil Anda Tidak Keluar Angin dari AC, Bisa Jadi Karena Faktor Ini!

Ada beberapa penyebab kenapa AC mobil tidak bisa keluar. Nah, kami sudah menuliskan informasi tentang alasannya, sebagai berikut ini!

pxhere.com

1.      Filter Kabin Tidak Bersih

Filter kabin yang tidak bersih atau kotor menyebabkan sirkulasi udara akan terganggu. Kami sarankan agar Anda rajin mengganti filter kabin setiap jarak 16.000 kilometer yang berguna untuk mengurangi risiko AC mobil tidak keluar atau kurang dingin.

2.      Mobil Kehabisan Freon Disebabkan Selang Boror

Selang yang bicor karena oli kompresor yang jarang diganti atau disebabkan gesekan dengan komponen lain bisa berdampak pada sirkulasi AC mobil. Oh iya, Freon yang disematkan pada sistem AC mobil bersifat sirkulasi, jadi jangan sampai Freon kehabisan tanpa adanya kebocoran. Freon yang habis bisa menyebabkan gas yang dikeluarkan katup ekspansi akan berkurang. Hal itulah yang menyebabkan udara yang harusnya dihebuskan secara lancar malah terhambat atau AC mobil hanya keluar angin biasa saja.

3.      Puli Kompresor tidak Berputar Disebabkan Belt Putus

Belt yang ada di kompresor berguna untuk menggerakkan puli di kompresor dan menghubungkan ke power steering, alternator, pompa air, dan kipas pendingin. Belt putus bisa disebabkan oleh kondisi karet belt yang retak atau jarang dilakukan pengecekan hingga lupa diganti. Akhirnya, dampak dari putusnya belt adalah overheating karena kipas pendingin radiator dan pompa air di mesin mobil tidak berkerja optimal hingga membuat mobil mogok.

Dampak lain dari overheating adalah AC mobil tidak bekerja, baik tidak dingin atau hanya keluar angin saja karena tidak adanya proses pendinginan Freon AC yang ada di evaporator. Hal itu dilakukan juga oleh kipas pendingin radiator untuk memunculkan hawa sejuk dari AC mobil. Tidak hanya itu saja, indikator gambar baterai yang terletak di dashboard mobil akan menyala karena dynamo ampere (alternator) tidak bekerja semestinya dan membuat aki mobil tidak mendapat suplai listrik.

pxhere.com

4.      Suhu Mesin Mobil Terlalu Panas

Suhu pada mesin mobil yang terlalu panas dikarenakan mesin terlalu lama menyala/bekerja, atau ketika perjalanan jauh tanpa beristirahat. Hal itu tentu membahayakan bagi para pengendara maupun penumpang, begitu juga pada kompresor AC mobil yang menyuplai udara dingin ke kabin. Maka dari itu, Anda harus menghindari kondisi mesin overheating agar tidak berdampak serius bagi AC mobil, mesin, bahkan bagi penumpang.

5.      Magnetic Clutch di Kompresor AC Mengalami Kerusakan

Penyebab AC mobil tidak mengeluarkan udara sejuk selanjutnya adalah karena magnetic clutch yang rusak. Posisi magnetic clutch berada di dalam kompresor, yang kebanyakan kerusakan pada bagian gulungan spul disebabkan oleh arus pendek.

6.      Evaporator yang Kotor

Evaporator merupakan alat yang berguna untuk mengirimkan dingin ke dalam kabin mobil. Evaporator ini bekerja jika sudah mendapatkan proses pengembunan gas pendingin oleh Freon. Apabila evaporator kotor, maka udara yang dikirimkan ke dalam kabin akan terhalang oleh kotoran tesebut. Tentu saja dampaknya adalah distribusi udara yang keluar tidaklah berish. Langkah terbaik untuk mengantisipasinya adalah mengurasi evaporator, dan berkonsultasi ke bengkel spesialis AC mobil.

7.      Kerusakan pada Thermistor AC atau Peraba Suhu Evaporator

Thermistor merupakan kependekan dari terminal resistor yang berguna untuk mengukur suhu yang didapatkan dari kompresor. Bayangkan apabila sebuah sistem AC tanpa thermistor, tentu akan berdampak pada evaporator yang membeku. Hal itu dikarenakan suhu yang dikeluarkan oleh kompresor tidak diatur secara optimal.

pxhere.com

8.      Sekring AC Putus karena Arus Pendek

Arus pendek menandakan adanya konsleting di bagian kelistrikan AC mobil. Hal yang perlu Anda tangani segera ialah membawa ke bengkel spesialis Service AC Mobil. Harus dipahim baik-baik jika kelistrikan dikerjakan oleh seseorang yang berkerja di bidang kelistrikan dan jangan sesekali mengeceknya sendiri karena bisa fatal.

9.      Kompresor Aus

Kompresor AC mobil aur tandanya bisa Anda rasakan di saat ada tekanan yang tidak normal dan muncul suara gesekan. Hal ini bisa berakibat sight glass tampak hitam dan receiver drier serta katup ekspansi tertutup.

Itulah 9 penyebab AC mobil tidak keluar atau keluar tapi hanya angin saja tanpa ada kesejukan. Semoga bermanfaat dan kalau perlu bagikan informasi ini kepada orang terdekat agar mereka memiliki persiapan sebelum mudik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *