Umum

5 Mobil Besar Lapis Baja Di Masa Nazi Jerman

June 21, 2019

 

Selama bergejolaknya perang dunia ke-2, Nazi selalu menggunakan mobil besar militer yang canggih untuk mampu menguasai pertempuran. Pada masa ini, keberadaan kuda benar-benar hilang digantikan mesin-mesin besar dan kuat. Kendaraan yang dikendarai pun hampir rata berlapiskan baja, tujuannya tak lain untuk mendapatkan kemenangan pada perang.

Salah satu produsen mobil Volkswagen yang biasanya memproduksi mobil pribadi pun beralih, dimana menjadi fokus untuk memproduksi kendaraan militer. Namun dalam kesempatan ini bukan hanya VW yang mendominasi, namun ada perusahaan militer lain yang turut mendukung peperangan ini. Penasaran apa saja kendaraan lapis baja selama perang dunia ke-2, berikut ini diantaranya.

  1. Kfz 13 adler

Ini merupakan kendaraan lapis baja pertama yang digunakan Nazi, dimana kendaraan ini dilapisi dengan armor setelal 8 mm dan senapan angin MG 13. Produksi mobil ini juga tergolong sangat cepat, karena kendaraan ini masih menggunakan sasis mobil komersil. Sampai dengan tahun 1941, mobil ini masih digunakan untuk melakukan Operasi Babarossa.

  1. SD Kfz 221 dan 222

Kendaraan yang dibuat oleh perusahaan Auto-unicon atau Horch ini didesain langsung oleh Eisenwerk Weserhutte. Meluncurnya jenis SD Kfz 221 ini bertujuan untuk menggantikan keberadaan Kfz 13, dimana perubahan besar terjadi di bagian sasis yang menggantikan sasis produksi komersial.

Kemudian seri 222 diluncurkan, dimana seri ini memilii perbedaan desian di bagian badan serta senjata yang digunakan. Senjata yang digunakan adalah meriam otomatis 20 mm, dan daya mesin juga ditinggalkan sehingga mampu melibas seluruh jenis medan.

  1. SD Kfz 231

Meskipun pembuatan desain sudah dibuat sejak tahun 1920, namun untuk proses pembuatan mobil ini membutuhkan waktu beberapa tahun. Kemunculan mobil ini cukup membuat terkejut pasukan lawan, pasalnya kendaraan ini hadir dengan 6 roda. Dari ketiga mobil diatas, hampir seluruh spesifikasi yang digunakan sama.

Demikian artikel pada kali ini, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda untuk mengetahui sejarah munculnya mobil dengan lapisan baja dan berukuran besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *